Satutenda.com
Muncak

4 Gunung Cilik di Jawa Tengah Ini Banyak Diminati Pendaki, Sudah Pernah Ke Sana?

Gunung Cilik di Jawa Tengah

Gunung Cilik di Jawa Tengah, Satutenda.com – Jawa Tengah mempunyai sejumlah gunung dengan ketinggian di atas 3000 Mdpl. Banyak pendaki memilih untuk mendaki gunung di Jawa Tengah karena pemandangan indah yang disajikan.

Namun, ada juga gunung cilik di Jawa Tengah atau gunung dengan ketinggian di bawah 3000 Mdpl yang banyak diminati pendaki gunung. Selain bisa tik tok, dari gunung ini bisa memandang gunung lain lho.

1. Gunung Andong

gunung cilik di jawa tengah gunung andong
(Foto: instagram.com/syariffmln)

Kamu pasti sudah tak asing dengan gunung cilik di Jawa Tengah yang satu ini. Gunung Andong memiliki ketinggian 1726 Mdpl. Gunung yang berada di Magelang ini cocok untuk pendaki pemula.

Selain bisa mendaki tik tok, pendaki gunung bisa update status atau foto di media sosial lho karena masih ada sinyal di puncak gunung.

Dari puncak Gunung Andong, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, dan Telomoyo. Di puncak, terdapat Makam Kiai Abdul Faqih atau yang dikenal dengan Ki Joko Pekik, tokoh yang dihormati masyarakat setempat.

2. Gunung Ungaran

sunset gunung ungaran
(Foto: instagram.com/26wulan_sari)

Memiliki ketinggian 2.050 Mdpl, Gunung yang berada di Kabupaten Semarang ini termasuk gunung cilik di Jawa Tengah yang diminati pendaki gunung. Nama lain Gunung Ungaran adalah Karundungan, Karurungan/Karungrangan, Kroengroengan, Ngroengroengan.

Ada 3 jalur pendakian yang bisa dipilih pendaki: Candi Gedong Songo dan Jimbaran/Sidomukti dan Medini/Promasan. Pendaki gunung bisa dapat bonus plus-plus ketika mendaki gunung ini.

Sejumlah spot menarik bisa ditemukan saat mendaki gunung ini. Selain itu, pendaki bisa menikmati wisata sejarah Candi Gedong Songo dan sumber mata air panas.

3. Gunung Kembang

gunung kembang di jawa tengah
(Foto:instagram.com/winda_qni)

Gunung di Jawa Tengah yang tengah populer di kalangan pendaki gunung adalah Gunung Kembang atau gunung anak Sindoro. Banyak pendaki memilih jalur pendakian Gunung Kembang via Blembem.

Biasanya jika pendaki naik Gunung Sindoro, mereka juga anak naik ke gunung anak Sindoro yang berketinggian 2.320 Mdpl. Tak hanya Gunung Sindoro yang terlihat saat berada di puncaknya. Tapi juga Gunung Sumbing, Prau, dan Merbabu.

Di Gunung Kembang, pendaki juga bisa mengunjungi sebuah kawah mati yang disebut Bimo Pengkok. Di sana terdapat sumber air.

BACA JUGA: Peraturan Terbaru Tentang Larangan Membawa Tisu Basah di Gunung Jawa Tengah

4. Gunung Prau

gunung prau di jawa tengah
(Foto: instagram.com/prau2565mdpl)

Gunung yang hampir tak pernah sepi dari pendaki gunung adalah Gunung Prau, Wonosobo. Dengan ketinggian 2565 Mdpl, pendaki bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

Gunung cilik di Jawa Tengah ini juga disebut-sebut sebagai salah satu gunung dengan pemandangan matahari terbit terbaik di Indonesia. Di sana pendaki juga disuguhkan padang savana, perbukitan Teletubbies, hamparan bunga Daisy yang bermekaran di musim kemarau.

Kamu bisa memilih akan mendaki Gunung Prau via jalur mana: jalur pendakian via Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo, atau Wates.

Oh ya jangan lupa untuk tidak bawa tisu basah ya saat mendaki Gunung Prau. Ada larangan penggunaan tisu basah di Gunung Prau dan 5 gunung lain di Jawa Tengah per 12 November 2018.

ARTIKEL TERKAIT

Ini Pilihan Tas Gunung Buat Cewek yang Hobi Mendaki

Edeltrudizh

Ini 5 Hal Unik di Pameran Deep and Extreme Indonesia 2018

Tiwie Pert

Tragis! Ada Lagi Pendaki Gunung Jadi Korban Hipotermia. Apa Kabar Teman Seperjalanan?

Tiwie Pert