Satutenda.com
Muncak

5 Pilihan Transportasi Menuju Gunung Kencana. Mau yang Super Murah Juga Bisa …

Transportasi Ke Gunung Kencana

Transportasi Menuju Gunung Kencana, Satutenda.com – Gunung Kencana sedang digandrungi banyak pendaki. Entah mereka yang benar-benar ingin mendaki maupun yang hanya ingin malam mingguan. Kalau kamu ingin ke sana, kau pasti bertanya, transportasi menuju Gunung Kencana bisa pakai apa saja?

Ya. Pertanyaanmu itu benar sebab Gunung Kencana baru nge-hits sekitar tiga tahun belakangan. Makanya belum banyak yang tahu gimana akses atau transportasi menuju Gunung Kencana.

Saya sama tim Satutenda sudah pernah ke Gunung Kencana. Makanya, di sini saya ingin membagikan pengalaman saya. Lalu, ingin cerita ke kamu juga pilihan-pilihan transportasi menuju Gunung Kencana yang bisa kamu pakai.

Penjelasan perihal transportasi menuju gunung yang punya ketinggian 1.796 mdpl ini sangat penting lantaran banyak sekali keyword yang masuk ke Satutenda.com terkait urusan transportasi ini.

Jadi, setidaknya kamu punya 5 pilihan transportasi menuju si gunung mungil yang terletak di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat ini.

1. Menggunakan bus via Puncak

Teman-teman yang ingin mendaki Gunung Kencana, kalian bisa menggunakan bus umum. Untuk wilayah Jakarta, pilihan bus paling variatif dari Kampung Rambutan. Ambil bus yang melintasi daerah Puncak.

Bisa juga dari terminal Lebak Bulus atau terminal-terminal lain di sekitar Jakarta. Pokoknya bus yang kamu tumpangi harus lewat puncak. Ok?

Kalau menumpang bus silakan turun di gerbang masuk Telaga Warna atau Kampung Arab (Tugu Puncak). Kalau ragu, bilang saja ke keneknya. Biasanya mereka akan kasih tahu ke kamu.

2. Menggunakan kereta atau KRL

Kamu juga bisa menggunakan Kereta Api atau Commuter Line. Dari sekitar Jakarta, silakan naik Commuter Line menuju Stasiun Bogor. Kalau orang Jakarta pasti tahulah ya. Stasiun Bogor adalah stasiun terakhir untuk Commuter Line dari Jakarta ke Bogor.

Dari Stasiun kamu bisa mencari angkutan umum menuju perempatan Ciawi. Dari Ciawi, silakan naik angkot arah Puncak dan turun di gerbang masuk Telaga Warna atau Kampung Arab. Dari situ bisa sewa ojek atau ojol ke basecamp Gunung Kencana.

3. Menggunakan taksi online

Pakai taksi online semacam gocar, grabcar, gojek dan layanan transportasi online serupa juga bisa. Toh google map sudah bisa mengantar kita sampai ke Kampung Cikoneng, kampung terakhir sebelum ke basecamp Gunung Kencana.

Dari gerbang masuk Telaga Warna kamu bisa sewa transportasi online atau ojek pangkalan. Mahal atau murah, tergantung lobi sih…

4. Menggunakan motor atau mobil pribadi

Seperti sudah saya bilang tadi bahwa akses hingga ke Kampung Cikoneng sudah bisa dibantu dengan google map. Jadi kamu bisa menggunakan mobil pribadi atau motor pribadi menuju Gunung Kencana.

Toh di basecamp juga disediakan tempat parkir yang cukup luas untuk mobil maupun motor. Jalannya sih agak berat, tapi kalau sudah niat mau mendaki apa salahnya dicoba… ya kan?

5. Pakai kaki sendiri alias jalan kaki

Pilihan kelima adalah transportasi menuju Gunung Kencana yang paling murah dan nggak pakai ribet. Kalau kamu pakai bus atau Commuter Line seperti pilihan satu dan dua, lalu ingin melanjutkan perjalanan dari jalan utama Puncak ke basecamp Gunung Kencana dengan jalan kaki, silakan ….

Bahkan kamu bisa hemat biaya hingga ratusan ribu rupiah. Karena kalu ngojek atua ngojol ke dalam katanya mahal banget. Jadi nggak salah juga kalau pakai kaki sendiri. Toh sama-sama sampai basecamp… ditambah murah meriah dan hemat pakai banget…

Yang perlu kamu siapkan untuk pilihan transportasi terakhir ini hanyalah tenaga yang ekstra kuat. Soalnya tim Satutenda pernah coba dan itu memakan waktu sekitar tiga sampai empat jam dari Kampung Arab hingga ke basecamp.

Nah, ini 5 pilihan transportasi menuju Gunung Kencana yang bisa saya bagikan buat teman-teman. Silakan ditimbang-timbang, lalu berangkat… Jangan tunda terus, atau malah banyak alasan …

ARTIKEL TERKAIT

4 Gunung Cilik di Jawa Tengah Ini Banyak Diminati Pendaki, Sudah Pernah Ke Sana?

Tiwie Pert

Sejumlah Perlengkapan Ini Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Edeltrudizh

Pelajaran Berharga dari Pendaki Perempuan yang Ditelantarkan Karena Temannya Mau Ke Puncak

Steve Elu