Satutenda.com
Tips

5 Tumbuhan Liar yang Bisa Dimakan di Gunung, Tips untuk Para Pendaki Gunung Indonesia

Tumbuhan Liar yang Bisa Dimakan di Gunung

Tumbuhan Liar yang Bisa Dimakan di Gunung, Satutenda.com – Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan outdoor yang menyenangkan namun bisa berubah fatal. Terutama ketika seorang pendaki tersesat saat mendaki di hutan.

Karena resiko tersesat ini mengancam setiap waktu, seorang pendaki mestinya tumbuhan liar yang bisa dimakan di gunung bila ia tersesat. Setidaknya, dengan begitu ia dapat bertahan untuk terus mencari jalan keluar atau hingga datangnya pertolongan.

Pengetahuan tentang macam-macam jenis tumbuhan liar yang bisa dimakan di gunung ini sangat penting bagi mereka yang sudah biasa mendaki, atau mereka yang baru mau menekuni hobi ini.

Entah teman-teman tergolong pendaki lama atau pendaki baru, pemahaman tentang tumbuhan liar yang bisa dimakan sangat penting.

Ada banyak sekali buah atau daun liar yang bisa dimakan. Tapi kali ini kita hanya akan melihat lima tumbuhan liar yang bisa dimakan di gunung, yang sudah disesuaikan dengan kondisi gunung-gunung di Indonesia.

1. Buah Murbei

Murbei Bisa Dimakan di Gunung

Buah murbei adalah salah satu tumbuhan di gunung yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Nggak usah mikir gimana cara masak atau mengolahnya.

Cukup cari buah marbei atau arbei hutan yang sudah berwarna merah kemudian petik dan langsung bisa dimakan. Meski buahnya kecil tapi ia bisa menunda rasa lapar manusia. Buah ini mudah kita temukan di gunung, semisal Gunung Slamet, jalur Baturaden.

2. Pakis Haji

Tumbuhan Pakis Haji untuk Makan di Gunung

Tumbuhan hutan seperti pakis haji biasanya tumbuh di daerah atau wilayah lembab. Gunung dengan curah hujan tinggi seperti Gunung Salak banyak terdapat tumbuhan pakis haji ini.

Caranya, cukup ambil pucuk atau tugas yang masih muda lalu kita masak atau rebus. Jika terasa sedikit tawar, tambahkan garam.

3. Cantigi

Pucuk Cantigi Bisa Dimakan

Kamu pernah mendaki Gunung Gede? Mulai dari batas vegetasi atau sepanjang “jalan kawat” menuju puncak Gunung Gede banyak sekali terdapat tumbuhan ini.

Untuk kamu yang tersesat di gunung, daun dan buah cantigi ini dapat dikonsumsi untuk menahan lapar.

4. Harendong rambat

Harendong Rambat Bisa Dimakan

Selain itu, tumbuhan liar yang bisa dimakan juga adalah herendong rambat. Untuk kamu yang kekurangan air saat mendaki gunung, kamu bisa mengkonsumsi tumbuhan ini.

Batang daun tua harendong rambat mempunyai kandungan air yang dapat dikonsumsi. Rasanya manis, asam, kesat. Batang daun tua harendong rambat bisa langsung dikunya agar bisa menghisap air yang ada di sana. Setelah itu ampasnya dibuang.

5. Pakis

Tanaman Pakis untuk Makan di Gunung

Pakis adalah tumbuhan liar yang gizi tinggi. Bahkan di kalangan masyarakat, pucuk pakis sudah menjadi sayuran favorit. Nah kalau kamu nyasar atau tersesat di gunung, kamu bisa mengambil pakis untuk dijadikan bahan makanan.

Inilah tumbuhan liar yang bisa dimakan saat berada di gunung. Di gunung-gunung Indonesia banyak terdapat tumbuhan ini sehingga kita dapat memanfaatkannya sewaktu-waktu.

ARTIKEL TERKAIT

Dua Srikandi Indonesia Mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Everest

Tiwie Pert

Rekomendasi Gunung Inerie Bagi Para Pendaki di Nusa Tenggara Timur

Edeltrudizh

Kumpulan Gaya Foto Terbaik di Wisata Bukit Tuamese Kefamenanu

Edeltrudizh