Memahami Istilah The Seven Summit dan 7 Gunung yang Masuk The Seven Summit

7 Gunung yang Masuk The Seven Summit, Satutenda.com – Teman-teman para pencinta puncak, kalian sudah tahu apa itu ‘The seven summit?’ Kalau sudah, coba sebutkan 7 gunung yang masuk dalam The Seven Summit! Tapi kalau kamu belum tahu, ayok merapat.

Bagi seorang pendaki gunung, pastilah kamu pernah dengar istilah “the seven summit”. Atau, saat mencari-cari informasi pendakian di mbah Google, pasti kamu pernah nemu istilah ‘keramat’ yang satu ini. Hehehehe.

The seven summit adalah istilah yang dipakai di kalangan pendaki seluruh dunia untuk menyebut 7 puncak tertenggi di dunia. Istilah tersebut merujuk pada gunung-gunung di dunia yang memiliki puncak paling tertinggi.

Karena itu, the seven summit bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kira-kira artinya 7 puncak gunug tertinggi di dunia.

Setiap tahun, para pendaki dari berbagai belahan dunia mencoba untuk menaklukan “seven summit” ini. Tapi, sudah pasti tidak mudah. Dari Indonesia juga belum banyak pendaki yang bisa merampungkan pendakian “seven summit” ini.

Pada 1992, Norman Edwin dari Mapala Universitas Indonesia (UI) mencoba beradu nasib untuk menjadi orang pertama dari Indonesia yang menaklukkan The Seven Summits.

Tapi langkahnya terhenti langkahnya terhenti di Aconcagua (6.962 mdpl), Argentina, pada April 1992. Jenazahnya ditemukan beberapa ratus meter dari titik tertinggi Amerika Latin bersama sahabatnya, Didiek Samsu, yang juga berasal dari Mapala UI.

Setelah itu, baru pada 2009, Tim Indonesian Seven Summits Expedition Mahitala Universitas Katolik Parahyangan (ISSEMU) yang beranggotakan Sofyan Arief Fesa, Xaverius Frans, Broery Andrew Sihombing, dan Janatan Ginting berhasil menaklukan “The seven summit”.

Empat orang ini memulai perjalanan untuk menyambangi 7 puncak gunung paling prestisius di dunia mulai pada 2009 dan menyelesaikannya pada 7 Juli 2011.

Nah, saya pikir penjelasan soal istilah “The seven summit” sudah cukup ya. Sekarang kita akan melihat gunung-gunung mana saja di dunia yang termasuk dalam “The seven summit”.

Inilah 7 gunung yang masuk the seven summit. Saya mengunurtkannya mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.

1. Gunung Carstensz Pyramid

Gunung Carstensz Pyramid
Gunung Carstensz Pyramid (Foto: flickr.com)

Carstenz Pyramid yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl terletak di Papua, Indonesia. Gunung ini adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang masuk dalam 7 gunung tertinggi di dunia atau The seven summit.

Meski Indonesia bukan daerah salju, tapi di puncak gunung Carstenz Pyramid ada salju.

2. Gunung Vinson Massif

Gunung Vinson Massif
Gunung Vinson Massif (Foto: rmiguides.com)

Puncak kedua dalam The seven summit adalah Vision Massif yang memiliki ketinggian 4.897 mdpl. Gunung ini terletak di Antartika. Gunung ini didaki pertama pada 1966 oleh pendaki asal Amerika, Nicholas Clinch.

3. Gunung Elbrus

Gunung Elbrus, The seven summit
Gunung Elbrus (Foto: dailymail.co.uk)

“The seven summit” berikut adalah puncak Elbrus di Rusia, dekat perbatasan Georgia. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 mdpl. Gunung ini didaki pertama pada 22 Juli 1829, dengan para pendaki pertama adalah Horace Walker, Florence Crauford Grove, Ahiya Sottaiev, dan Khillar Khachirov.

4. Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro (Foto: gadventures.com)

Gunung berikut adalah Kalimanjaro atau orang juga menyebutnya dengan istilah Puncak Uhuru. Gunung dengan ketinggian 5.895 mdpl ini terletak di Tanzania, Afrika. Johannes Kinyala Lauwo dari korps pengintai angkatan darat Marangu adalah orang pertama yang berhasil mencapai Puncak Uhuru, dan berhasil mendakinya berulang-ulang hingga 9 kali.

Sementara orang asing pertama yang mencapai Puncak Uhuru adalah Hans Meyer, pendaki dari Jerman, dan Ludwig Purtscheller pendaki dari Austria. Mereka berdua dipandu Johannes Lauwo sampai ke Puncak Uhuru pada 6 Oktober 1889.

5. Gunung Aconcagua

Gunung Aconcagua
Gunung Aconcagua (Foto: redbull.com)

Aconcagua adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang terletak di Argentina. Gunung yang terletak di negaranya Lionel Messi ini memiliki ketinggian 6.962 mdpl. Pendaki pertama yang berhasik menginjakkan kaki di puncak gunung Aconagua ini adalah Matthias Zurbriggen pada 1897.

6. Gunung Denali

Gunung Denali
Gunung Denali (Foto: alaskamountainweather.com)

Denali adalah gunung terntinggi di Alaska, Amerika Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 6.194 mdpl. Puncak gunung Denali pertama kali ditaklukan oleh tim pendaki Hudson Stuck, Harry Karstens, Walter Harper, dan Robert Tatum pada 7 Juni 1913.

7. Gunung Everest

Gunung Everest
Gunung Everest (Foto: dr.dk)

7 gunung yang masuk dalam The seven summit yang terakhir sekaligus paling tertinggi di dunia adalah gunung Everest. Gunung yang memiliki ketinggian 8.848 mdpl terletak di Nepal, Asia. Pendakian pertama gunung Everest dilakukan oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay
Pada 29 Mei 1953.

Inilah 7 gunung yang masuk the seven summit karena memiliki puncak tertinggi di dunia. Ayo, siapa yang bermimpi bisa menaklukan 7 gunung tertinggi di dunia ini?

Bagikan Artikel Ini:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by