Satutenda.com
Traveling

Air Terjun Mauhalek Atambua, Surga Bagi Traveler dan Fotografer

air terjun mauhalek atambua

Air Terjun Mauhalek Atambua, Satutenda.com – Air Terjun Mauhalek Atambua, NTT memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar. Juga bagi para traveler dan pecinta fotografi serta fotografer.

Air terjun ini sebenarnya bernama Air Terjun Siata Mauhalek. Karena letaknya tepat pada pertemuan dua sumber air yaitu Siata dan Mauhalek. Namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Air Terjun Mauhalek Atambua.

Terletak di Desa Raiulun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu-Atambua, Air Terjun Mauhalek ramai dikunjungi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Belu, lokasi Air Terjun Mauhalek, punya tarian tradisional yaitu Tari Likurai. Tarian tradisional dari Belu ini ditampilkan pada upacara pembukaan ASEAN Games 2018.

Jarak Air Terjun Mauhalek sekitar 33 km ke arah timur dari Kota Atambua. Atau sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Jika wisatawan dari Kupang, ibukota Provinsi NTT, akan menempuh perjalanan sejauh 230 kilometer. Atau dibutuhkan sekitar 5-6 jam untuk sampai di Air Terjun Mauhalek Atambua.

Jika menggunakan bus dari kota Atambua, wisatawan cukup membayar Rp. 25.000-Rp. 30.000. Dan bila menggunakan layanan ojek, biayanya sekitar Rp 50.000.

air terjun di atambua ntt
(Foto: youtube.com/simon tadeus)

Untuk menuju salah satu air terjun di NTT ini, traveler harus menuruni tangga semen. Dan tibalah di Air Terjun Mauhalek Atambua.

Keindahan air terjun ini membuat wisatawan yang datang terpesona. Menjulang setinggi sekitar 10 meter, air jatuh ke tebing batu yang ditumbuhi lumut hijau. Air kemudian pecah membentuk tirai air yang indah.

Jika kamu mengunjungi objek wisata ini, jangan lupa membawa pakaian ganti. Air yang jernih dan sejuk serta suasana di sana membuat traveler pasti ingin nyebur ke air. Traveler dapat berendam di ujung batu untuk mandi atau menikmati segarnya air terjun.

Setelah menikmati air terjun yang segar, wisatawan dapat berganti pakaian di sana. Di tempat ini, ada dua ruang ganti yang aman untuk berganti pakaian.

Selain menjadi surga bagi para traveler, Air Terjun Mauhalek Atambua juga merupakan surga bagi para fotografer dan pecinta fotografi. Kamu bisa mengambil foto air terjun dan lumut hijau yang menempel pada dinding batu dan memotret tirai air dengan kameramu.

Dijamin kamu nggak akan nyesel datang ke Air Terjun Mauhalek Atambua ini. Ayo buruan agendakan kunjunganmu ke tempat wisata di Atambua ini.

ARTIKEL TERKAIT

Istilah Pendakian Gunung Ini Wajib Diketahui Pendaki Pemula. Dua Paling Bawah Harus Dihindari

Tiwie Pert

4 Spot Foto Instagramable di Pantai Koka. Kamu Harus Tahu!

Edeltrudizh

Daftar Gunung di Pulau Jawa yang Buka di Awal Tahun 2019. Yuk Cek!

Steve Elu