Satutenda.com
Image default

Alat Rekam yang Saya Pakai Selama Turing Satutenda untuk Indonesia

Satutenda.com – Salah satu hal yang sangat diperlukan, bahkan terbilang urgen, adalah alat rekam yang saya pakai selama turing Satutenda untuk Indonesia.

Alat-alat rekam ini sangat penting mengingat merekalah yang akan membantu saya mendokumentasikan banyak cerita selama perjalanan ini. Selanjutnya, cerita-cerita tersebut saya bagikan secara berkala dalam bentuk tulisan dan video.

Harapannya, kalian semua yang menyaksikan cerita-cerita saya terus mendukung saya untuk meneruskan perjalanan ini hingga finis. Akhir dari perjalanan ini adalah menjelajah semua pulau besar yang bisa dijangkau dengan motor.

Perihal jenis motor yang saya pakai untuk mewujudkan turing Satutenda untuk Indonesia adalah: Touring Keliling Indonesia Bersama Mio Soul GT.

Alat rekam perjalanan ini saya bagi dalam dua kategori. Pertama adalah alat yang saya gunakan untuk dokumentasi gambar. Kedua adalah alat pendukung.

Alat dokumentasi gambar

Kamera

Untuk perjalanan ini, saya menggunakan kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) dari merk canon seri 700D. Camera ini saya beli pada 2014 silam, second, seharga Rp.7.500.000. Harga sekarang mungkin sudah lebih murah dibanding waktu saya beli.

Meski sudah terbilang lama, tapi menurut saya masih sangat compatible untuk dipakai buat motret atau bikin video. Sejumlah video yang kalian lihat di channel YouTube Satutenda adalah hasil rekaman kamera kesayangan saya ini.

Action Camera

Action Camera Xiaomi Yi 4K Mark II International Version

Sementara untuk kebutuhan rekaman selama perjalanan di atas motor atau motovlog, saya menggunakan Xiaomi Yi 4k Action Camera II International version.

Kamera ini saya beli secara khusus untuk keperluan turing Satutenda untuk Indonesia. Meski bukan kamera unggul di kelas action camera, tapi ia masih bisa menghasilkan gambar memadai. Saya beli satu paket dengan housing, momori, baterai, dan tas, seharga Rp.2.000.000.

Dan tentu yang saja yang lebih penting adalah ramah di kantong. Hehehehe. Maklum, seluruh biaya turing Satutenda untuk Indonesia ini ditanggung oleh Satutenda.com, alias biaya sendiri.

Perlengkapan pendukung rakaman

Mic BY-MM1 Satutenda untuk Indonesia

Perlengkapan pendukung di sini adalah alat-alat penunjang untuk menghasilkan gambar yang baik serta audio dengan kualitas oke.

Untuk menghasilkan gambar yang stabil, juga memudahkan saat memotret karena harus foto sendiri, saya menggunakan tripot. Juga sebuah monopot yang akan disatu-fungsikan dengan action cam.

Sementara penunjang audio, saya menggunakan mic tambahan/eksternal merk BOYA tipe BY-MM1. Alat ini juga saya beli sendiri ketika mempersiapkan turing ini. Harganya, Rp. 304.000, sudah termasuk ongkos kirim.

BACA: Touring Jakarta – Jogjakarta Lewat Jalur Paling Selatan Pulau Jawa

Perlengkapan penunjang masih ditambah dengan sebuah handphone, yang akan berfungsi untuk komunikasi, update medsos, dan akses google maps. Handphone yang saya pakai merk ASUS. Tipenya lumayan jadul jadi nggak usah saya sebut ya, hehehehehe.

Alat penunjang yang terakhir adalah laptop, yang saya gunakan untuk edit video. Lagi-lagi laptop yang baru saya beli ini juga dari produknya ASUS. Kayaknya saya emang pencinta merk yang satu ini ya. Hehehehe. Laptop ini saya beli seharga Rp.6.300.000.

Itulah perlengkapan atau alat rekam yang saya pakai untuk turing Satutenda untuk Indonesia. Semoga bisa jadi informasi yang baik dan berguna bagi teman-teman semua.

ARTIKEL TERKAIT:

Pantai Oebali, Tempat Wisata di Kupang untuk Bercengkerama dengan Burung Camar

Tiwie Pert

Tiga Pasangan Ini Merayakan Hubungan Mereka dari Atas Roda, Satu dari Indonesia

Steve Elu

Total Pengeluaran untuk Persiapan Solo Riding Jakarta – Sabang

Steve Elu