Apa Barang Bawaan ke Puncak Gunung yang Wajib Disiapkan Pendaki?

Barang Bawaan ke Puncak Gunung, Satutenda.com – Ketika mendaki gunung, seorang pendaki mesti mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk mendaki. Ini mulai dari tenda, perlengkapan pribadi, makanan hingga obat-obatan. Namun tidak semua barang-barang tersebut mesti dibawa saat melanjutkan perjalanan ke puncak gunung.

Apa barang bawaan ke puncak gunung yang mesti dibawa pendaki? Yuks kita simak biar summit attack-mu tidak terbebani banyak barang.

# Jaket
barang bawaan ke puncak gunung
(Foto: instagram.com/annisamalati)

Saat kamu melanjutkan perjalanan ke puncak gunung, hawa akan semakin dingin dan angin semakin kencang berhembus. Oleh karena itu, jaket menjadi barang bawaan ke puncak gunung yang wajib dibawa.

Pilihlah jaket yang bisa menghangatkan tubuhmu dan merupakan jenis waterproof sehingga jika hujan, jaket ini lebih cepat kering. Jangan membawa jaket jeans atau jaket yang tipis karena tidak akan menahan dinginnya hawa di puncak gunung. Ada baiknya menggunakan jaket yang dilengkapi dengan penutup kepala atau jika tidak ada, kamu bisa membawa topi.

# Masker dan sarung tangan

Saat summit, masker gunung bisa menghangatkan dan menyaring udara yang masuk ke pernafasan kita. Sarung tangan juga membantu menghangatkan tubuhmu apalagi buat kamu yang summit attack pada malam hari.

# Senter

Kalau kamu dan rombonganmu ingin menikmati matahari terbit di puncak gunung, berarti kamu mesti berangkat dini hari dari tempatmu ngecamp. Nah, karena masih gelap kamu harus membawa senter tangan atau senter kepala saat summit. Jangan lupa membawa baterai cadangan ya.

# Kompor dan nesting
Kompor Kembang Outdoor BT203
(Foto: satutenda.com)

Barang bawaan ke puncak gunung yang mesti dibawa adalah kompor dan nesting. Kamu bisa memilih kompor bunga yang kecil. Kenapa? Di puncak, kompor dan nesting ini bisa kamu gunakan untuk memasak air dan menyeduh kopi, susu, atau teh.

Hawa dingin di puncak gunung bisa membuat tubuhmu menggigil dan kaku. Sambil menunggu kopi, susu, teh hangat, kamu bisa menempelkan atau menggosokan tangan ke gelas berisi kopi, susu, teh yang kamu seduh. Ini bisa mengurangi dingin yang menjalar ke tubuhmu.

# Makanan, minuman, dan obat-obatan

Sambil menikmati puncak gunung, kamu bisa menikmati makanan yang kamu bawa. Bawalah bekal secukupnya seperti roti tawar atau ubi rebus, dan snack ringan.

Jangan lupa membawa air putih untuk menyeduh kopi, susu, atau teh dan untuk melepas dahagamu. Juga bawa obat-obatan untuk berjaga-jaga jika kamu atau rombonganmu membutuhkannya saat summit attack.

# Flysheet

Barang lain yang mesti dibawa ketika melanjutkan perjalanan ke puncak gunung adalah flysheet. Ini untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba hujan dan kamu jauh dari tempat untuk berteduh. Kamu bisa membuat shelter darurat dengan menggunakan flysheet.

Kalau kamu mendaki saat musim hujan, sebaiknya kamu juga mempersiapkan jas hujan saat melanjutkan perjalanan ke puncak gunung.

# Kamera

Sudah di puncak gunung pasti dong kamu nggak akan melewatkan momen ini untuk selfie dan foto bersama rombonganmu dan memotret suasana di puncak gunung. Kamu bisa menggunakan kamera DSLR, kamera miroless, kamera poket atau kamera handphone untuk memotret.

# Bendera dan kertas berisi tulisan
barang bawaan ke puncak gunung
(Foto: instagram.com/afiful.anam)

Saat summit, kamu bisa membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di puncak gunung. Kamu juga bisa mempersiapkan tulisan di kertas untuk foto di puncak gunung. Siapa tahu kamu mau mengungkapkan perasaan kepada pujaan hati lewat tulisan itu hehehe.

Itulah sejumlah barang bawaan ke puncak gunung yang mesti kamu bawa. Kamu bisa memasukan barang-barang itu ke daypack atau tas carrier yang berukuran kecil atau sedang. Kamu bisa bergantian dengan temanmu yang lain untuk menggendong tas tersebut.

Bagikan Artikel Ini:
  • 26
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *