Aturan Baru 2018 Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Mudah dan Praktis!

Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Satutenda.com – Sejak awal tahun 2018 ini, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) kembali menata urusan Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Aturan tersebut tentu saja lebih memudahkan bagi para calon pendaki kedua gunung ini.

Dalam “Ketentuan Umum Pendakian Gunung Gede Pangrango” poin kelima tertulis:

“Mulai 1 April 2018 SIMAKSI hanya bisa diambil pada hari H pendakian dan Tanggal Surat Keterangan Sehat harus sama dengan Tanggal Pendakian, Lokasi pengambilan SIMAKSI sesuai dengan pintu masuk yang dipilih saat melakukan pendaftaran.

Lokasi Pengambilan Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango:

  1. Pintu masuk Cibodas di Kantor Balai Besar TNGGP;
  2. Pintu masuk Gunung Putri di Kantor Resort Gunung Putri;
  3. Pintu masuk Salabintana di Kantor Bidang PTN Wilayah II Sukabumi;”

Hal ini tentu saja sangat memudahkan bagi para pendaki karena bisa langsung mengurus Simaksi di pintu masuk pendakian yang dipilih. Misalnya, kalau kamu memilih jalur pendakian via Cibodas berarti ngurus Simkasi di pintu masuk Cibodas. Begitupun di pintu masuk Putri dan Salabintana.

Sebelumnya, semua urusan Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango dipusatkan di pintu masuk Cibodas. Hal ini dirasa kurang efektif karena calon pendaki yang ingin mendaki via Putri atau Salabintana harus datang ke pintu masuk Cibodas terlebih dahulu untuk mengurus Simaksi, baru kembali ke Putri atau Salabintana untuk memulai pendakian.

[Baca Juga: SIMAKSI Gunung Gede-Pangrango harus Dilakukan secara Online. Ini Panduannya.]

Dengan aturan baru tersebut maka calon pendaki tidak perlu repot untuk bolak-balik, terutama untuk pendakian via Putri dan Salabintana.

Dan proses Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango masih sama yakni dapat mengurusnya secara online sebelum datang ke pintu masuk untuk memulai pendakian. Hemat kami, proses Simaksi seperti ini sangat membantu.

Oktober 2017, Tim Satutenda melakukan pendakian Gunung Gede untuk pertama kalinya via Cibodas. Simaksi pendakian pun kami mengurus secara online, mengikuti panduan yang sudah tersedia di http://booking.gedepangrango.org.

Minggu depan, 6-7 Juni 2017, Tim Satutenda akan kembali menjajaki Gunung Gede. Tapi kali ini kami akan menggunakan jalur Putri untuk Simaksi. Kami sudah melakukan booking online untuk Simaksi, tinggal menunggu validasi. Selanjutnya penukaran Simaksi pada hari H pendakian.

Jadi bisa dibilang, pendakian ini nanti akan jadi pengalaman pertama untuk tim dengan format Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang baru. Seperti apa pengalamannya, akan kami tulis secara detail di website ini.

So, jangan lupa untuk kembali ke sini buat dapatin update informasi terbarunya lagi ya.

Bagikan Artikel Ini:
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  

9 thoughts on “Aturan Baru 2018 Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Mudah dan Praktis!

  1. Min kalo misalnya yg sudah smaksi kemudian salah satu orang batal, dan diganti peserta yg lain gimana, apakah bisa ??

    1. Halo bro, nggak bakal dilayani. Setahu kami, yang sudah mendaki Gunung Gede dua kali selama dua tahun terakhir, SIMAKSI ke Gunung Gede – Pangrango harus online. Kami sarankan lebih baik ngurus SIMAKSI online saja. Prosesnya mudah kok.

    1. Halo bro, cek kesehatan bisa langsung di pintu masuk Putri. Nggak perlu ke Cibodas. Semoga perjalanannya lancar ya. Salam Satutenda.

    1. Seharusnya bisa, karena jalurnya sudah sangat jelas. Juga gunungnya kan banyak peminat jadi hampir nggak pernah sepi. Tapi lebih baik konfirmasi dulu ke TNGGP. Karena di aturan pendakiannya, nomor 6, bunyinya seperti ini: “Simaksi pendakian dibuat untuk kelompok pendaki dengan jumlah minimum 3 orang dan maksimum 10 orang pendaki”.

      Terima kasih ya,
      Salam Satutenda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by