Waspada! Ini Barang Bawaan Pendaki yang Sering Hilang Di Gunung

Barang Bawaan Pendaki yang Sering Hilang Di Gunung, Satutenda.com – Beberapa waktu lalu  di grup pendaki gunung, ada pendaki berbagi pengalaman mengenai barang bawaan yang hilang di gunung. Kejadiannya pada 18 Juni 2018. Rombongan pendaki ini mendaki Gunung Slamet via Bambangan.

Rombongan memutuskan untuk ngecamp di Pos 5. Ketika summits, mereka meninggalkan tenda dan barang-barang bawaan mendaki lain di tenda. Kembali dari puncak Gunung Slamet, mereka terkejut karena pintu tenda setengah terbuka.

Keadaan di dalam tenda berantakan. Para pendaki gunung ini pun mengecek barang-barang. Ternyata carrier dan sleeping bag mereka hilang. Dan tidak diketahui siapa yang mencurinya.

Pendaki gunung kehilangan barang bawaan di Gunung Slamet bukan baru sekali terjadi. Sebelumnya, ada pendaki gunung yang kehilangan kompor portable dan matras saat mendaki Gunung Slamet. Kejadian kehilangan barang bawaan seperti ini biasanya terjadi karena tenda ditinggal summits tanpa ada pendaki gunung yang menjaganya.

Kisah soal pendaki gunung kehilangan barang bawaan juga terjadi di gunung lain. Sebut saja Gunung Sindoro, Jawa Tengah. Pendaki gunung yang pernah mendaki Gunung Sindoro pasti pernah mendengar cerita barang bawaan pendaki yang sering hilang di gunung ini.

Apa barang bawaan yang sering hilang saat pendakian? Barang bawaan pendaki gunung yang hilang bervarisi. Ini mulai dari carrier, tas slempang, sepatu atau sandal gunung, jaket, kompor portable, logistik, hp, uang tunai, hingga senter.

Pencurian di gunung yang mencuri barang bawaan pendaki juga pernah dialami sejumlah pendaki Gunung Guntur, Jawa Barat. Pencuri di gunung ini berkeliaran di area camp. Tenda dirobek menggunakan sejenis pisau saat pendaki terlelap tidur. Ada yang kehilangan dompet, rokok dll.

Pihak ranger dan pihak-pihak terkait berusaha untuk mencari pencuri barang bawaan pendaki di gunung. Ada yang ketahuan siapa pelakunya, namun ada juga yang belum ditemukan. Semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi.

Saat ini relatif aman pendakian gunung, namun pendaki harus selalu waspada dan berhati-hati. Sebaiknya tenda jangan ditinggal summits tanpa ada yang menjaga. Atau pendaki bisa menitipkannya kepada jasa penitipan di pos jika ada. Selamat mendaki gunung. Jadi kita mau nanjak kemana neh?

Bagikan Artikel Ini:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *