Satutenda.com
Traveling

Bertualang Ke Air Terjun Pulau Sipora, Cocok untuk Wisata Akhir Pekan

Air terjun di Pulau Sipora Mentawai

Air Terjun Pulau Sipora, Satutenda.com – Ngomong tentang Pulau Sipora emang tak ada habisnya. Apalagi tentang tempat wisatanya. Kali ini saya ingin bercerita tentang dua air terjun Pulau Sipora yang cocok untuk wisata akhir pekan teman-teman.

Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang Pulau Sipora. Di artikel saya sebelumnya, saya sudah bercerita cukup detail tentang akses menuju Pulau Sipora. Kamu bisa membacanya di artikel berikut ini. [Nikmati Pesona Senja dan Pasir Putih Tiga Pantai di Pulau Sipora, Mentawai]

Air terjun Pulau Sipora Mentawai
Air terjun di Mentawai (Foto: Dewi Sartika Saragih)

Meski demikian, pulau yang jadi salah satu dari gugusan Kepulauan Mentawai ini menyimpan banyak potensi wisata alam. Untuk teman-teman yang tinggal di Pulau Sipora atau berwisata ke pulau ini, dua air terjun Pulau Sipora yakni air terjun Pajujurung dan air terjun Matrobibit wajib kamu datangi.

Dua air terjun ini terletak di Desa Goiso Oinan. Untuk sampai ke sana, teman-teman bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Tapi pastinya hanya sampai di jalan umum saja karena untuk mencapai air terjun kita harus berjalan kaki.

Untuk saat ini tidak ada tiket masuk yang dikenakan bagi pengunjung. Hal ini karena tempat wisata dua air terjun belum dikelola dengan baik. Ini juga sebagai masukan kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mulai menginventarisir dan menata destinasi-destinasi wisata yang ada di Pulau Sipora.

Air terjun Mentawai kontributor
Dewi Sartika Saragih bersama teman-temannya berwisata ke air terjun

Untuk dua air terjun ini cara aksesnya hampir sama. Dari jalan umum, teman-teman harus berjalan kaki menuju puncak air terjun. Ya seperti mendaki gunung, tapi pastinya tidak seberat itu. Pengalaman saya bersama teman-teman ke sana tidak sulit untuk mencapai puncak air terjunnya.

Malah di sepanjang perjalanan kita bisa menapaki batu-batu yang tersusun kokoh sembari kaki kita berendam air di sepanjang jalanan. Pada umumnya batu ini tidak terlalu licin sehingga mudah sekali untuk jadi pijakan. Dan sambil berjalan kita bisa memandang panorama indah yang ada di sekitar.

Perjalanan menuju air terjun Pajujurung memakan waktu kurang lebih 15 menit. Air terjun ini, menurut saya sangat bagus pemandangannya karena air mengalir melewati bebatuan dan bertingkat-tingkat.

Sementara perjalanan ke air terjun Matrobibit sedikit lebih jauh dari jalan utama, waktu tempuh sekitar 45 menit. Tapi jangan khawatir karena kondisi jalannya tidak terlalu terjal. Hampir sama dengan akses menuju air terjun Pajujurung, kita berjalan menyusuri aliran air hingga ke puncaknya.

Air Terjun Mentawai
Air terjun Pulau Sipora (Foto: Dewi Sartika Saragih)

Oh ya, bagi teman-teman yang mau ke dua air terjun Sipora ini dan tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa menyewa motor di Tuapejat. Pokoknya teman-teman yang datang ke Pulau Sipora harus sisihkan waktumu untuk ke sini.

Apalagi bagi teman-teman yang menyukai traveling, rasanya rugi kalau tidak sempat ke dua air terjun ini.

Datanglah pada siang hari untuk menikmati sejuknya air di sini dan kilau-kemilau air ketika terpapar terik matahari. Lagipula, setelah berlelah-lelah dalam perjalanan, kita bisa mandi di air terjun ini lho.

Jadi, tunggu apalagi? Bagi teman-teman yang ada di Pulau Sipora, ayok perbanyak kunjungan ke dua air terjun ini. Semoga dengan kunjungan-kunjunga tersebut, pemerintah daerah mau menata dua tempat wisata ini jadi lebih bagus.

Berikut video air terjun Pulau Sipora:

ARTIKEL TERKAIT

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Nikmati Saat Berwisata Ke Telaga Biru Cisoka, Tangerang

Steve Elu

5 Hal yang Bisa Kamu Nikmati Saat Berkunjung Ke Alun-Alun Rangkasbitung

Steve Elu

Deretan Gunung di Pulau Flores yang Bisa Ditaklukkan Para Pendaki

Edeltrudizh