Murah! Ini Biaya SIMAKSI, Parkir, dan Perjalanan ke Gunung Kencana Bogor dengan Motor

Biaya ke Gunung Kencana dengan Motor, Satutenda.com – Tahun lalu, September 2018, Tim Satutenda melakukan perjalanan ke Gunung Kencana Bogor dengan jalan kaki dari Kampung Arab. Akhir April 2019, kami mewujudkan mimpi menempuh perjalanan ke Gunung Kencana dengan motor.

Perjalanan ke Gunung Kencana dengan motor dari Jakarta harus melewati gerbang menuju tempat wisata Telaga Warna. Di sana terdapat pos jaga sebelum memasuki kawasan kebun teh.

Baca Juga: Batal Motoran, Tim Satutenda Jalan Kaki dari Kampung Arab hingga Gunung Kencana

Di pos jaga ini, pendaki akan dimintai uang dengan alasan retribusi memasuki kawasan kebun teh. Namun tak ada karcis masuk yang diberikan penjaga.

Biaya yang harus dibayar pendaki pun bervariasi. Ada yang bayar 20 ribu rupiah per orang, 10 ribu rupiah per orang atau jumlah lainnya di bawah 20 ribu rupiah. Kok bisa?

Ini tergantung tawar-menawar yang dilakukan pendaki dengan petugas jaga. Bila rombongan dalam 4 orang lebih, biaya retribusi masuk kebun teh bisa lebih murah. Orang-orang menyebut biaya ini termasuk pungli alias pungutan liar.

Dari pos jaga, perjalanan ke Gunung Kencana dengan motor dari Jakarta akan melewati kawasan kebun teh. Jarak dari pos jaga di pinggir Jalan Raya Puncak menuju ke tempat parkir motor-mobil sekitar satu jam.

Jarak tempuh ini tergantung ketangkasan pendaki dalam mengendarai motor. Karena jalur berbatu serta licin sehabis guyuran hujan menjadi tantangan tersendiri menuju Gunung Kencana dengan motor.

Dari sisi biaya, perjalanan ke Gunung Kencana dengan motor dari Jakarta dan sekitarnya lebih irit dibanding dengan menggunakan kendaraan umum.

Biaya perjalanan Tim Satutenda ke Gunung Kencana Bogor dengan motor dari Jakarta hanya butuh bensin PP sebesar 50 ribu rupiah.

Biaya apalagi yang harus dikeluarkan ketika mendaki Gunung Kencana dengan motor? Pendaki harus membayar SIMAKSI Gunung Kencana di basecamp.

Biaya SIMAKSI Gunung Kencana 2019 masih sama dengan SIMAKSI Gunung Kencana 2018, yakni 20 ribu rupiah per orang. Dan tak ada batasan waktu berapa lama pendaki boleh ngecamp di Gunung Kencana.

Baca juga: Simaksi Gunung Kencana Bogor 2018, Murah dan Terjangkau

biaya simaksi dan parkir gunung kencana bogor

Sementara untuk biaya parkir motor Gunung Kencana adalah 15 ribu rupiah per motor. Biaya ini sudah termasuk jasa penitipan helm. Buat pendaki yang mengendarai mobil, biaya parkir 20 ribu rupiah per mobil.

Parkir motor dan mobil bukan di basecamp, tapi di sekitaran warung, sebelum basecamp untuk SIMAKSI. Warung Pak Unang, demikian tempat ini dikenal.

Bila dirinci biaya perjalanan ke Gunung Kencana dengan motor dari Jakarta, termasuk SIMAKSI dan parkir sebagai berikut:

Bensin PP Rp 50.000,-
Retribusi di Pos Jaga Kebun Teh Rp 20.000,-
Simaksi Gunung Kencana Bogor Rp 20.000,-
Biaya Parkir Motor Rp 15.000,-
Total biaya perjalanan ke Gunung Kencana dengan motor dari Jakarta Rp 105.000,-

Karena Tim Satutenda mendaki Gunung Kencana Bogor dengan dua personil, biaya yang kami keluarkan adalah:
Bensin PP Rp 50.000,-
Retribusi di Pos Jaga Kebun Teh Rp 20.000,- x 2 orang : Rp 40.000,-
Simaksi Gunung Kencana Bogor Rp 20.000,- x 2 orang : Rp 40.000,-
Biaya Parkir Motor Rp 15.000,-
Total biaya perjalanan ke Gunung Kencana dengan motor dari Jakarta dua orang Rp 145.000,-

Biaya ini tentu lebih murah dibandingkan ketika kami mendaki Gunung Kencana menggunakan angkutan umum. Jadi, kapan kamu akan mendaki Gunung Kencana Bogor?

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *