Camping Ground Wadas Gantung: Bonus Buat Para Pendaki Gunung Slamet via Gunung Malang

Camping Ground Wadas Gantung, Satutenda.com – Bagi para pendaki yang mau mendaki Gunung Slamet, Jawa Tengah, salah satu jalur pendakian yang perlu kamu pertimbangkan adalah jalur pendakian Gunung Malang.

Memang, jalur pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang ini belum sepopuler jalur pendakian Gunung Slamet lainnya. Sebut saja, jalur Bambangan, jalur Guci, atau jalur Baturaden, dan beberapa jalur lainnya.

Namun, jalur pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang menyimpan sejumlah hal yang bisa kamu nikmati sekaligus. Ya, hitung-hitung semacam bonus: sekali jalan bisa dapat dua hingga tiga pengalaman sekaligus.

Salah satu bonus di jalur ini adalah camping ground Wadas Gantung. Jadi, Pos 1 di pendakian via Gunung Malang ini namanya Wadas Gantung. Pos ini memiliki area camping yang sangat luas, bisa untuk mendirikan puluhan tenda.

Kamu bisa nge-camp satu malam di pos 1 ini sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Slamet. Pemandangan atau pengalaman yang bisa kamu dapatkan di pos 1 ini adalah sunset atau sunrise. Dan Malam hari kamu juga bisa menyaksikan gemerlap kota Purbalingga di bawah sana, serta suara azan yang sayup-sayup datang dari kejauhan.

Kami, tim Satutenda.com, sudah pernah nge-camp di pos 1 ini saat mendaki Gunung Slamet pertengahan Maret 2019 lalu. Meski kami tak bisa menyaksikan sunset dan sunrise karena hujan, tapi tetap oke banget buat camping.

Ketika kami nge-camp di sana, teman-teman dari komunitas Mayapada dan komunitas pemuda lokal di basecamp Gunung Malang sedang mempersiapkan tempat ini untuk menjadi area camping ground, termasuk fasilitas-fasilitas umum.

Salah satunya adalah toilet umum. Juga, ada sumber air yang disalurkan dengan pipa dan diberi keran air sebagai tempat mengambil air minum.

Camping Ground Wadas Gantung Gunung Malang

Teman-teman ini juga menebas belukar dan membuat semacam teras-sering untuk area mendirikan tenda, dan menanam pohon. Pokoknya, pos 1 Wadas Gantung ini bakal menjadi area camp yang sangat bagus.

Untuk akses menuju ke Wadas Gantung, teman-teman harus datang ke basecamp Gunung Malang dan melakukan registrasi. Setelah itu, cukup jalan sekitar 45 menit hingga satu jam.

Hingga pendakian kami kemarin, tiket masuk ke Wadas Gantung masih sama dengan SIMAKSI pendakian Gunung Slamet yakni Rp.15.000 per orang.

Kata orang basecamp waktu itu, sedang dipertimbangkan untuk dipisahkan harga tiket masuk ke camping ground Wadas Gantung dan SIMAKSI pendakian Gunung Slamet. Tapi belum pasti kapan akan mulai diberlakukan.

Jadi buat kamu yang mau mendaki Gunung Slamet dengan waktu yang lebih longgar, misalnya tiga hari, baik kalau jalur pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang ini bisa kamu pilih.

Hari pertama kamu cukup untuk sampai camping ground Wadas Gantung, bermalam di situ, dan esoknya baru melakukan pendakian ke Gunung Slamet. Toh, teman-teman yang punya tenaga cukup, bisa juga pulang melalui jalur Bambangan.

So, jangan sampai ketinggalan untuk datang ke camping ground Wadas Gantung Gunung Malang ya.

Bagikan Artikel Ini:
  • 63
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *