Daftar Gunung di Pulau Jawa yang Buka di Awal Tahun 2019. Yuk Cek!

Gunung di Pulau Jawa Buka di Awal Tahun 2019, Satutenda.com – Tahun 2019 kamu sudah punya rencana mau mendaki gunung mana kawans? Di awal tahun 2019 ini, sejumlah jalur pendakian gunung ditutup sementara untuk pendakian awal tahun.

Namun, jangan khawatir, ada juga gunung-gunung yang tetap buka di awal tahun 2019. Gunung mana saja?

Ini daftar gunung di Pulau Jawa yang buka di awal tahun 2019. Kamu bisa memilih mau mendaki gunung di Jawa Barat, gunung di Jawa Tengah atau gunung di Jawa Timur yang tetap buka di awal tahun 2019.

1.Gunung Ciremai

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini buka di awal tahun 2019, kawans. Kalau kamu ingin mendaki ke sana bisa atur jadwalmu.

Terdapat 4 jalur pendakian Gunung Ciremai: jalur pendakian Gunung Ciremai via Apuy, jalur pendakian Gunung Ciremai via Palutungan, jalur pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati, dan jalur pendakian Gunung Ciremai via Linggasana.

2.Gunung Cikuray

Gunung di Pulau Jawa yang tetap buka di awal tahun 2019 adalah Gunung Cikuray. Terletak di Garut, Jawa Barat ini memiliki ketinggian 2821 Mdpl.

Jalur pendakian Gunung Cikuray yang bisa kamu pilih antara lain via Pemancar, via Bayongbong, dan via Cikajang.

3.Gunung Guntur

Gunung Guntur memiliki ketinggian 2249 Mdpl. Gunung ini pernah masuk dalam daftar gunung paling aktif di Pulau Jawa pada tahun 1800-an. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada 1847.

Gunung Guntur memiliki ketinggian 2249 Mdpl. Gunung ini pernah masuk dalam daftar gunung paling aktif di Pulau Jawa pada tahun 1800-an. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada 1847.

Gunung Guntur memiliki trek dan jalur pendakian berupa pasir berbatu, savana dan tanjakan yang memiliki kemiringan yang sangat curam. Kamu bisa mendaki Gunung Guntur via Citiis, via Cikahuripan, via Samarang.

4.Gunung Papandayan

Gunung Papandayan di Jawa Barat masuk dalam daftar gunung di Pulau Jawa yang buka di awal tahun 2019. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 Mdpl.

Bunga Edelweis di Gunung Papandayan menjadi salah satu pesona bagi pendaki gunung. Selain itu, ada hutan kalimati yang bisa menjadi salah satu spot foto keren saat kamu mendaki.

5.Gunung Sindoro dan Sumbing

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing mendapat julukan gunung kembar di Jawa Tengah. Dari Gunung Sindoro, pendaki bisa menikmati pemandangan Gunung Sumbing. Begitu juga sebaliknya.

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing masuk dalam daftar gunung di Pulau Jawa yang buka di awal tahun 2019. Namun, jalur pendakian Gunung Sumbing via Bowongso tutup sejak 10 Januari 2019.

6.Gunung Lawu

Sejak pendaki hilang di Gunung Lawu pada 1 Januari 2019, gunung ini ditutup sementara untuk kepentingan pencarian oleh tim SAR gabungan. Operasi pencarian terhadap Alvi Kurniawan, pendaki hilang di Gunung Lawu ditutup pada 8 Januari 2019.

Jalur pendakian Gunung Lawu dibuka mulai 11 Januari 2019.

7.Gunung Andong

Gunung Andong juga membuka jalur pendakian untuk awal tahun 2019. Dari puncak Gunung Andong, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, dan Telomoyo.

8.Gunung Ungaran

Gunung Ungaran memiliki tinggi 2050 Mdpl. Jalur pendakian Gunung Andong ada 3: via Candi Gedong Songo dan via Jimbaran/Sidomukti, dan via Medini/Promasan.

9.Gunung Argopuro

Gunung dengan trek terpanjang di Pulau Jawa ini juga termasuk dalam daftar gunung di Pulau Jawa yang buka di awal tahun 2019. Untuk mendaki gunung ini, pendaki membutuhkan waktu 4-6 hari perjalanan.

Gunung Argopuro memiliki tiga puncak: Puncak Rengganis, Puncak Argopuro, dan Puncak Arca.

10.Gunung Buthak

Gunung di Pulau Jawa yang buka di awal tahun 2019 yaitu Gunung Buthak, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2868 Mdpl. Dari atas gunung ini, pendaki bisa melihat pemandangan indah Gunung Arjuno.

Demikianlah sekilas info daftar gunung di Pulau Jawa yang buka di awal tahun 2019. Jika cuaca ektrem terjadi atau keadaan tidak memungkinkan untuk pendakian, jalur pendakian gunung-gunung ini bisa ditutup.

Bagikan Artikel Ini:
  • 32
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *