Danau Wawomudha Bajawa Punya Tiga Kawah Mirip Danau Kelimutu

Danau Wawomudha Bajawa, Satutenda.com – Selain Danau Kelimutu Ende, NTT, ada lho danau yang punya tiga kawah dengan warna berbeda. Danau Wawomudha Bajawa. Seperti apa keindahan Wawomudha di Bajawa ini?

Orang sering menyebut Danau Wawomudha sebagai Danau Mini Kelimutu. Ini karena perubahan warna pada kawah terjadi dari hasil reaksi vulkanis serta mikroorganisme yang ada di air kawah.

Danau ini terletak di Dusun Ngoranale, Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada-NTT. Pada tahun 2001, kawah Wawomudha terbentuk setelah Gunung Wawomudha meletus.

Mirip Danau Kelimutu, Danau Wawomudha memiliki tiga kawah dengan warna berbeda. Namun kawah Wawomudha lebih kecil dibanding kawah Danau Kelimutu. Warna kawah kecil Danau Wawomudha adalah kuning, coklat, dan merah kecoklatan.

danau mini kelimutu bajawa
(Foto: terrytreks.com)

Danau ini menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat sekitar Bajawa. Ada juga wisatawan dari luar Bajawa bahkan dari mancanegara yang mengunjungi tempat wisata ini.

Karena letaknya yang dekat dengan pusat kota Bajawa, Danau Wawomudha menjadi tempat wisata hits di Bajawa dan Ngada. Untuk mencapai tempat wisata ini, wisatawan bisa berkendara dari pusat kota Bajawa selama sekitar 15 menit. Atau sekitar enam kilometer jaraknya.

Wisatawan bisa menggunakan mobil atau motor menuju ke danau di Bajawa ini. Atau bisa juga menggunakan jasa angkutan umum dengan rute Bajawa-Ngoranale atau dapat menggunakan ojek.

Setelah itu, wisatawan mendaki gunung dengan berjalan kaki sekitar 30 menit. Selama perjalanan menuju Kawah Wawomudha, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam berupa pohon pinus dan cemara di sepanjang jalan.

Saat musim kemarau, kawah Danau Mini Kelimutu ini biasanya kering. Tidak ada air dengan warna berbeda di sana. Namun pemandangan menarik tetap bisa dinikmati wisatawan yang datang. Jadi, kamu nggak usah khawatir gaes.

Bila musim penghujan, kawah ini akan dipenuhi air. Tapi, wisatawan sebaiknya tidak datang di pagi hari pada saat musim hujan, karena kabut tebal menyelimuti Danau Wawomudha.

Pemandangan di Danau Wawomudah sungguh mempesona. Wisatawan pasti betah berlama-lama di sana. Jangan lupa siapkan perbekalanmu ketika mengunjungi danau di Bajawa ini. Di sana tidak ada restoran.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by