Deretan Gunung di Pulau Flores yang Bisa Ditaklukkan Para Pendaki

Deretan Gunung di Pulau Flores yang Bisa Ditaklukkan Para Pendaki, Satutenda.com – Gunung di pulau Flores dan NTT pada umumnya, memang tidak setinggi sejumlah gunung yang ada di pulau Jawa.

Rata-rata ketinggian hanya berkisar 2.500 mdpl ke bawah. Tidak ada yang lebih tinggi dari itu. Diantara sejumlah gunung di pulau Flores ini, ada yang statusnya masih aktif, ada yang tidak.

Tapi bagi teman-teman pendaki gunung, sekali-kali bolehlah menyambangi daerah Flores untuk menaklukan sederet gunung ini.

Soal alam dan keindahannya, tentunya sudah tidak diragukan lagi. Flores dan seluruh daratan NTT alamnya masih indah dan jauh dari kesan sampah.

So…inilah deretan gunung di pulau Flores, yang bisa dimasukan dalam daftar list kegiatan mendaki kamu.

1. Gunung Ranaka

Gunung Ranaka adalah gunung tertinggi di pulau Flores, dengan ketinggian mencapai 2.292 mdpl. Di pulau Flores ya teman-teman, bukan di NTT. Kalo gunung yang tertinggi di NTT itu gunung Mutis, di pulau Timor.

Baca Juga : Gunung Mutis Bagai Serpihan Surga yang Jatuh ke Tanah Timor – NTT

Jalur pendakian menuju gunung Ranaka ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Sebagian kondisi jalan beraspal tapi sudah agak berlubang. Jaraknya diperkirakan 9 km hingga mencapai puncak.

Gunung di pulau Flores yang bisa didaki
View sepanjang perjalanan ke gunung Ranaka (Foto : melky-pantur.blogspot.com)

Dari sisi timur puncak Ranaka, terdapat kawah gunung berapi. Kawah ini terbentuk dari hasil letusan gunung Ranaka pada Januari 1988 silam.

Dari puncak gunung Ranaka ini, kita bisa menyaksikan keindahan alam berupa lereng dan bukit yang hijau, dan hamparan awan indah, layaknya gunung-gunung di Jawa.

Gunung di pulau Flores yang bisa didaki
View puncak gunung Ranaka (Foto : melky-pantur.blogspot.com)
2. Gunung Inerie

Gunung di pulau Flores kedua yang bisa didaki adalah gunung Inerie dengan ketinggian 2.245 mdpl. Tidak terlalu tinggi, dan puncak gunung Inerie ini bisa dicapai dalam waktu 3-5 jam.

Tapi jangan diremehkan dulu. Ketinggian gunung Inerie memang tidak seberapa, tapi jalur pendakiannya mengharuskan kita untuk serba berhati-hati.

Gunung di pulau Flores yang bisa didaki
Trek pendakian gunung Inerie Flores (Foto : Instagram.com/nungkymiapratiwi)

Kondisi jalan menanjak curam, dihiasi  kerikil-kerikil kecil dan licin yang bisa membuat kita bisa terperosot kapan saja.

Kenapa terperosot? Karena, sepanjang jalur pendakian dengan kondisi curam seperti itu, tidak ditumbuhi pohon yang banyak yang bisa dijadikan pegangan.

Dari pengalaman teman-teman yang mendaki, jalur pendakian gunung Inerie ini hampir 90% kondisi jalan berbentuk tanah, kerikil dan bebatuan. Tentunya teman-teman pendaki sudah bisa membayangkan kondisi jalannya.

Gunung di pulau Flores yang bisa didaki
Puncak gunung Inerie di saat siang (Foto : Instagram.com/galihkoplak)
3. Gunung Ebulobo

Gunung Ebulobo juga merupakan salah satu gunung di pulau Flores yang kerap didatangi para pendaki. Kondisi jalur pendakian sangat terjal dan sedikit berbatu, tapi tidak licin.

Gunung di pulau Flores yang bisa didaki
Puncak Gunung Ebulobo (Foto : Instagram.com/andhi_madridista)

Untuk persiapan pendakian, teman-teman pendaki disarankan untuk menyiapkan sendiri sebelum tiba di basecamp.

Hal ini karena di area basecamp tidak tersedia tempat untuk menjual keperluan mendaki. Hanya tersedia warung-warung kecil khusus makanan.

Dan tidak tersedia hotel atau penginapan di daerah terakhir sebelum menalakukan pendakian. Biasanya, kita menumpang di rumah warga setempat, dengan biaya yang nanti disepakati bersama.

Pemandangan di puncak gunung Ebulobo ini dihiasi dengan hamparan awan yang membentang luas. Tapi lebih indah, jika mendaki pas di pagi hari, karena view sunrise dibalik awan pagi sangat…sangat indah.

Bagikan Artikel Ini:
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Deretan Gunung di Pulau Flores yang Bisa Ditaklukkan Para Pendaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *