Empat Gunung Favorit di Jawa Tengah Ini Tutup Sementara

Gunung Favorit di Jawa Tengah, Satutenda.com – Jawa Tengah memiliki sejumlah gunung yang bisa menjadi tujuan pendakian. Ada beberapa gunung favorit di Jawa Tengah yang kerap dipilih pendaki. Ini baik pendaki dari sekitar Jawa Tengah sendiri maupun dari daerah lain.

Jauh-jauh dari daerah di luar Jawa Tengah, pendaki ingin menikmati dan mensyukuri alam yang mempesona di Jawa Tengah. Nah, sebelum kamu memilih untuk mendaki gunung favorit di Jawa Tengah, simak dulu yuks gunung favorit di Jawa Tengah yang tutup sementara.

# Gunung Merapi

gunung favorit di jawa tengah
(Foto: suratkabar.id)

Gunung Merapi termasuk dalam kategori gunung favorit di Jawa Tengah. Gunung ini punya pesona tersendiri yang memikat pendaki untuk mendakinya, termasuk mitos dan misteri Gunung Merapi.

Memiliki ketinggian 2930 Mdpl, pendaki bisa melihat Gunung Merbabu dari Pasar Bubrah. Tempat ini adalah batas pendaki boleh mendaki. Pendaki tidak boleh mendaki sampai puncak atau kawah Gunung Merapi karena berbahaya. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia.

Jalur pendakian ke Gunung Merapi tutup sejak terjadi gempa freatik pada 11 Mei-1 Juni 2018. Tingkat aktivitas Gunung Merapi berubah dari normal menjadi waspada pada 3 Agustus 2018.

Penutupan jalur pendakian gunung favorit di Jawa Tengah ini masih berlangsung sampai sekarang, Apalagi dengan munculnya kubah lava di puncak. Kubah lava ini menandai fase erupsi magmatik Gunung Merapi dimulai dengan erupsi bersifat efusif. Kubah lava bisa runtuh dan menghasilkan awan panas guguran.

Pendaki gunung yang kangen mendaki Merapi sabar ya nunggu pendakian dibuka. Merapi tak ingkar janji.

# Gunung Merbabu

gunung merbabu tutup
(Foto: phinemo.com)

Gunung favorit di Jawa Tengah lain yang sering menjadi pilihan pendaki adalah Gunung Merbabu. Namun saat ini Gunung Merbabu tutup sementara.

Jalur pendakian Gunung Merbabu tutup 8-31 Oktober 2018. Alasan penutupan ini karena kondisi jalur pendakian yang membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan demi keselamatan pendaki.

Jalur pendakian Gunung Merbabu mengalami longsor sehingga licin dan membuat pendaki tergelincir dan cedera. Selain itu, banyak sampah yang dibuang sembarangan.

# Gunung Sumbing

gunung sumbing terbakar
(Foto: commons.wikimedia.org)

Saat ini, Gunung Sumbing juga ditutup sementara. Bagi pendaki gunung yang ingin mendaki salah satu gunung favorit di Jawa Tengah ini bisa mengalihkan tujuan pendakian ke Gunung Sindoro. Jalur pendakian Gunung Sindoro sudah dibuka mulai 3 Oktober 2018.

Penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing karena kebakaran hutan yang terjadi pada September 2018. Kebakaran hutan di Gunung Sindoro sudah bisa dipadamkan. Sementara kebakaran hutan di kawasan Gunung Sumbing kembali terjadi. Kawasan hutan di lereng Gunung Sumbing, wilayah Desa Dukomakmur, Kajoran, Kabupaten Magelang terbakar pada 8 Oktober 2018.

# Gunung Andong

gunung favorit di jawa tengah
(Foto: piknikasik.com)

Dengan ketinggian 1726 Mdpl, Gunung Andong selalu ramai pendaki, khususnya pendaki pemula. Namun, gunung favorit di Jawa Tengah tutup sementara untuk pendakian.

Pada 6 Oktober 2018 terjadi kebakaran di gunung di kawasan Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, dan Kabupaten Magelang ini. Kebakaran di Gunung Andong menyebabkan sekitar sembilan hektare lahan habis terbakar. Jalur pendakian GUnung Andong pun ditutup mulai 7 Oktober 2018.

Itulah empat gunung favorit di Jawa Tengah yang tutup sementara. Sembari menunggu gunung favorit pendaki dibuka kembali, kawan-kawan bisa memilih gunung di Jawa Tengah lain yang tetap buka seperti Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Prau.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *