Satutenda.com
Traveling

Estimasi Biaya Liburan ke Lembata, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Pantai Bobu Wisata Alam Lembata

Estimasi Biaya Liburan ke Lembata, Satutenda.com – Akhir 2017, saya mengadakan perjalanan ke Lembata. Mengingat Lembata adalah salah satu tempat yang sangat indah buat liburan, saya ingin membagikan estimasi biaya liburan ke Lembata.

Lembata mempunyai sejumlah tempat wisata alam yang selalu memanjakan mata. Tempat wisata di pulau kecil itu tersedia untuk wisata pantai, wisata bawah laut, wisata savanna hingga wisata religi.

Jadi, menurut saya, Lembata bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menikmati liburan dengan variasi tempat wisata di luar daerah. Toh akses ke Lembata sudah cukup mudah. Kamu bisa menggunakan pesawat dari Kupang atau kapal laut dari Larantuka.

BACA JUGA: Pesona Alam Pulau Siput, Wisata Unik dan Ikonik Milik Pulau Lembata

Saya sendiri ke Lembata, bukan dengan tujuan utama liburan. Kebetulan sebuah komunitas meminta saya membuatkan dokumentasi, semacam film documenter, tentang pelayanan mereka di sana, jadilah saya datang ke Lembata.

Selama di Lembata, selain menjalankan tugas, saya menyempatkan diri untuk menikmati wisata alam di sana. Tentang wisata alamnya, kamu bisa membaca artikel berikut: Bukit Love Lembata, Tempat Menunggu Senja Melintas.

Di sini saya ingin membagikan ke pembaca estimasi biaya liburan ke Lembata. Siapa tahu bisa membantu kamu untuk membuat rencana liburan ke Lembata.

Yang saya tuliskan ini berdasarkan pengalaman saya di awal Desember 2017. Bisa jadi harganya sudah sedikit berubah sehingga kamu bisa membuat sedikit penyesuaian. Tapi saya kira, kalaupun berubah itu tidak signifikan.

Baik, mari kita mulai menghitung berapa sih estimasi biaya liburan ke Lembata.

1. Dari luar NTT

Kalau kamu berasal dari luar NTT, pastinya kamu harus menggunakan pesawat. Ada sih layanan kapal laut, hanya memakan waktu yang sangat panjang. Bisa seminggu atau lebih untuk sampai ke Lembata.

Karena itu, saya anjurkan kamu menggunakan pesawat. Akses pesawat bisa ditempuh dengan dua rute yakni melalui Bandar Udara Eltari Kupang atua Bandar Udara Larantuka. Saya rekomendasikan via Kupang karena lebih murah, daripada langsung ke Larantuka.

Pesawat dari Jakarta ke Kupang dengan maskapai penerbangan standar seperti Lion Air atau Sriwijaya Air, tiket sekitar Rp. 1.000.000.

2. Dari Kupang Ke Larantuka

Dari Kupang kamu naik pesawat ke Larantuka. Waktu itu saya ikut penerbangan pagi sehingga pemandangannya sangat bagus. Juga, kalau kamu mau langsung melanjutkan perjalanan ke Lembata, sebaiknya ke Larantuka pada pagi hari.

Harga tiket pesawat dari Kupang ke Lembata sekitar Rp. 600.000. Pesawat menuju Larantuka berukuran kecil sehingga kamu juga harus terbiasa dengan guncangan-guncangan kecil sepanjang perjalanan. Tapi santai saja karena dijamin aman.

Senja di Pelabuhan Jeti Lembata
Senja di Pelabuhan Jeti Lembata (Foto: Satutenda.com)

3. Penyeberangan ke Lembata

Dari Bandar Udara Larantuka, kamu bisa naik ojek atau taksi ke pelabuhan penyeberangan ke Lembata. Jarak tempuh sekitar 30 menit.

Kapal penyeberangan dari Larantuka ke Lembata ada dua macam. Satu kapal cepat, berangkat pukul 13.00 WITA. Lama tempuh sekitar 1 jam sampai 1 setengah jam. Kedua kapal biasa/lambat, sekitar 4-5 jam.

Saya sendiri memilih kapal cepat agar lebih cepat sampai. Harga tiket waktu itu, Rp. 100.000. Sementara harga tiket kapal biasa sekitar 50 ribuan. Tiket dibeli langsung di pelabuhan Larantuka.

Ada juga pesawat dari Kupang langsung ke Lembata, dengan harga tiket sekitar 900.000. Kalau kamu ingin langsung ke Lembata, bagus untuk menggunakan pesawat.

Tapi kalau kamu ingin mampir ke Larantuka, sebaiknya pilih rute perjalanan yang saya pakai. Emang sih lebih lama dan makan tenaga. Tapi sudah pasti lebih murah. Bonusnya lagi, kamu bisa eksplor Larantuka sekaligus dalam satu kali perjalanan.

BACA JUGA: Wisata Alam Pantai Bobu, Kekayaan Alam Lembata yang Tersembunyi

Pesawat dari Kupang ke Larantuka tiba sekitar pukul 07.00 pagi, jadi kamu masih punya waktu untuk keliling Larantuka sembari menunggu waktu kapal berangkat ke Lembata.

Di Lembata, jika kamu sudah pesan hotel, pengalaman saya, mobil hotel langsung jemput di pelabuhan.

Jadi, estimasi liburan ke Lembata dengan rute yang saya pilih sekitar Rp. 1.900.000, setelah ditambah ongkos dari Bandar Udara Larantuka ke pelabuhan penyeberangan. Untuk perjalanan pergi-pulang sekitar Rp. 3.800.000.

ARTIKEL TERKAIT

Pantai Ria, Wisata Pantai Favorit di Pusat Kota Ende

Edeltrudizh

Menjelajah Rumah Kuno Yap-San Diego. Melihat Berbagai Perabotan Antik

Tiwie Pert

Vatikan, Negara di dalam Negara dengan Sejumlah Tempat Instagramable

Tiwie Pert