Estimasi Biaya Pendakian Gunung Gede: Transportasi, Konsumsi dan Simaksi

Estimasi Biaya Pendakian Gunung Gede, Satutenda.com – Bagi kamu yang rencana mau mendaki Gunung Gede, saya pikir artikel tentang estimasi biaya pendakian Gunung Gede ini sangat bermanfaat.

Yang ingin saya bagikan di sini adalah total biaya yang akan kamu keluarkan kalau kamu ingin mendaki Gunung Gede. Biaya tersebut termasuk di antaranya transportasi, konsumsi dan Simaksi.

Mari kita lihat bagian per bagian secara detail supaya kamu punya gambaran yang lebih rinci tentang estimasi biaya pendakian Gunung Gede.

# Transportasi

Kebetulan basecamp Satutenda.com berada di Bintaro, maka biaya transportasi akan saya hitung mulai dari Bintaro. Biaya ini bukan hasil riset atau googling, tetapi berdasarkan pengalaman tim Satutenda sendiri.

Tim Satutenda baru saja melakukan pendakian Gunung Gede via Gunung Putri  pada 6-7 Juni 2018 kemarin. Jadi masih fresh nih teman-teman.

Kami berangkat dari Bintaro ke perempatan Point Square, dekat terminal Lebak Bulus, menggunakan jasa transportasi online, Grab Car, dengan biaya Rp. 39.000. Karena kami tiga orang, maka 40.000:3= Rp. 13.000

Dari perempatan Point Square kami menumpang metromini Lebak Bulus – Kampung Rambutan, masing-masing orang Rp. 5.000. Di Kampung Rambutan seorang teman bergabung lagi. Jadi kami yang berangkat untuk ekspedisi kali ini ada empat orang.

Di Terminal Kampung Rambutan kami menumpang bus Marita dengan tujuan Cianjur. Karena jalur Puncak sedang ditutup saat kami berangkat kemarin, jadi kami lewat Jonggol. Masing-masing kami membayar Rp. 30.000.

Kami turun di perempatan Rawabango untuk melanjutkan perjalanan ke basecamp Gunung Putri. Karena sudah dini hari, sekitar pukul 02.00, kami memutuskan untuk menyewa angkutan langsung.

Setelah tawar-menawar, kami membayar Rp 180.000 untuk diantar hingga ke basecamp. Rp. 180.000:4: Rp. 45.000

Jadi total transportasi dari Bintaro hingga ke basecamp Gunung Putri untuk masing-masing orang adalah:

Bintaro – Perempatan Point Square                                        : Rp. 13.000
Perempatann Point Square – Term. Kamp. Rambutan       : Rp. 5.000
Term. Kampung Rambutan – Perempatan Rawabango      : Rp. 30.000
Perempatan Rawabango – Basecamp Gunung Putri           : Rp. 45.000

Jumlah = Rp. 93.000

Total pengeluaran transportasi Pergi-Pulang untuk pendakian Gunung Gede via Gunung Putri sekitar Rp.200.000.

#Konsumsi

Berdasarkan pengalaman tim Satutenda, biaya konsumsi untuk empat orang sekitar Rp. 250.000. Konsumsi yang kami bawa juga cukup sederhana. Intinya adalah jenis makanan yang mudah diolah di gunung dan dalam kondisi lelah/capek.

Jadi teman-teman sudah bisa membayangkan jenis makanan seperti apa. Oh ya, untuk pendakian kali ini kami sengaja tidak membawa mie instan. Jadi biaya konsumsi tersebut non mie instan.

#Simaksi Gunung Gede

Untuk biaya Simaksi Gunung Gede – Pangrango ada dua macam. Untuk pendakian di hari biasa, Senin – Jumat, biaya Simaski sebesar Rp. 29.000/dua hari satu malam.

Sementara untuk biaya Simaksi untuk pendakian pada akhir pekan atau pada hari-hari libur lainnya sebesar Rp. 34.000/dua hari satu malam.

Jadi kurang lebih pengeluaran untuk pendakian Gunung Gede sekitar Rp. 300.000 – Rp. 350.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain-lain dan kebutuhan pribadi.

Bagikan Artikel Ini:
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *