Estimasi Biaya Transportasi Pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang

Biaya SIMAKSI Gunung Slamet via Gunung Malang, Satutenda.com – Sesuai rencana, Tim Satutenda mendaki gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet pada Maret 2019 ini. Kami berangkat dari Jakarta pada Rabu, 13 Maret 2019 dengan personil empat orang.

Dari basecamp Satutenda, kami menggunakan angkutan online menuju Stasiun Pondok Ranji dengan biaya transportasi Rp 14.000,-.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KRL menuju Stasiun Tanah Abang dan membayar Rp 3.000,-/orang. Perjalanan kami lanjutkan dengan naik bus Transjakarta rute Stasiun Tanah Abang-Stasiun Senen.

Karena kami membawa carrier lumayan besar dan berat, kami memilih menggunakan bus Transjakarta. Di satu sisi karena padatnya penumpang KRL di jam orang pulang kerja.

Dengan ongkos Rp 3.500,- kami menuju Stasiun Pasar Senen tanpa harus berdesak-desakan. Hanya memang agak lama menunggu bus Transjakarta tujuan Stasiun Pasar Senen.

Oh ya bagi kamu yang belum pernah naik bus ini dari Tanah Abang, kamu harus menunggu bus Transjakarta di halte Kapal Api, tempat biasa ojek online berkumpul. Kalau bingung, kamu bisa bertanya kepada petugas stasiun atau orang di sana. Mereka sudah tahu dimana letak halte Kapal Api.

Sebenarnya dari Stasiun Tanah Abang, kamu bisa naik KRL ke Stasiun Jatinegara, lalu ke Stasiun Pasar Senen. Namun kereta lumayan lama dan pada jam sibuk penumpang sangat penuh.

Dari Stasiun Senen, Tim Satutenda menggunakan kereta api Progo jurusan Stasiun Pasar Senen-Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Kami mendapat tiket dengan harga Rp 150.000,-.

Kami akan turun di Stasiun Purwokerto sebelum melanjutkan perjalanan ke Basecamp pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang. Sama-sama di daerah Purbalingga, jalur pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang lebih sepi daripada jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan.

Selain Bambangan dan Gunung Malang, kamu bisa memilih jalur pendakian Gunung Slamet via Guci,
Kaliwadas, Baturaden dll.

Tiba di Stasiun Purwokerto, sejumlah orang di halaman stasiun menawarkan jasa angkutan. Dengan menggendong carrier berukuran lumayan besar, mereka tahu kami akan mendaki Gunung Slamet. Kami menolak secara halus tawaran mereka.

Kami memesan angkutan online menuju Basecamp Gunung Malang. Tapi, kami tidak bisa menunggu di stasiun karena ada larangan bagi angkutan online. Kami berjalan sekitar 10 menit ke Pasar Manis Purwokerto. Tarif angkutan online Rp 170.000,- sampai Rp 200.000,-. Menurut info yang kami dapat jika pendaki menyewa angkutan umum atau mobil biasanya harus membayar Rp 300.000,- hingga Rp 350.000,-.

Sesampainya di basecamp, kami mengurus SIMAKSI sebelum melakukan pendakian. Biaya SIMAKSI pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang Rp 15.000,-/pendaki.

Bila membawa kendaraan pribadi apakah bisa? Bisa, kamu bisa menitipkan kendaraanmu di basecamp. Kalau tidak salah biaya parkir Rp 15.000,-/hari untuk mobil dan Rp 5.000,-/hari untuk motor.

biaya simaksi gunung slamet via gunung malang

Setelah istirahat, mengurus SIMAKSI, dan packing ulang, kami memulai pendakian. Kami mendaki pada Kamis, 14 Maret 2019 dan turun pada Sabtu, 16 Maret 2019.

Saat perjalanan pulang, kami menyewa mobil dari basecamp. Tidak ada angkutan umum atau angkutan online dari sana. Biaya transportasi dari Basecamp Gunung Malang ke Purwokerto Rp 300.000,-.

Untuk perjalanan pulang ke Jakarta, kami menggunakan kereta api. Kami mendapat tiket dengan harga lebih murah dari tiket berangkat. Kami naik kereta api Bengawan dengan harga tiket Rp 70.000,-. Murah meriah.

Kalau kamu dari luar kota, kamu bisa memesan tiket kereta api jauh hari sebelum keberangkatanmu sehingga bisa mendapat tiket dengan harga murah.

Dari Stasiun Pasar Senen, kami naik KRL menuju Stasiun Pondok Ranji dengan tarif Rp 4.000,-. Kemudian kami menumpang angkutan online menuju basecamp Satutenda dengan biaya Rp 14.000,-.

Ini rincian estimasi biaya transportasi dan biaya SIMAKSI pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang:

Angkutan online Bintaro-Stasiun Pondok Ranji PP Rp 28.000,-
KRL Stasiun Pondok Ranji-Stasiun Tanah Abang Rp 3.000,-
Bus Transjakarta Stasiun Tanah Abang-Stasiun Pasar Senen Rp 3.500,-
Kereta Api Pasar Senen-Purwokerto Rp 150.000,-
Angkutan online Purwokerto-Basecamp Gunung Malang Rp 200.000,-
Sewa mobil Basecamp Gunung Malang-Purwokerto Rp 300.000,-
Kereta Api ke Pasar Senen Rp 70.000,-
KRL Stasiun Pasar Senen-Stasiun Pondok Ranji Rp 4.000,-
Biaya SIMAKSI mendaki Gunung Slamet via Gunung Malang Rp 15.000,-

Total biaya transportasi dan biaya SIMAKSI pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang Rp 773.500,-

Kalau mendaki rombongan, biaya transportasi dari Purwokerto ke Basecamp Gunung Malang dan sebaliknya bisa lebih murah. Karena masing-masing orang dalam rombingan bisa berkontribusi. Harga sewa mobil dihitung sekali jalan bukan per orang.

Itulah estimasi biaya transportasi dan SIMAKSI pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang. Rincian ini sebagai gambaran bagi teman-teman yang ingin mendaki Gunung Slamet. Kapan mau nanjak?

Bagikan Artikel Ini:
  • 31
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Estimasi Biaya Transportasi Pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *