Satutenda.com
Muncak

Estimasi Biaya Transportasi Mendaki Gunung Kencana Bogor

Estimasi Pendakian Gunung Kencana

Estimasi Biaya Transportasi Mendaki Gunung Kencana Bogor, Satutenda.com – Pada 11 September 2018, tiga orang Tim Satutenda mendaki ke Gunung Kencana Bogor. Kami berangkat dari Bintaro menuju perempatan Point Square Cilandak menggunakan angkutan online dengan biaya Rp 40.000,-.

Kemudian kami naik metromini ke Terminal Kampung Rambutan dengan biaya Rp 10.000,- per orang. Karena tidak tahu bahwa jalur Jakarta-Puncak tidak bisa dilewati akibat longsor akhirnya kami menggunakan bus Marita dari Terminal Kampung Rambutan.

Bus Marita mengambil jalur Jakarta-Cianjur via Jonggol. Jalur ini memutar sehingga membutuhkan waktu lebih lama. Biaya bus Marita pada September 2018 Rp 35.000,-/orang.

Turun di Cianjur, akhirnya kami berganti bus yang menuju Puncak dengan biaya Rp 35.000,- per orang. Kami kurang informasi sehingga harus memutar lewat Jonggol dan mengeluarkan biaya transportasi ke Gunung Kencana Bogor lebih besar.

Jika pendaki gunung dari Jakarta akan mendaki Gunung Kencana Bogor, sebaiknya naik angkutan kota (angkot) dari Terminal Kampung Rambutan menuju Ciawi. Lalu kamu bisa melanjutkan perjalanan dari Ciawi dengan naik angkot menuju Puncak dan turun di Kampung Arab/Tugu Puncak atau di Telaga Warna.

Gunung Kencana Bogor memiliki ketinggian 1803 mdpl. Karena tidak terlalu tinggi, banyak pendaki gunung khususnya dari Bogor, Jakarta, dan sekitarnya yang kerap mendaki gunung ini. Pemandangan kebun teh dan puncak Kencana yang indah menambah pesona Gunung Kencana.

Selain dari Terminal Kampung Rambutan, transportasi ke Gunung Kencana Bogor dari Jakarta atau sebaliknya transportasi dari Jakarta ke Gunung Kencana lebih murah dengan menggunakan kereta dan angkot. Menimbang soal lebih hemat ini, kami pun memilih angkot dan kereta ketika pulang dari Gunung Kencana ke Jakarta.

Kami naik angkot jurusan Cisarua-Sukasari dari Kampung Arab/Tugu Puncak dengan ongkos Rp 12.000/orang. Angkot ini berwarna biru.

Lalu kami naik angkot Sukasari-Bubulak untuk menuju Stasiun Bogor. Angkot ini berwarna hijau dan bernomor 02. Ongkos per orang Rp 5.000,-.

Dari Stasiun Bogor, kami naik kereta ke Stasiun Pondok Ranji. Kami membayar Rp 7.000,-/orang. Menurut kami biaya ini lebih murah dari pada kami harus menggunakan bus dari Puncak ke Terminal Kampung Rambutan, kemudian menyambung angkutan online atau bus ke Bintaro.

Kami membandingkan biaya yang kami keluarkan saat berangkat dan pulang mendaki Gunung Kencana Bogor. Menggunakan kereta dan angkot masih lebih murah dari pada kami harus menggunakan bus. Berikut perbandingan yang kami buat jika mendaki Gunung Kencana naik bus dengan naik kereta dan angkot:

Biaya Transportasi A

Angkutan online Bintaro-Cilandak Rp 40.000,-
Metromini Cilandak-Terminal Kampung Rambutan Rp 10.000,-
Bus Jakarta-Cianjur via Jonggol Rp 35.000,-
Bus Cianjur-Puncak Rp 35.000,-
Bus Puncak-Jakarta Rp 35.000,-
Angkutan online Kampung Rambutan-Bintaro Rp 84.000,-

Total biaya transportasi Rp 239.000,-

Biaya Transportasi B

Angkutan online Stasiun Pondok Ranji Rp 15.000,-
Kereta Stasiun Pondok Ranji-Bogor PP Rp 14.000,-
Angkot Stasiun Bogor-Sukasari PP Rp 10.000,-
Angkot Sukasari-Kampung Arab/Tugu Puncak PP Rp 24.000,-
Angkutan online Stasiun Pondok Ranji-Bintaro Rp 15.000,-

Total biaya transportasi Rp 78.000,-

Mohon dukungan Anda berupa SUBSCRIBE dan LIKE untuk channel kami Satutenda Channel :

ARTIKEL TERKAIT

Memotret Tebing Koja dari Sisi yang Berlawanan, Tak Kalah Keren Juga Lho!

Steve Elu

Informasi Sumber Air Bersih untuk Pendakian Gunung Gede Via Gunung Putri

Edeltrudizh

Gaya Foto di Puncak Gunung Ini Sering Dipilih Para Pendaki Gunung

Tiwie Pert