Gua Kristal dan Gua Uilabahan, Wisata Gua di Kupang Penuh Pesona

Wisata Gua di Kupang, Satutenda.com – Tak hanya Pantai Lasiana dan Air Terjun Oesapa, wisata gua di Kupang bisa dipilih oleh traveler. Dua gua alami di Kupang mempunyai pesona yang nggak kalah dengan wisata pantai dan air terjun.

Selama ini memang masyarakat setempat dan wisatawan lebih banyak mengunjungi tempat wisata pantai dan air terjun. Namun nggak ada salahnya kamu juga mengunjungi gua di Kupang.

# Gua Kristal

gua kristal kupang
(Foto: phinemo.com)

Gua Kristal terletak di daerah Bolok, Kecamatan Kupang Barat. Untuk mencapai tempat wisata di Kupang ini, traveler mesti menempuh jarak sekitar 20 Km dari Kota Kupang. Atau sekitar 30-45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Sebagai patokan, traveler bisa bertanya kepada masyarakat setempat letak Kantor Polisi Perairan (Polair), Bolok. Letak Gua Kristal tidak jauh dari kantor polisi tersebut. Wisatawan bisa bertanya kepada petugas di kantor polisi letak Gua Kristal dan menitipkan kendaraannya di sana.

Jarak gua dari pos polisi sekitar 50 meter. Namun traveler mesti jeli mencari pintu masuk Gua Kristal yang tak besar. Orang tidak akan menyangka pintu itu menjadi pintu masuk menuju gua.

Apabila kamu mengunjungi gua di Kupang ini, berhati-hatilah karena kondisi gua yang gelap dan licin. Jangan lupa membawa senter untuk penerangan.

Gua Kristal mempunyai kolam berukuran sekitar 30 meter kubik. Air di kolam ini berwarna biru. Traveler bisa berendam di kolam ini dan merasakan kesejukan air di sana.

Sebaiknya kamu mengunjungi Gua Kristal antara pukul 09.00-14.00 WITA. Karena matahari masih cerah dan kamu bisa melihat pesona air berwarna biru di kolam yang ada di Gua Kristal Kupang. Selain itu kondisi gua belum semakin gelap.

# Gua Uilabahan

gua uilabahan kupang
(Foto: instagram.com/nttadventure)

Gua di Kupang yang lain adalah Gua Uilabahan. Berada juga di daerah Bolok, Gua Uilabahan juga memiliki kolam dengan air yang jernih. Air itu terlihat berwarna biru tosca. Bedanya, mulut Gua Uilabahan lebih besar sehingga mudah ditemukan.

Selain pesona kolam biru tosca, gua ini mempesona karena stalaktit yang indah di atap-atap gua. Pengunjung bisa berfoto dengan latar stalaktit dan kolam kecil berwarna biru tosca itu.

Nah, kamu sekarang punya alternatif pilihan tempat wisata di Kupang semakin banyak neh. Tinggal kamu pilih mau mulai eksplore tempat wisata di Kupang yang mana. Bukan hanya Pantai Lasiana dan Air Terjun Oesapa, ada gua di Kupang yang siap dijelajah.

Bagikan Artikel Ini:
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Gua Kristal dan Gua Uilabahan, Wisata Gua di Kupang Penuh Pesona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by