Satutenda.com
Image default

Ini Daftar Gunung yang Dibuka dan Ditutup di Awal Tahun 2020

Daftar Gunung yang Dibuka dan Ditutup di Awal Tahun 2020, Satutenda.com – Kita baru saja memasuki tahun 2020, pasti ada teman-teman pendaki yang sudah bersiap-siap mau muncak di awal tahun nih.

Tapi, sebelum muncak, kamu harusnya cek terlebih dahulu informasi tentang gunung mana saja yang sedang tutup dan yang sudah dibuka.

Berikut ini adalah list umum tentang gunung-gunung yang dibuka di awal tahun 2020 :

Gunung Ciremai

Salah satu gunung yang dibuka pada awal tahun 2020 ini adalah gunung Ciremai. Berdasarkan informasi dari Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jalur Apui, Palutungan dan Linggasana sudah dibuka sejak 31 Desember 2019 kemarin.

Sedangkan jalur Linggarjati baru dibuka pada 2 Januari 2020. Informasi ini dirilis secara resmi di akun instagram Taman Nasional Gunung Ciremai, @gunung_ciremai.

Bagi yang mau tanya-tanya tentang kondisi jalur pendakian, silakan follow dan konfirmasi langsung melalui akun instagram mereka.

Gunung Sumbing

Selain gunung Ciremai, ada juga gunung Sumbing yang jalur pendakiannya dibuka mulai awal tahun 2020 ini.

Gunung Argopuro

Sudah pernah muncak ke gunung Argopuro? Jika belum, maka tahun 2020 kamu mesti mencobanya. Gunung Argopuro adalah salah satu gunung yang memiliki trek terpanjang – Kurang lebih 63 kilometer – di pulau Jawa.

Tapi, perlu diingat bahwa untuk mendaki gunung Argopuro kamu harus benar-benar mempersiapkan diri. Ini karena proses pendakian ke gunung tersebut memakan waktu berhari-hari baru bisa menggapai puncak.

Gunung Kencana

Gunung Kencana yang terletak di daerah Bogor ini bisa masuk dalam list pendakian kamu di awal tahun 2020.

Memang, gunung ini tidak terlalu tinggi. Hanya 1802 mdpl, tapi view gunung Kencana juga tak kalah menarik dari sejumlah gunung lainnya.

Keunggulan lainnya adalah, akses menuju basecamp yang cukup mudah. Biasanya untuk menghemat waktu, para pendaki sering menggunakan motor dari Jakarta hingga di parkiran, dekat basecamp gunung Kencana.

Gunung Andong

Di daerah Jawa Tengah, ada gunung Andong yang bisa disasar. Gunung dengan tingi 1731 mdpl ini cocok juga bagi pendaki pemula.

Nah, kamu yang mungkin punya resolusi mau mendaki gunung di tahun 2020 ini bisa memulai dari gunung Andong ini.

Cobalah gunung-gunung yang tingginya masih dibawah 2000 mdpl terlebih dahulu. Biasakan tubuhmu, barulah mencoba yang lebih tinggi.

Gunung Cikuray

Pada Oktober 2019 lalu, gunung Cikuray sempat mengalami kebakaran yang cukup parah. Tapi di awal tahun 2020 ini, gunung Cikuray sudah bisa dinikmati para pendaki.

Jalur gunung Cikuray ada 3, yakni jalur Cilawu, Cikajang dan Bayongbong. Teman-teman bisa memilih salah satu dari tiga jalur ini.

Kami sangat menyarankan kepada pendaki pemula untuk mempersiapkan fisik sebaik mungkin karena trek gunung Cikuray cukup terjal dan menguras tenaga. Jadi berhati-hatilah selalu.

Dan berikut ini adalah daftar gunung yang ditutup di awal tahun 2020 :

Gunung Sindoro via Kledung

Bagi kamu yang punya planning ke gunung Sindoro, sebaiknya ditunda dulu karena gunung Sindoro sedang ditutup.

Gunung Sindoro ditutup mulai 6 Januari 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Bagi yang mau tahu update informasi detailnya, silakan cek di akun instagram @sindorosumbingmountain.

Gunung Gede dan Pangrango

Gunung Gede dan Pangrango tergolong gunung sejuta umat. Artinya, dua gunung ini paling banyak diminati para pendaki.

Tapi sayang sekali, awal tahun ini hingga Maret 2020, gunung Gede dan Pangrango ditutup karena tim pengelola Taman Nasional Gede Pangrango akan melakukan pemulihan ekosistem.

Gunung Salak

Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak baru saja mengeluarkan informasi tentang penutupan jalur pendakian ke gunung Salak. Bukan saja gunung Salak, tapi juga objek wisata Kawah Ratu.

Mulai akhir Desember 2019 kemarin, gunung Salak sudah ditutup dengan alasan utama, buruknya cuaca yang membahayakan nyawa para pengunjung.

Gunung Semeru

Jalur pendakian ke gunung Semeru memang sudah cukup lama ditutup akibat longsor.

Dari informasi yang dibagikan di akun @tnbromotenggersemeru, jalur pendakian ke gunung Semeru masih harus dibenahi karena banyak pohon tumbang yang menghalangi jalan.

Jadwal buka gunung Semeru/Mahameru ini belum dipastikan, jadi bersabarlah teman-teman.

Gunung Merapi

Seperti yang kita ketahui, gunung Merapi saat ini berada dalam status waspada. Otomatis aktivitas pendakian pun tidak diperbolehkan. Dan belum dipastikan kapan akan dibuka.

So, teman-teman yang punya agenda ke gunung Merapi harap untuk ditunda dulu. Masih ada gunung lain yang bisa dipilih sebagai pendakian awal tahun.

Gunung Merbabu

Sejak Agustus 2019, gunung Merbabu memang sudah ditutup karena mengalami kebakaran. Selain itu, longsor juga jadi salah satu alasan utama pihak pengelola gunung Merbabu mengambil tindakan ini.

Gunung Prau

Seperti Gede dan Pangrango, gunung Prau juga dijuluki gunung sejuta umat. Hampir setiap hari, gunung ini selalu dipadati pendaki.

Tapi, untuk 3 bulan ke depan, gunung Prau belum bisa dikunjungi. Mulai 5 Januari, gunung Prau akan ditutup dan akan kembali dibuka pada 5 April 2020.

Antisipasi cuaca buruk, reboisasi dan perbaikan jalur adalah tiga alasan utama semua jalur gunung Prau ditutup.

Selain beberapa gunung yang sudah kami jelaskan di atas, ada juga gunung Bismo, gunung Lawu dan gunung Rinjani yang juga ditutup.

Baca Juga : Kaleidoskop Satutenda.com Sepanjang Tahun 2019

ARTIKEL TERKAIT:

Empat Gunung Favorit di Jawa Tengah Ini Tutup Sementara

Tiwie Pert

Miris! Praktik Calo SIMAKSI Gunung Gede – Pangrango Masih Terjadi Meski Sudah Ada Aturan Online

Admin

Suka Naik Gunung? Ini Tips Aman Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Edeltrudizh
Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by