Ini 8 Tipe Pendaki Gunung yang Perlu Kamu Ketahui. Kamu yang Mana?

Tipe Pendaki Gunung, Satutenda.com – 8 tipe pendaki gunung ini sebaiknya kamu ketahui jika kamu hobi mendaki gunung. Kira-kira kamu termasuk tipe pendaki gunung yang mana ya? Yuk, mari menyimak.

1. Pendaki Nubie

Tipe pendaki yang ini dialamatkan kepada mereka yang baru pertama kali mendaki. Pendaki nubie biasanya akan mencari informasi dan bertanya tentang dunia pendakian, gunung yang akan didaki, dan perlengkapan apa aja yang mesti dibawa.

Biasanya mereka resah, khawatir yang berlebihan dan tak henti-hentinya berdoa untuk keselamatan mereka selama proses pendakian. Mereka juga sering diliputi rasa takut soal hal-hal mistis. Sisi baik dari pendaki nubie adalah mereka sangat patuh pada aturan yang berlaku.

2. Pendaki Si Kaki Besi

Dari namanya kamu bisa membayangkan seperti apa tipe pendaki ini kan? Yups, pendaki si kaki besi adalah pendaki yang mempunyai fisik tangguh dan di atas rata-rata. Salah satu ciri tipe pendaki ini bisa dilihat dari carrier yang dia bawa. Biasanya carriernya menjulang tinggi. Pendaki si kaki besi ini akan berjalan cepat saat mendaki, bahkan di jalur-jalur ekstrim seperti tanjakan curam, dia dengan semangat terus melangkah.

Buat pendaki nubie mesti siap-siap jika ketemu tipe pendaki gunung ini. Dia bukan tipe pendaki yang sering istirahat.

3. Pendaki Pecinta Alam

Pendaki gunung biasanya diidentikan dengan pecinta alam. Padahal belum tentu pendaki gunung itu pecinta alam lho, begitu juga sebaliknya. Pendaki pecinta alam diberikan kepada pendaki yang senang mendaki gunung karena mereka mencintai alam, bukan untuk mengejar puncak atau memperbanyak stok foto di gunung.

Mereka mendaki karena mereka ingin menjaga alam seperti dengan menanam pohon, mengumpulkan dan membawa sampah turun dari atas gunung. Mereka yang masuk tipe pendaki ini biasanya mereka yang sudah banyak makan asam garam dunia pendakian.

4. Pendaki Asap

Nah, kalau tipe pendaki asap ini bisa kamu tandai dengan asap yang ada di sekitarnya. Dimana ada dia, pasti ada asap. Pendaki asap yang dimaksud adalah mereka yang mendaki tanpa bisa jauh dari merokok.

Bagi tipe pendaki gunung ini, merokok menjadi hal wajib untuk menikmati pemandangan di atas gunung. Selain itu, merokok menjadi kekuatan mereka selama mendaki. Kamu termasuk dalam tipe pendaki gunung ini nggak ya?

5. Pendaki Fotografer

Salah satu ciri khas pendaki ini adalah kamera yang tidak pernah jauh dari jangkauannya atau tergantung di lehernya. Ia tidak akan melewatkan setiap momen atau objek yang menurutnya menarik selama pendakian gunung.

Kalau dalam rombongamu ada tipe pendaki gunung ini siap-siap kamu dan teman-temanmu jadi sasaran empuk jepretan kameranya. Jangan kaget juga kalau pendaki gunung ini tiba-tiba hilang atau terpisah dari rombongan untuk mengejar objek foto.

Sebenarnya sah-sah saja mengabadikan momen di gunung, tapi tidak semua hal juga mesti dipotret. Dan jangan sampai mengorbankan keselamatan diri demi mendapat objek foto.

6. Pendaki Model

Kalau tipe pendaki gunung model ini kebalikan dari pendaki fotografer. Kalau yang satu gemar memotret, pendaki ini senang sekali menjadi objek foto alias senang dipotret.

Pendaki gunung ini nggak mau kehilangan momen. Di setiap tempat, bisa jadi ia akan berteriak “Tolong fotoin gue/aku dong!” Dia adalah pendaki yang punya segudang gaya, apalagi kalau sampai puncak gunung, dijamin dia orang paling sibuk untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lain dengan foto bermacam-macam pose.

7. Pendaki Borjuis

Kamu pernah dengar istilah borjuis? Biasanya istilah ini melekat bagi mereka yang punya kekayaan atau berduit banyak. Nah, pendaki borjuis juga seperti itu. Pendaki ini punya dompet tebal, mungkin bisa bayarin porter untuk gendong carrier dan gendong dirinya sampai puncak dan turun gunung hehehe.

Pendaki ini biasanya menggunakan barang-barang bermerk dengan harga selangit. Kalau mendaki gunung, makanan yang dibawa juga makanan berkelas gaes. Mie instan sepertinya nggak masuk menu makanan mereka.

8. Pendaki Hemat

Kebalikan dari pendaki borjuis, pendaki hemat adalah tipe pendaki gunung dengan dompet tipis. Mereka biasanya akan menghemat segala pengeluaran untuk naik gunung. Kalau misal ada barang-barang yang dibutuhkan dan bisa pinjam, mereka akan meminjamnya karena bisa mengurangi pengeluaran. Mereka juga akan memperhitungkan dengan teliti pengeluaran untuk naik gunung. Kamu masuk tipe pendaki ini bukan?

Itulah sejumlah tipe pendaki gunung yang perlu kamu ketahui. Kamu termasuk tipe pendaki yang mana?

Bagikan Artikel Ini:
  • 168
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *