Ini Empat Gunung yang Punya Danau Di Atasnya. Boleh Mandi Nggak Sih? (Part 1)

Gunung yang Punya Danau Di Atasnya, Satutenda.com – Kamu pernah mendaki gunung? Kalau sudah pernah, tahukah kamu gunung dengan pemandangan indah dan bonus pemandangan danau yang tak boleh dilewatkan? Yups, para pendaki bisa mendapat bonus menikmati gunung yang punya danau di atasnya ketika mendaki.

Danau di atas gunung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Bahkan ada yang mengatakan danau di atas gunung ini menjadi salah satu surga tersembunyi yang banyak dicari dan dinanti para pendaki.

Di Indonesiam, ada beberapa gunung yang punya danau di atasnya. Wow danau di atas gunung, dimana aja ya? Yuks, kita intip.

# Gunung Semeru

Gunung yang punya danau di atasnya
Pemandangan eksotis di Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. (Foto: wisataku.id)

Bagi kamu yang mengaku pendaki gunung pasti sudah sangat hafal dengan gunung yang satu ini. Gunung Semeru atau Gunung Meru merupakan gunung yang terletak di Jawa Timur. Ini adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, 3676 mdpl.

Kalau kamu mendaki Gunung Semeru, jangan lupa singgah di danau yang ada di atasnya. Ranu Kumbolo, surga tersembunyi yang berada di ketinggian 2.469 mdpl. Ranu Kumbolo menjadi tempat favorit pendaki untuk menginap jika mendaki Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini.

Kira-kira boleh nggak ya mandi di danau ini? Dulu pernah ada pendaki yang mandi di Ranu Kumbolo. Namun sekarang sudah tidak boleh. Ada larangan mandi, berenang di danau tersebut, juga sederet larangan lain seperti buang air kecil dan besar di dabau dan membuang sampah di danau. Ini tentu dengan tujuan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Ayo, kalahkan godaan untuk nyebur di Ranu Kumbolo ya guys.

Selain Ranu Kumbolo, Gunung Semeru juga mempunyai danau indah lain yakni Ranu Pani dan Ranu Regulo. Letak kedua tempat ini berdekatan dan pemandangan di sana nggak kalah eksotis dengan Ranu Kumbolo.

# Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Danau Segara Anakan Rinjani di Lombok, NTB. (Foto: goodnewsfromindonesia.id)

Kalau Gunung Semeru punya tiga danau indah di atasnya, Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini pun terkenal dengan danau eksotis yang membuat jatuh hati. Danau Segara Anak Rinjani, demikian nama danau yang sudah tak asing di telinga pendaki atau masyarakat umum.

Danau ini berada di ketinggian 2.008 mdpl, tepatnya di Desa Sembalun Lawang. Sampai sekarang danau ini masih menjadi primadona di kalangan pendaki, baik dari dalam maupun luar negeri. Danau Segara Anak Rinjani pernah menjadi gambar di uang kertas 10 ribu rupiah yang lama.

# Gunung Kerinci

Gunung yang punya danau di atasnya
Danau Tujuh Kerinci, Sumatera Barat. (Foto: jejakalam.net)

Bukan hanya di Pulau Jawa dan Lombok, Pulau Sumatra juga terdapat gunung yang punya danau di atasnya. Kamu yang pernah mendaki Gunung Kerinci di Sumatera Barat pasti sudah tahu ya.

Danau di atas gunung tertinggi di Sumatera ini dinamakan Danau Gunung Tujuh. Ini lantaran danau itu terletak di Gunung Tujuh Kerinci. Letak danau ini berada di ketinggian sekitar 1.983 mdpl.

# Gunung Bawakaraeng

Gunung Kerinci
Danau Tanralili di Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan. (Foto: driveinworld.club)

Nah, kalau Gunung Bawakaraeng atau Bulu’ Bawakaraeng ini terletak di Gowa Makassar, Sulawesi Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian 2.845 mdpl.

Gunung Bawakaraeng merupakan gunung yang punya danau di atasnya. Keberadaan danau ini karena peristiwa longsor yang terjadi tahun 2004. Kelongsoran Gunung Bawa karaeng menyebabkan munculnya danau yang bernama Danau Tanralili. Berada di ketinggian 1.454 mdpl, danau ini menjadi tempat favorit untuk camping bagi pendaki.

Itulah gunung di Indonesia yang memiliki danau di atasnya. Ingat, nggak boleh mandi di danau-danau itu ya guys. Selain empat gunung itu, gunung mana lagi yang juga punya danau eksotis di atasnya? Tunggu tulisan berikutnya guys.

Bagikan Artikel Ini:
  • 9
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *