Ini Sejumlah Gunung di Jawa Tengah untuk Pendakian Akhir Tahun Kamu

Pendakian Akhir Tahun, Satutenda.com – Sebentar lagi, tahun 2017 yang kita jalani sekarang berlalu. Bagi seorang pendaki gunung, sudah jadi cerita lumrah untuk menutup tahun dengan sebuah agenda pendakian akhir tahun.

Nah untuk kebutuhan itu, kamu pasti butuh gunung yang bisa jadi referensi untuk dijadikan kenangan manis di penghujung tahun 2017 ini. Siapa tahu, pendakian ini bakal jadi pendakian ‘termanis’ yang bakal kamu kenang sepanjang hayat, lantaran dapat gebetan baru.

Di sini Satutenda.com mencoba untuk membagikan informasi seputar gunung-gunung di Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan opsi untuk melakukan pendakian akhir tahun.

Ada dua alasan yang harus kamu tahu mengapa kamu sebaiknya memilih di antara gunung-gunung ini untuk perjalanan akhir tahun.

Pertama, karena gunung-gunung ini sering didaki oleh banyak orang jelang penutupan tahun. Jadi kamu tak perlu takut karena bakal jalan sendiri atau bisa tersesat karena tak tahu jalur pendakian. Kan banyak pendaki lain yang bisa kamu jadikan teman seperjalanan.

Bonusnya, dan ini yang ditunggu-tunggu kaum jomblo, siapa tahu dari teman seperjalanan di gunung bisa berlanjut ke teman seperjalanan dalam hidup. Itu kisah yang bakal tak lunas kamu ceritakan ke anak cucumu.

Kedua, gunung-gunung yang kami referensikan ini adalah gunung-gunung yang paling instagramable. Artinya, gunung-gunung ini menghadirkan pemandangan yang berdeda dan unik, yang bisa kamu abadikan untuk kamu publikasikan di instagram.

Jadi, inilah sejumlah gunung yang bisa kamu pilih karena paling instagramable untuk pendakian akhir tahun kamu.

# Gunung Merapi

Pasar Bubrah Gunung Merapi
Pasar Bubrah Gunung Merapi (Foto: Instagram.com)

Setelah meletus dua kali, 2007 dan 2010, Gunung Merapi menghadirkan keindahan yang berbeda dari gunung-gunung lain yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Setelah melewati batas vegetasi, jalur pendakian hanya akan terdiri dari batu-batu yang merupakan material vulkanik. Di sinilah kamu bisa jadikan spot untuk mengabidakan perjalananmu. Sebab kombinasi antara warna setara (material vulkanik) dengan warna baju, celana, atau carrier yang kamu gunakan bakal menghadirkan foto yang unik.

Belum lagi kalau kamu sampai di Pasar Bubrah, tempat yang biasa dijadikan area untuk bermalam para pendaki. Lokasi ini berada di bawah puncak Merapi sehingga ketika subuh kamu bisa langsung ke puncak Merapi.

Untuk mendaki Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.930 mdpl, kamu bisa menggunakan jalur Selo, Boyolali. Jalur ini sudah biasa jadi pilihan bagi para pendaki, khususnya setelah erupsi.

# Gunung Merbabu

Sabana Gunung Merbabu
Sabana Gunung Merbabu (Foto: backpackerjakarta.com)

Yang paling terkenal dari Gunung Merbabu adalah padang savana/sabana yang sangat luas dan cocok buat foto-foto. Bagi para pendaki, menutup tahun dan mengawali tahun dengan pemandangan savana di Gunung Merbabu selalu menyenangkan.

Gunung dengan ketinggian 3.142 mdpl ini punya dua padang savana atau sabana, yang dikenal dengan nama Savana 1 dan Savana 2. Selain padang rumput yang membentang, tumbuhan bunga edelweis juga makin melengkapi uniknya pemandangan di savana Gunung Merbabu ini.

Pendakian Gungun Merbabu bisa dilakukan melalui jalur Selo, Wekas, Kopeng, dan Swanting. Namun, di kalangan para pendaki, jalur Selo adalah yang paling populer. Sementara jalur Wekas adalah jalur tercepat untuk sampai ke Puncak Merbabu.

# Gunung Slamet

Puncak Gunung Slamet, Ketinggian Gunung Slamet, Jalur Pendakian Gungun Slamet
Puncak Gunung Slamet (Foto: Cristopher Tersy)

Gunung Slamet juga merupakan salah satu gunung yang bisa jadi pilihan kamu untuk melakukan pendakian akhir tahun. Gunung dengan ketinggilan 3.428 mdpl bisa didaki dari beberapa jalur yaitu Bambangan, Baturaden, Kaliwadas, Dukuhliwung, Guci, dan Kaligua.

Jalur pendakian paling banyak dipilih oleh para pendaki adalah jalur Bambangan. Meski jalur ini terkenal cukup panjang, namun bila dibanding dengan jalur-jalur lain, jalur inilah yang paling bersahabat. Apalagi kalau kamu adalah pendaki pemula.

Selain tiga gunung ini, masih ada sejumlah gunung di Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melakukan pendakian akhir tahun. Apapun gunungnya, yang terpenting adalah menciptakan momen akhir tahun yang paling manis.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Ini Sejumlah Gunung di Jawa Tengah untuk Pendakian Akhir Tahun Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by