Ada yang Baru di Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri?

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri, Satutenda.com – Untuk kedua kalinya saya dan tim Satutenda.com nanjak ke Gede via Putri. Kali lalu, kami mendaki bulan Juni 2018, tahun ini, kami mendaki Mei 2019.

Satu tahun berlalu, ada yang baru di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri. Apakah itu?

Tahun lalu, kami mendapati sampah yang bertumpuk terutama di Pos 3 dan pintu masuk Alun-alun Suryakencana atau Surken. Sementara dalam pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri 2019 ini, sampah relatif sedikit.

Ehm… mungkin karena sampah udah dibersihkan pas penutupan jalur Gede Pangrango awal tahun 2019 ya. Gunung Gede Pangrango sempat ditutup pada 1 Januari-31 Maret 2019.

Setiap pendaki semestinya punya kesadaran untuk nggak buang sampah di sepanjang jalur pendakian dan di gunung. Kenapa begitu?

Coba bayangkan kalau semua pendaki dengan seenaknya buang sampah di gunung? Bisa-bisa gunung berubah jadi tempat pembuangan akhir. Ngeri!

Orang ingin mencari udara segar dan suasana nyaman di gunung, eh malah menghirup bau sampah.

tempat ngecamp di gunung gede pangrango via gunung putri
Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri (foto: Satutenda.com)

Tanggung jawab menjaga kebersihan dan kelestarian gunung bukan hanya di pundak pengelola. Tapi semua orang, semua yang mendaki gunung. Ya… di pundak kita-kita ini.

Kalau mendaki gunung hanya ngikutin tren dan nggak mau bawa sampah turun mending di rumah aja deh. Nggak usah mendaki gunung.

BACA: Pengalaman Pertama Mendaki Gunung Lintas Jalur Gunung Gede – Pangrango 2019

Upaya pembersihan dan pelestarian secara berkala yang dilakukan pihak pengelola dengan relawan nggak akan membuahkan hasil, kalau masih banyak pendaki yang dengan ringan tangan buang sampah sembarangan.

Apalagi kalau sampah yang dibuang di gunung itu sampah plastik, tisu basah, dan sampah yang sulit terurai.

Selain sampah yang relatif sedikit, hal baru lain di jalur pendakian via Gunung Putri ini adalah alternatif tempat ngecamp. Buat pendaki yang kelelahan sebelum Surken nggak usah bingung nggak ada tempat ngecamp di Gunung Gede via Gunung Putri.

jalur pendakian gunung gede pangrango via gunung putri
Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri (foto: @Satutendacom)

Bila lelah sudah terlampau membebani langkahmu, nggak apa istirahat dan mendirikan tenda. Pendaki bisa mendirikan tenda di area sebelum Pos Bayangan antara Pos 3 dan Pos 4.

Di sana ada area datar nggak terlalu luas yang bisa digunakan untuk mendirikan 3-4 tenda. Ketika saya dan tim Satutenda.com mendaki, ada satu tenda dengan 3 pendaki yang ngecamp di area ini.

Atau pendaki juga bisa ngecamp di Pos Bayangan sebelum Pos 4 Simpang Maleber. Di sana ada area cukup luas dengan pepohonan di sekelilingnya.

Itulah hal baru di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Gung Putri. Pendaki punya beberapa pilihan tempat mendirikan tenda selain di Alun-alun Suryakencana dan area bebas sampah.

Kalau udah ngecamp, jangan lupa saat turun bawa sampahmu ya biar gunung kita tetap bersih dan lestari. Jangan tinggalkan sampahmu di gunung!

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by