Jelajah Pulau Tak Berpenghuni, Pulau Kenawa di Sumbawa, NTB

Jelajah Pulau Tak Berpenghuni, Pulau Kenawa di Sumbawa, NTB, Satutenda.com – Kalau sebelumnya kami pernah mengulas mengenai Pulau Kanawa, kali ini kami akan membahas seputar Pulau Kenawa. Masih ingat nggak dimana letak Pulau Kanawa?

[Baca juga: Menjelajah Pulau Kanawa Labuan Bajo, Pintu Gerbang Menuju Pulau Komodo NTT]

Pulau Kenawa terletak di antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Meski kecil, pulau ini punya keindahan luar biasa. Pulau ini juga memiliki keunikan yakni pulau yang tidak berpenghuni.

Orang kadang menyamakan nama Pulau Kenawa dan Pulau Kanawa. Padalah itu adalah nama dua pulau. Pulau Kenawa di Sumbawa, NTB sedang Pulau Kanawa ada di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, NTT.

Memiliki luas sekitar 13 hektar, Pulau Kenawa mempunyai pemandangan alam yang indah. Untuk mengunjungi Pulau Kenawa, kamu bisa menuju Bali atau Lombok. Jika dari Bali ke Lombok, kamu bisa menggunakan kapal fery dari Pelabuhan Padang Bai. Atau kamu bisa langsung naik pesawat ke Bandara Internasional Lombok.

Dari Lombok, traveler bisa menggunakan bus dari Terminal Mandalika Lombok menuju Pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Lalu kamu mesti naik kapal fery menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa selama sekitar 1-2 jam.

Untuk menuju Pulau Kenawa, kamu harus menyewa kapal nelayan. Biaya sewa ini sekitar 200 ribu hingga 350 ribu. Kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20-30 menit.

pulau tak berpenghuni di NTB
(Foto: youtube.com/julian yang)

Pulau Kenawa belum memiliki fasilitas penginapan dan lain-lain sehingga bagi kamu yang ingin datang ke sana, kamu mesti mempersiapkan segala sesuatu. Kamu bisa menginap di Pulau Kenawa dengan membawa peralatan camping. Kamu juga mesti membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

Eh ingat ya nggak boleh meninggalkan sampah di pulau ini. Kamu harus tetap menjaga kebersihan pulau. Bawalah kantong sampah untuk menyimpan sampahmu. Dan nanti saat pulang, kantong sampah itu kamu bawa untuk dibuang.

Di Pulau Kenawa, pengunjung bisa menikmati perbukitan, hamparan padang savana dan birunya air laut. Selain berkemah di Pualu Kenawa, kamu juga bisa berenang di pantai dan melakukan snorkeling. Peralatan snorkeling bisa kamu sewa di sekitar Kota Mataram, Lombok.

Kamu juga bisa mengelilingi pulau ini, berjalan di antara ilalang dan rumput hijau dan mendaki bukit kecil yang terketak di tengah pulau. Dari atas bukit itu, kamu bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam.

Kamu juga bisa melihat Gunung Rinjani dari kejauhan. Pada malam hari, tempat ini juga cocok untuk menikmati bintang-bintang. Yakin kamu nggak ingin ke sana?

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *