Update! Ini Kondisi Gunung Kencana Bogor, Gunung Hits di Jawa Barat

Kondisi Terkini Gunung Kencana Bogor, Satutenda.com – Gunung apa yang lagi hits atau viral di Bogor, Jawa Barat? Gunung Kencana Bogor, salah satunya. Seperti apa kondisi terkini Gunung Kencana Bogor?

Belakangan ini banyak pendaki yang memilih gunung yang berada di daerah Tugu Puncak ini sebagai tujuan pendakian. Gunung ini memiliki ketinggian di bawah 3000 Mdpl.

Gunung Kencana Bogor juga mempunyai pesona tersendiri bagi para pendaki. Dengan ketinggian 1803 Mdpl, pendaki membutuhkan sekitar 45 menit-1 jam untuk mencapai puncak Gunung Kencana.

Pemandangan menuju dan di puncak Gunung Kencana nggak kalah dengan gunung di Jawa Barat yang lain. Hamparan hijau kebun teh memanjakan mata pendaki sebelum sampai basecamp.

Sementara di puncak, pendaki bisa menikmati sunrise dan sunset Gunung Kencana. Pemandangan indah ini ditambah dengan latar Gunung Gede Pangrango, Gunung Cikuray, Gunung Ciremai, Gunung Salak di kejauhan.

Pendaki juga bisa menikmati indahnya pemandangan malam Kota Bogor dan sekitarnya dari ketinggian. Dan bila beruntung, bisa melihat langit dengan kerlap-kerlip bintang.

Lokasi Gunung Kencana juga terjangkau bagi pendaki dari sekitar Bogor. Juga pendaki dari Jakarta dan sekitarnya.

sunrise gunung kencana bogor
(foto: satutenda.com)

Banyaknya pendaki yang mendaki Gunung Kencana membuat pengelola melakukan pembenahan fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana.

Baca: Fasilitas SIMAKSI Gunung Kencana Makin Bagus, Tanda Uang SIMAKSI Para Pendaki Tepat Sasar

Namun efek sampah di Gunung Kencana tak terhindarkan. Kondisi terkini Gunung Kencana, sampah tisu dan sampah plastik nampak bertebaran di puncak.

Pendaki dengan enteng membuang tisu basah atau tisu kering setelah menggunakannya. Mereka juga meninggalkan sampah di puncak.

Meski memang ada juga pendaki yang membawa sampah turun. Bahkan mereka rela mengambil dan membawa sampah yang ditinggalkan pendaki lain.

Kesadaran untuk membawa sampah turun, minimal sampah pribadi atau rombongannya mesti dimiliki setiap pendaki atau orang yang ingin mendaki gunung. Ini demi kelestarian dan kebersihan gunung dan alam serta demi kenyamanan bersama.

Sampah seperti tisu basah dan plastik merupakan sampah yang sulit terurai. Jangan tinggalkan sampah di gunung.

Di samping sampah plastik dan tisu yang bertebaran, kondisi terkini puncak Gunung Kencana semakin menyempit. Ini terjadi karena longsor di puncak. Bila hal ini tidak segera diatasi, beberapa waktu ke depan puncak Kencana bisa “habis” akibat longsor.

Buat kawan-kawan yang mendaki Gunung Kencana harus berhati-hati ketika di puncak. Jangan melewati batas tali yang dipasang pengelola.

Pun jangan lupa bawa sampah turun. Lebih baik lagi jika kamu mau membersihkan sampah di sekitarmu.

Bulan Ramadhan ini Gunung Kencana tetap buka kawans. Selamat mendaki Gunung Kencana, Salam Lestari. Salam Satutenda.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Update! Ini Kondisi Gunung Kencana Bogor, Gunung Hits di Jawa Barat

  1. Mampir gan di blog ane yah : tentangprodukgoogle .blogspot .com …terimakasih bnyak sbelumnya.. Salam satu saudara..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *