Mau Ke Pulau Seribu, Ini Tiga Pulau Paling Diminati Warga Jakarta

Pulau Seribu, Satutenda.com – Kepulauan Seribu mempunyai jajaran pulau yang menyimpan banyak cerita. Ada tiga pulau di Pulau Seribu yang paling diminati warga Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Ungkapan sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui sangat pas dengan perjalanan menuju Pulau Seribu ini. Sekali mendayung, tiga pulau: Kelor, Onrust, dan Cipir bisa dicapai. Wisata ke tiga pulau ini paling banyak diminati warga Jakarta karena jarak tempuhnya yang relatif dekat dan biaya yang relatif murah. Biasanya wisata ini dijadikan satu paket. Wisata seperti apa yang bisa dinikmati di Pulau Seribu ini?

# Pulau Kelor

Pulau Seribu
Benteng Martello, benteng peninggalan VOC di Pulau Kelor. (Foto: instagram.com/satutendacom)

Pulai ini dikenal juga dengan nama Pulau Kerkhof. Di Pulau Kelor atau Pulau Kerkhof terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan sebuah benteng yang bangun oleh VOC.

Benteng Martello, demikian nama benteng yang dibangun oleh VOC untuk menghadapi serangan Portugis pada abad 17 ini. Benteng ini juga merupakan benteng pertahanan laut Kota Batavia atau Jakarta untuk menahan serangan Inggris dan Spanyol.

Wisatawan bisa melihat kokohnya Benteng Martello dan berfoto dengan latar benteng atau berfoto di bagian dalam benteng. Benteng berbentuk melingkar ini dibangun dari batu bata merah.

Pulau Seribu
Warga Jakarta berlibur di Pulau Kelor atau Pulau Kerkhof. (Foto: instagram.com/satutenda.com)

Selain benteng, di Pulau Kelor juga terdapat makam pejuang dan tahanan politik yang wafat karena melakukan pemberontakan terhadap Belanda.

Di jajaran Pulau Seribu ini, wisatawan bisa juga menikamti pasir putih dan air laut yang jernih. Wisatawan bisa juga mengambil foto di beberapa spot menarik. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan dapat menumpang kapal dari Muara Kamal. Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit untuk tiba di Pulau Kelor.

# Pulau Onrust
Tahun 1972, Pulau Onrust dan tiga pulau lain: Kelor, Cipir, dan Bidadari masuk ke dalam bagian Taman Arkeologi Onrust. Hal ini tetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, Ali Sadikin.

Pulau Onrust berjarak sekitar 10-15 menit dari Pulau Kelor. Di sana, wisatawan bisa melihat reruntuhan bangunan yang pernah menjadi tempat karantina haji. Pulau Onrust menjadi pusat karantina haji pada 1911-1933.

Pulau Onrust
Susasan si Pulau Onrust. (Foto: instagram.com/jepretkaks)

Selain itu, warga Jakarta bisa mengunjungi museum arkeologi, melihat kompleks pemakaman, mengunjungi penjara yang gerbangnya dikunci. Untuk mengunjungi penjara, wisatawan mesti bersama petugas. Konon ada serdadu Jerman yang pernah berada di sana pada masa pemerintahan Adolf Hitler. Awak kapal Tujuh Provinsi atau De Zeven Provincien, yang memberontak tahun 1933 pernah dipenjarakan di sana juga.

Pulau Onrust menyinpan kisah sejarah dan peninggalan masa lalu yang menarik untuk dikulik lebih dalam. Tahun 1823-1833, pulau ini pernah menjadi pangkalan armada laut Belana. Pulau ini pernah hancur akibat meletusnya Gunung Krakatau pada 1883. Ternyata pulau ini juga pernah digunakan untuk menawan para tawanan politik dan kriminal pada 1933-1949.

# Pulau Cipir
Setelah menikmati keindahan Pulau Kelor dan Onrust, kita akan menikmati pesona Pulau Cipir. Jarak pulau ini dengan Pulau Onrust pun relatif dekat, 10-15 menit dengan kapal.

Pulau Kelor
Reruntuhan bangunan di Pulau Cipir. (Foto: instagram.com/jepretkaks)

Di pulau ini kita bisa melihat reruntuhan rumah sakit yang dulu pernah berdiri di sana pada 1911-1933. Bekas kamar mandi, WC, barak masih bisa kita jumpai. Di sana wisatawan juga bisa melihat bangunan stasiun cuaca dan meriam besar di dekat dermaga pulau.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang memilih wisata tiga pulau di Kepulauan Seribu ini, bisa menikmati senja di Pulau Cipir.

Nah, itulah tiga pulau paling diminati warga ibukota di Pulau Seribu. Selain bisa menikmati keindahan pantai da laut, wisatawan bisa menikmati wisata sejarah di sana. Apakah kamu berminat merengkuh dayung dan melampaui tiga pulai tersebut?

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Mau Ke Pulau Seribu, Ini Tiga Pulau Paling Diminati Warga Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *