Mau Lihat Bunga Edelweis di Alun-alun Surya Kencana Mekar? Enaknya Mendaki Di Bulan …

Bunga Edelweis di Alun-alun Surya Kencana, Satutenda.com – Buat kamu, pendaki gunung pasti sudah nggak asing dengan bunga ini. Kamu bisa melihat cantiknya bunga edelweis di Alun-alun Surya Kencana, Gunung Gede.

Alun-alun Surya Kencana atau Surken ini kerap dipilih pendaki gunung yang mau menikmati indahnya bunga edelweis di Jawa Barat. Untuk pergi ke Alun-alun Surya Kencana, biasanya pendaki gunung akan memilih jalur pendakian via Gunung Putri.

Alun-alun Surya Kencana merupakan dataran yang berada di ketinggian 2.750 mdpl yang dikelilingi hutan. Dataran ini memiliki luas sekitar 50 hektare.

Alun-alun Surya Kencana berada di sebelah timur puncak Gunung Gede. Di tempat ini terdapat padang rumput dan hamparan edelweis.

Kalau mau lihat bunga edelweis di Alun-alung Surya Kencana enaknya nanjak sekitar bulan April-September. Bunga abadi ini lagi mekar. Itulah waktu yang tepat buat kamu yang ingin melihat cantiknya bunga edelweis. Tapi ingat, nggak boleh dipetik atau dicabut ya. Kamu cukup mengabadikannya dengan mata atau kamera.

bunga edelweis di Alun-alun Surya Kencana

(Foto: instagram.com/jepretkaks)

Bunga dengan nama latin Anaphalis Javanica ini masuk ke dalam bunga yang dilindungi. Salah satu alasannya karena bunga ini memiliki kemampuan menahan hempasan air hujan sehingga berguna mencegah erosi di lereng gunung.

Memetik atau mencabut bunga edelweis bisa terancam hukuman sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Pendaki gunung yang melanggar larangan ini juga tidak diperbolehkan naik gunung. Jadi, mari kita jaga dan lestarikan bunga ini.

Ketika bulan-bulan edelweis mekar, pendaki gunung biasanya sengaja mendaki Gunung Gede via Gunung Putri untuk sampai di Alun-alun Surya Kencana. Mereka sengaja mendaki untuk menikmati keindahan dan cantiknya bunga edelweis di Alun-alun Surya Kencana.

Ada satu tempat lagi di Gunung Gede yang juga memiliki hamparan edelweis indah, yakni Lembah Mandalawangi. Bagi pendaki gunung yang ingin menikmati indahnya bunga edelweis di Gunung Gede, bisa memilih ke Alun-alun Surya Kencana atau Lembah Mandalawangi.

Ayo segera agendakan pendakian ke Gunung Gede, mumpung bunga edelweis masih mekar neh. Buruan cek kuota pendakian Gunung Gede Pangrango, kawans.

Bagikan Artikel Ini:
  • 133
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *