Mau Rayakan Sumpah Pemuda di Gunung? 5 Gunung Di Jawa Ini Bisa Dipilih

Rayakan Sumpah Pemuda di Gunung, Satutenda.com – Perayaan Sumpah Pemuda sebentar lagi tiba. Ini menjadi salah satu momen yang ditunggu para pendaki untuk merayakannya di gunung favorit mereka.

Kamu sudah punya rencana mau merayakan Sumpah Pemuda di gunung mana, kawan? Tinggal menghitung hari lho. Ada beberapa gunung yang banyak dipilih pendaki untuk merayakan Sumpah Pemuda di gunung, seperti 5 gunung di Jawa ini:

# Gunung Ciremai

sumpah pemuda di gunung ciremai
(Foto: instagram.com/edeltrudizh)

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan pendaki gunung, terutama pendaki gunung di Jawa Barat dan sekitarnya. Memiliki ketinggian 3078 Mdpl, Gunung Ciremai memiliki pesona yang menarik pendaki untuk merayakan Sumpah Pemuda di gunung.

Secara administratif, Gunung Ciremai berada di dua kabupaten: Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Ada 3 jalur pendakian Gunung Ciremai yang bisa dipilih pendaki gunung yakni jalur Linggarjati, Palutungan, dan Apuy. Pendaki gunung tinggal pilih mau mendaki Gunung Ciremai via jalur Apuy, Linggarjati atau Palutungan.

Meski pada awal bulan Oktober terjadi kebakaran hutan di area Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC), tapi pendakian ke gunung ini tetap buka, kawan.

# Gunung Gede Pangrango

sumpah pemuda di gunung gede pangrango
(Foto: instagram.com/elu_steve)

Gunung di Jawa Barat yang lain, yang kerap menjadi pilihan pendaki gunung untuk merayakan Sumpah Pemuda adalah Gunung Gede Pangrango. Ada beberapa tempat menarik di Gunung Gede dan Gunung Pangrango untuk merayakan Sumpah Pemuda di gunung.

Selain di puncak, kamu bisa merayakan Sumpah Pemuda di Alun-alun Surya Kencana, Gunung Gede Pangrango. Atau bisa juga kamu merayakan Sumpah Pemuda di gunung dengan mendaki Gunung Pangrango dan menuju ke Lembah Mandalawangi.

Merayakan Sumpah Pemuda di gunung bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya melakukan upacara dan membacakan ikrar Sumpah Pemuda, membersihkan sampah, melakukan sosialisasi tidak membuang sampah di gunung dan mendaki tanpa plastik.

# Gunung Slamet

gunung slamet
(Foto: instagram.com/hilyaa11)

Buat kamu yang ingin merayakan Sumpah Pemuda di gunung Jawa Tengah, kamu bisa mendaki Gunung Slamet 3378 Mdpl. Puncak tertinggi di Jawa Tengah ini juga kerap menjadi pilihan pendaki untuk merayakan momen spesial seperti Sumpah Pemuda.

Selain upacara dan ikrarkan Sumpah Pemuda, pendaki gunung bisa merayakan Sumpah Pemuda di Gunung Slamet dengan penanaman pohon atau melakukan operasi bersih gunung dan mendaki tanpa plastik. Pendaki gunung bisa pilih mau merayakan dengan cara seperti apa.

# Gunung Prau

gunung prau
(Foto: instagram.com/irfanaziss)

Gunung Prau merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah yang nggak pernah sepi pendaki gunung. Apalagi pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.

Tahun ini, Sumpah Pemuda jatuh pada hari Minggu. Bagi pendaki gunung yang mau merayakan Sumpah Pemuda di Gunung Prau mesti bersiap dengan banyaknya pendaki gunung di sana.

Dari gunung yang memiliki ketinggian 2565 Mdpl ini, pendaki gunung bisa menikmati keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Untuk saat ini, pendakian ke Gunung Sumbing masih tutup akibat kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu lalu.

# Gunung Semeru

ranu kumbolo gunung semeru
(Foto: instagram.com/riskyady_)

Gunung di Jawa yang populer untuk merayakan Sumpah Pemuda adalah Gunung Semeru, Jawa Timur. Dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru 3676 Mdpl, gunung ini menjadi salah satu favorit pendaki gunung.

Kamu bisa memilih Semeru ini untuk merayakan Sumpah Pemuda di gunung. Selain menikmati puncak Mahameru, kamu bisa menikmati keindahan Ranu Kumbolo. Banyak pendaki gunung memilih berkemah di Ranu Kumbolo agar bisa menikmati keindahan eksotis danau ini.

Nah, dari 5 gunung di Jawa itu, gunung mana yang ingin kamu daki untuk merayakan Sumpah Pemuda? Pilih gunung favoritmu. Oh ya, untuk pendakian ke Gunung Merbabu saat ini masih tutup hingga akhir bulan ya.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *