Satutenda.com
Traveling

Mau Surfing Sekaligus Snorkling? Datanglah Ke Pantai Katiet dan Pantai Lance

Pantai Katiet Desa Bosua Mentawai

Pantai Kaitet dan Pantai Lance, Satutenda.com – Pulau Sipora emang bagus jadi destinasi wisata. Pulau Sipora terdiri dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Sipora Selatan.

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menceritakan beberapa lokasi wisata di Sipora Utara. Kali ini saya ingin cerita tentang destinasi wisata di Sipora Selatan.

Di bagian mana pun kita melabuhkan perahu di pulau ini, kita akan menyaksikan pantai landai yang sangat indah dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Pastinya sangat menggoda untuk langsung nyebur.

Pantai Katiet dan Pantai Lance merupakan lokasi surfing utama di desa Bosua. Di destinasi ini terdapat spot selancar dengan ombak-ombak yang menantang. Secara umum pantai-pantai di Desa Bosua bisa dijadikan lokasi surfing, tergantung kemampuan dan kecakapan surfernya.

Pantai Lance Pulau Sipora

Di sini juga kita bisa diving dan snorkling. Selama ini lokasi surfing yang paling digemari wisatawan dan masyarakat setempat adaalah Pantai Katiet di Dusun Katiet dan Pantai Lance di Dusun Gobik.

Akses menuju Pantai Katiet dan Pantai Lance dari Tuapejat, pusat kota Pulau Sipora, dapat dilakukan dengan menempuh jalur darat maupun jalur laut.

Lewat jalur laut kita bisa menggunakan kapal antarpulau yaitu KM Simatalu pukul 8.00 (Tuapejat-Sioban-Sao). Lama perjalanan kurang lebih empat jam dengan biaya Rp35.000 per orang.

Sementara jalur darat bisa dengan motor. Di Tuapejat tersedia rental sepeda motor, dengan biaya sewa Rp100.000 per hari. Untuk penginapan tidak perlu risau karena tersedia homestay, resort, dan wisma dengan berbagai fasilitas.

Pantai Lance Mentawai

Sementara untuk makan dan minum disediakan oleh pihak pemilik homestay dan ada juga warung makanan meski tidak sebanyak di kota. Di sini juga tersedia papan surfing yang bisa disewa oleh pengunjung.

Pantai Katiet dan Pantai Lance Pulau Sipora tersebut juga sudah terkenal hingga mancanegara. Para wisatawan asing sudah sering mengunjungi dua pantai ini untuk surfing dan snorkeling.

Bagi para peselancar, selancaran di kedua pantai ini sangat menantang dan menyenangkan, karena ombak dan karakter pantai sangat komplit, mulai dari jenis ombak mellow, hollow, hingga barrel (nama ombak yang diberikan peselancar).

Tersedia juga fasilitas tambahan seperti boat kecil bagi mereka yang ingin menyeberang ke pulau-pulau kecil di luar pulau utama dengan aneka harga sewa.

Menurut pengakuan para peselancar, kelebihan lokasi selanjar ini yakni jarak antar-gelombang sangat bersahabat. Ombak yang satu dengan yang lainnya memiliki interval yang tidak terlalu singkat dan juga tidak terlalu lama. Ini yang menjadikan Pantai Katiet sering menjadi tempat perlombaan selancar tingkat dunia.

Wisata Batu PutihWisata Batu Putih Pulau Sipora

Selain Pantai Katiet dan Pantai Lanca, ada juga di wisata lain di bagian selatan Pulau Sipora ini yakni Wisata Batu Putih. Wisata ini terletak di jalur dari dari Tuapejat menuju Desa Bosua, tepatnya di desa Sagitcik.

Wisata Batu Putih ini berupa bukit batuan. Tapi bukitnya dihancurkan untuk pembangunan jalan sehingga membuatnya indah dipandang.

Di tepi jalan ada aliran air bersih. Meskipun kecil tapi kehadirannya tetap menambah keindahan wisata alam yang satu ini. Belum lagi ditambah susunan bebatuan yang tampak coklat muda cerah saat terpapar sinar matahari.

Jadi, teman-teman penasaran? Silakan datang langsung ke Pulau Sipora. Yang butuh pemandu, jangan sungkan untuk kontak ya. Sekian dulu dan sampai jumpa di ulasan-ulasan berikutnya.

Video Pantai Pulau Sipora, Mentawai:

ARTIKEL TERKAIT

Berwisata Ke 4 Tempat Wisata di Bogor Ini Terasa seperti di Luar Negeri

Tiwie Pert

Mengenal Lebih Dekat Profil Srikandi Indonesia yang Mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Everest Mei 2018

Edeltrudizh

Ini Pengalamanku Belanja di Toko Eiger, Rejeki Anak Soleh

Tiwie Pert