Memotret Tebing Koja dari Sisi yang Berlawanan, Tak Kalah Keren Juga Lho!

Memotret Tebing Koja, Satutenda.com – Seperti biasa, sebelum datang ke sebuah tempat baru saya akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat itu. Kali ini saya bersama Tim Satutenda akan datang dan memotret Tebing Koja.

Ya, kali ini kami akan mengunjungi destinasi wisata yang dikenal juga dengan nama Tebing Koja Kandang Godzilla. Destinasi tebing ini lagi hits di kalangan para traveler dan photo-instagramer karena punya view yang indah.

Setelah saya googling, dan kamu juga bisa mencobanya sekarang, foto-foto tentang Tebing Koja kebanyakan diambil dari sisi dimana model atau sosok dalam foto berdiri (atau duduk) dengan latar belakang tebing yang berbentuk Godzilla.

Tips memotret Tebing Koja Tigaraksa, Tangerang
Tips memotret Tebing Koja Tigaraksa, Tangerang (Foto: Satutenda.com)

Ada juga foto dengan latar belakang danau, yang tentunya sudah diedit sedemikian rupa sehingga danaunya kelihatan sangat bersih. Kenyataannya, tak sebersih itu. Tapi okelah, kembali ke topik kita yakni memotret Tebing Koja Kandang Godzilla.

Usai melihat foto-foto hasil pencarian, saya memutar otak bagaimana menghasilkan foto lain, selain foto dengan angle itu. Saya pun punya keyakinan dalam diri bahwa saya pasti bisa menemukan angle yang berbeda.

Saat tiba di Tebing Koja Kandang Godzilla kami memotret dari sisi yang berlawanan. Jadi, kalau biasanya orang memotret dengan sisi barat, maka saya memotret dari sisi timur.

Tantangannya adalah di sore hari, memotret dari sisi timur sepertinya kurang efektif karena melawan sinar matahari sore. Tapi akankah kami kalah dengan kondisi itu?

Matahari cenderung statis (ke sisi barat) sementara kami dalam posisi dinamis yakni bisa berpindah-pindah. Itu artinya, kami yang harus menemukan posisi dan cara yang tepat.

Setelah bolak-bakik memotret, inilah foto-foto yang berhasil kami jepret. Foto yang digunakan dalam ilustrasi tulisan-tulisan tentang kunjungan ke Tebing Koja adalah hasil jepretan tim Satutenda.com. Mudah-mudahan tidak terlampau mengecewakan.

Intinya adalah memetret dari posisi manapun, yang terpenting adalah bagaimana memaksimalkan cahaya matahari dan elemen-elemen yang ada di sekitar. Tentukan seberapa luas area dan berapa banyak elemen yang akan kamu masukan dalam frame.

Salah satu foto yang saya suka adalah foto di bawah ini. Foto tersebut saya jepret dengan memanfaatkan sinar matahari senja dan gumpalan awan hitam. Ternyata saya puas sekali setelah melihat lagi foto ini.

Tebing Koja Kandang Godzilla
Tebing Koja Kandang Godzilla (Foto: @jepretkaks)

Sementara foto berikut ini adalah foto area bagian barat Tebing Koja dari tebing yang terletak dekat pintu masuk tengah.

Tebing Koja Tigaraksa, Tangerang
Tebing Koja Tigaraksa, Tangerang (Foto: Satutenda.com)

Di Tebing Koja ada tiga pintu masuk. Masing-masing punya pengelolanya sendiri dan pungutan biaya masuk pun berbeda. Soal pintu masuk Tebing Koja Kandang Godzilla teman-teman bisa membacanya di artikel berikut ini.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *