Muncak Lagi, Tim #SatuTenda Mendaki Gunung Sumbing via Bowongso

Mendaki Gunung Sumbing via Bowongso, Satuenda.com – Setelah istirahat sekitar empat bulanan, Tim #SatuTenda muncak lagi. Kali ini kami akan mendaki Gunung Sumbing via Bowongso.

Sebetulnya, jalur pendakian gunung Sumbing ada banyak, sekitar lima jalur. Tapi untuk pendakian kali ini, kami memilih jalur Bowongso di Wonosobo.

Menurut beberapa review yang kami baca, jalur Bowongso ini terbilang baru bila dibanding jalur-jalur lainnya. Juga, antara pos 2 dan pos 3 ada sumber air yang bisa dimanfaatkan oleh pendaki untuk mengisi ulang air bawaan.

Maka, bagi kami ini jalur yang cocok. Minimal bisa mengurangi beban bawaan kami, terutama air untuk minum dan masak.

Meski demikian, akan kami update lagi saat pendakian nanti. Pasalnya, dengan kondisi musim kemarau yang cukup panjang sekarang, belum bisa dipastikan apakah mata airnya masih hidup atau malah kering.

Rencana Mendaki Gunung Sumbing

Hingga artikel ini saya tulis, anggota yang konfirmasi untuk berangkat berjumlah lima orang. Mudah-mudahan tidak berubah hingga hari keberangkatan.

Kami menjadwalkan untuk mendaki pada Senin, 30 September dan akan turun pada Selasa, 1 Oktober 2019. Kami berangkat di Jakarta, Minggu sore, 29 September 2019.

Kalau biasanya kami pergi mendaki gunung menggunakan kereta, kali ini kami menggunakan bus saja. Sebab, beberapa uraian blog dari sesama pendaki menjelaskan bahwa kalau berangkat dari Jakarta, lebih efektif menggunakan bus saja.

BACA: Pengalaman Pertama Mendaki Gunung Lintas Jalur Gunung Gede – Pangrango 2019

Dari Jakarta para pendaki akan turun di Terminal Mendolo, Wonosobo. Dari situ sudah tidak jauh untuk akses ke basecamp; tinggal sewa angkot atau mobil pickup ke basecamp. Opsi ini yang kami pilih.

Jadi bagi teman-teman yang punya agenda yang sama untuk mendaki Gunung Sumbing via Bowongso pada 30 September-1 Oktober 2019, boleh bareng. Kita bisa janjian untuk bertemu di Terminal Mendolo agar bisa berbagi carter mobil ke basecamp.

Informasi tambahan: Tim #SatuTenda selalu mendokumentasikan semua perjalanan, entah saat mendaki gunung, review hotel, atau touring dengan motor. Hasil dokumentasi itu kami publikasikan di channel youtube Satu Tenda dan media-media sosial lainnya seperti Fanpage Facebook, Satuenda.com dan Instagram, @satutendacom.

Teman-teman dapat menikmati semua kisah perjalanan kami di sana!

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *