Menjelajah Pulau Kanawa Labuan Bajo, Pintu Gerbang Menuju Pulau Komodo NTT

Pulau Kanawa, Satutenda.com – Orang sering menganggap sama Pulau Kanawa dan Pulau Kenawa. Padahal ini dua tempat wisata yang berbeda. Pulau Kanawa ada di Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan Pulau Kenawa ada di Nusa Tenggara Barat.

Pulau Kanawa terletak sekitar 15 Kilometer dari Labuan Bajo atau sekitar 45 menit. Letak pulau ini berdekatan dengan Pulau Rinca.

Untuk mencapai Labuan Bajo, wisatawan bisa naik pesawat dari Bali ke Labuan Bajo. Jika ingin naik kapal, traveller bisa naik kapal dari Pelabuhan Benoa Bali atau Makassar menuju Labuan Bajo. Selain itu, kamu juga bisa naik bus dari Bali menuju Lombok, lalu Sumbawa, dan akhirnya tiba di Labuan Bajo.

pulau kanawa labuan bajo
(Foto: writtenthou.wordpress.com)

Kalau kamu ingin merasakan petualangan dan punya waktu liburan yang panjang, kamu bisa naik kapal laut atau bus. Perjalanan lewat laut dan darat ini membutuhkan waktu berhari-hari. Berbeda dengan naik pesawat dari Bali ke Labuan Bajo yang hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam.

Pulau Kanawa menjadi pintu gerbang menuju Pulau Komodo. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Komodo, sebaiknya singgah ke Pulau Kanawa. Kamu bisa menikmati pemandangan indah di sana. Pulau ini juga memiliki alam bawah laut yang mempesona.

Wisatawan bisa melakukan snorkeling di Pulau Kanawa dan melihat terumbu karang yang indah. Kamu juga bisa menikmati pasir putih dan laut biru di pulau ini.

jelajah pulau kanawa NTT
(Foto: travelingyuk.com)

Selain itu, mendaki bukit yang ada di sana menjadi pilihan lain bagi traveller. Tapi kamu harus berhati-hati ya gaes, karena jalur menunju puncak bukit cukup terjal, berbatu dan berpasir. Dari atas bukit, kamu bisa menikmati pemandangan laut biru yang indah dan melihat bukit-bukit menjulang. Tak kalah mempesona, adalah pemandangan matahari terbenam dari atas bukit ini.

Sayangnya nggak ada penduduk lokal bertempat tinggal di pulau ini. Bila traveler ingin menginap di sana, ada penginapan yang dikelola orang Italia. Tinggal pilih neh mau menginap di bungalows atau menyewa tenda.

Atau bagi kamu yang senang backpacker-an, bisa lho bawa tenda sendiri untuk menginap di Pulau Kanawa. Tapi ya barang bawaanmu menjadi makin banyak.

Nah, buat kamu yang sedang merencanakan untuk traveling ke Pulau Komodo dan sekitarnya, jangan lupa masukkan Pulau Kanawa dalam list perjalananmu. Dijamin kamu nggak akan menyesal mengunjungi pulau ini.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Menjelajah Pulau Kanawa Labuan Bajo, Pintu Gerbang Menuju Pulau Komodo NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *