Menjelajah Rumah Kuno Yap-San Diego. Melihat Berbagai Perabotan Antik

Rumah Kuno Yap-San Diego, Satutenda.com – Rumah kuno Yap-San Diego merupakan salah satu bangunan bersejarah di Cebu, Filipina. Letak rumah ini dekat dengan Monumen Bersejarah Cebu.

Rumah kuno Yap-San Diego merupakan sebuah rumah tinggal keluarga pedagang Cina di akhir abad ke-17 (1600-an). Di rumah itu terdapat perabotan antik, pakaian, peralatan dapur, dan barang-barang antik lainnya.

Rumah ini dibangun oleh pasangan Maria Florido dan Don Juan Yap yang memiliki tiga anak. Mereka adalah Maria, Eleuterio dan Consolacion.

Rumah kuno Yap-San Diego
Rumah kuno Yap-San Diego. (Foto: Satutenda.com)
Tempat ini dibuka bagi pengunjung mulai pukul 09.00 sampai pukul 19.00 waktu setempat. Bangunan kuno ini terdiri dari dua lantai, berbahan kayu dan batu. Oleh karena itu, penduduk setempat menyebutnya rumah kayu dan batu atau “Balay nga Bato ug Kahoy”.

Memasuki lantai satu, kita disuguhkan beragam perabotan antik, mulai dari kursi, meja, peralatan makan, lukisan, dan foto-foto anggota keluarga pedagang Cina ini.

Di samping itu, pengunjung juga bisa melihat kamar tidur milik keluarga Yap-San Diego yang terbuat dari kayu. Juga patung dan benda-benda rohani.

Rumah kuno Yap-San Diego
Perabotan antik yang terdapat di rumah kuno Yap=San Diego. (Foto: Satutenda.com)

Di lantai dua, terdapat perabotan antik seperti meja dan kursi. Selain itu, lukisan dan foto-foto tua tersebar di hampir setiap sudut ruangan.

Sementara itu, di halaman belakang, pengunjung bisa melihat sebuah sumur tua. Dahulu, sumur ini digunakan oleh nenek moyang keluarga Yap-San Diego. Namun sekarang sumur ini sudah tidak berfungsi.

Rumah kuno Yap-San Diego
Sumur tua di Rumah kuno Yap-San Diego. (Foto: Satutenda.com)

Pengunjung bisa memotret di dalam rumah kuno ini. Namun mesti berhati-hati ya. Karena banyak barang antik di sana yang sangat bernilai.

Di sana, jika ingin mengetahui informasi mengenai rumah keluarga Yap San Diego ini, ada petugas yang siap untuk menjelaskan banyak hal. Kita bisa bertanya mengenai seluk-beluk rumah itu dan barang apa saja yang ada di sana.

Rumah kuno Yap-San Diego
Barang antik di Rumah kuno Yap-San Diego. (Foto: Satutenda.com)

Sebagai tambahan, petugas akan meminta pengunjung untuk mengisi buku tamu. Pengunjung juga bisa menuliskan kesan-kesan terkait kunjungannya. Selain itu, pengunjung diminta untuk turut berpartisipasi dalam menjaga dan merawat bangunan tua itu dengan memberi sumbangan seikhlasnya.

Demikianlah gambaran mengenai rumah kuno Yap-San Diego. Lebih lengkapnya langsung kunjungi tempat ini ya biar kamu bisa menikmati kehidupan sekitar 400 tahun yang lalu.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *