Satutenda.com
Muncak

Tahukah Kamu Misteri dan Mitos Angkernya Gunung Arjuno? Misteri Alas Lali Jiwo Hingga Ngunduh Mantu

misteri dan mitos gunung arjuno

Misteri dan Mitos Gunung Arjuno, Satutenda.com – Pada Desember 2018, pendaki hilang di Gunung Arjuno kembali terjadi. Pendaki asal Surabaya bernama Faiqus Syamsi yang hilang di Gunung Arjuno banyak dikaitkan dengan misteri dan mitos Gunung Arjuno.

Cerita seputar misteri dan mitos Gunung Arjuno selama ini sudah tak asing bagi masyarakat sekitar Gunung Arjuno dan para pendaki gunung. Kamu sudah tahu belum misteri dan mitos Gunung Arjuno?

Sebelum mendaki Gunung Arjuno, baik kalau kamu mengetahui seputar misteri dan mitos Gunung Arjuno. Ini seperti misteri Alas Lali Jiwo hingga misteri ngunduh mantu di Gunung Arjuno.

1.Legenda Gunung Arjuno

Nama Gunung Arjuno atau Gunung Arjuna dikaitkan dengan tokoh pewayangan Arjuna. Konon Arjuna bertapa di sebuah gunung. Dia memperoleh kekuatan luar biasa dan tubuhnya mengeluarkan cahaya.

Kekuatan Arjuna ini membuat bumi berguncang, Kawah Candradimuka menyemburkan lahar, petir menggelegar di siang hari, hujan turun dan banjir. Gunung tempat Arjuna bertapa juga terangkat ke langit. Hal ini membuat para dewa khawatir. Mereka pun mengutus Batasa Ismaya turun ke bumi untuk menghentikan pertapaan Arjuna.

Batara Ismaya menjelma menjadi Semar dan memotong puncak gunung tempat Arjuna bertapa. Arjuna akhirnya sadar dan menghentikan laku tapanya setelah dinasihati Semar. Gunung tempat Arjuna bertapa dinamai Gunung Arjuno sedangkan potongan gunung yang dipotong Semar dinamai Gunung Wukir.

2.Misteri Petilasan Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung yang memiliki banyak petilasan para petapa. Mereka yang bertapa di sana diyakini hidup pada zaman Kerajaan Singosari dan Majapahit. Masyarakat percaya petilasan-petilasan itu ada penjaga atau penunggunya, yakni para petapa yang dulu moksa di tempat tersebut.

3.Tempat Keramat Gunung Arjuno

Selain terdapat sejumlah petilasan, ada sejumlah tempat keramat di Gunung Arjuno. Antara lain Situs Eyang Semar, Sendang Dewi Kunti, Hyang Sakri tempat bersemedi atau pemujaan, Situs Eyang Abiyoso, Situs Eyang Sekutrem dan lain-lain.

4.Keberadaan Pasar Setan di Gunung Arjuno

Misteri dan mitos Gunung Arjuno yang juga terkenal di kalangan masyarakat dan pendaki adalah keberadaan pasar setan di Gunung Arjuno. Pasar ini katanya terletak di area datar yang cukup luas sebelum menuju puncak Gunung Arjuno. Di sana juga terdapat beberapa makam.

Tempat ini berada di antara Pos Watu Gede menuju puncak Arjuno. Banyak pendaki yang katanya pernah mendengar suara ramai seperti pasar di area itu.

5.Keberadaan Alas Lali Jiwo Gunung Arjuno

Misteri Alas Lali Jiwo Gunung Arjuno juga santer menjadi pembicaraan di kalangan pendaki. Alas Lali Jiwo bisa kamu jumpai jika mmeilih jalur pendakian Gunung Arjuno via Tretes.

Alas Lali Jiwo diartikan hutan lupa diri. Jika pendaki yang melewati tempat ini memiliki niat buruk atau jahat, akan tersesat atau hilang. Ada pantangan atau larangan juga bagi pendaki agar tidak tersesat di Alas Lali Jiwo: tidak boleh mengenakan pakaian yang didominasi warna merah, tidak boleh mendaki dengan jumlah ganjil, tidak boleh merusak situs petilasan atau tempat keramat yang terdapat di Gunung Arjuno, pendaki perempuan yang sedang datang bulan tidak boleh mendaki sampai puncak.

6.Misteri Ngunduh Mantu Gunung Arjuno

Misteri dan mitos Gunung Arjuno yang lain adalah misteri Ngunduh Mantu Gunung Arjuno. Misteri ini masih berkaitan dengan misteri Alas Lali Jiwo.

Di kawasan Alas Lali Jiwo, banyak pendaki mengaku pernah mendengar suara gamelan. Hal ini dipercaya oleh masyarakat merupakan suara ngundul mantu makhluk halus di sana. Bila pendaki mendengar suara gamelan, sebaiknya tidak melanjutkan pendakian karena dikhawatirkan bisa dibawa dan dinikahkan dengan penunggu hutan tersebut.

Itulah misteri dan mitos Gunung Arjuno yang harus pendaki ketahui sebelum mendaki Gunung Arjuno. Dengan mengetahui misteri dan mitos Gunung Arjuno, diharapkan pendaki bisa waspada dan menjaga tutur kata dan sikap, juga menjaga kebersihan di Gunung Arjuno.

ARTIKEL TERKAIT

Ini Pilihan Tas Gunung Buat Cewek yang Hobi Mendaki

Edeltrudizh

Catat! Ini Peraturan Terbaru Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Lama

Tiwie Pert

Aturan Baru 2018 Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Mudah dan Praktis!

Steve Elu