Misteri dan Mitos Gunung Gede Pangrango, Kamu Harus Tahu Sebelum Mendaki

Misteri dan Mitos Gunung Gede Pangrango, Satutenda.com – Gunung Gede Pangrango merupakan gunung favorit di Jawa Barat. Biasanya pendaki gunung memilih untuk mendaki dua gunung ini sekaligus. Atau ada juga yang memilih salah satu di antaranya.

Gunung Gede Pangrango termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Gunung Gede memiliki ketinggian 2958 Mdpl, sedangkan Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3019 Mdpl.

Selain karena pemandangan indah dan letaknyanya yang terjangkau, hal yang menarik dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah padang edelweis-nya. Gunung Gede memiliki padang edelweis di Alun-alun Surya Kencana. Sedangkan di Gunung Pangrango ada Lembah Mandalawangi.

Sebelum mendaki Gunung Gede atau Gunung Pangrango, kamu sudah tahu belum misteri dan mitos Gunung Gede Pangrango? Kalau belum, baik kalau kamu simak penjelasan berikut.

1.Penampakan Makhluk Astral

Cerita misteri Gunung Gede Pangrango yang kerap diceritakan masyarakat sekitar atau para pendaki adalah adanya makhluk astral yang kerap menampakkan diri. Salah satunya berwujud kuntilanak. Sejumlah pendaki katanya pernah melihat penampakan makhluk ini saat mendaki Gunung Gede Pangrango.

2.Tak Sampai-sampai

Misteri dan mitos Gunung Gede Pangrango yang lain adalah pendaki yang tak sampai-sampai ke basecamp atau ke puncak. Konon, ketika kamu mendaki Gunung Gede Pangrango, pamali bila kamu mengeluh tidak sampai-sampai. Karena hal ini bisa membuat perjalananmu semakin lama. Percaya atau tidak percaya, sejumlah pendaki mengalami kejadian ini.

3.Misteri Telaga Warna

Bila memilih jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas, pendaki akan melewati satu pos bernamaTelaga Warna. Di sana terdapat telaga yang konon hidup ikan misterius. Mitosnya jika seseorang melihat ikan meloncat-loncat di permukaan air, segala permintaannya akan terkabul.

Selain itu, misteri dan mitos Telaga Warna yang berkembang di kalangan pendaki dan masyarakat adalah angkernya tempat ini. Katanya selepas magrib, pendaki disarankan untuk tidak melewati tempat ini. Apalagi menginap di area tersebut karena akan didatangi makhluk penunggu tempat itu.

4.Misteri Simpang Maleber

Kalau pendaki mendaki Gunung Gede via Gunung Putri, pendaki akan melewati pos pendakian Simpang Maleber. Pantangan yang harus diperhatikan pendaki yakni usahakan jangan sampai magrib di sana.

Cerita mistis pendaki Gunung Gede di Simpang Maleber jika sampai magrib melewati pos ini ada kejadian aneh yang dialami. Ada rombongan pendaki yang melihat teman pendaki mirip teman-teman serombongannya padahal mereka sudah lebih dulu berjalan di depan atau sebaliknya.

5.Alun-alun Surya Kencana

Misteri dan mitos Gunung Gede Pangrango yang juga populer di kalangan masyarakat adalah keberadaan Alun-alun Surya Kencana. Tempat ini merupakan padang rumput luas yang dihiasi bunga edelweis. Pada musim bunga edelweis mekar, tempat ini begitu indah dan banyak didatangi pendaki.

Namun, di sana pendaki harus menjaga sikap dan perkataan. Konon Alun-alun Surya Kencana dihuni tentara gaib yang dipimpin Pangeran Surya Kencana. Pangeran Surya Kencana adalah putra Pangeran Aria Wiratanudatar, pendiri kota Cianjur.

Singgasana Pangeran Surya Kencana konon terletak di tengah Alun-alun Surya Kencana. Ini ditandai dengan keberadaan batu besar berbentuk pelana. Kadang ada pendaki yang mendengar suara derap kuda ketika berkemah di Alun-alun Surya Kencana, tapi tidak kelihatan wujudnya. Kalau kamu berada di ALun-alun Surya Kencana, kamu harus menjaga sikap dan perkataanmu dan tidak boleh buang air sembarangan.

Itulah misteri dan mitos Gunung Gede Pangrango yang populer di kalangan pendaki dan masyarakat sekitar. Setiap gunung memiliki cerita misteri tersendiri. Yang terpenting jangan lupa berdoa, menjaga sikap dan perkataan, serta menjaga kebersihan gunung yang kita datangi.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Misteri dan Mitos Gunung Gede Pangrango, Kamu Harus Tahu Sebelum Mendaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *