Satutenda.com
Image default

Apa Motivasimu untuk Touring Keliling Indonesia dan Dunia? Coba Belajar dari Tiga Sosok Ini!

Satutenda.com – Touring jadi salah satu hal yang diimpikan banyak orang. Namun setidaknya hingga sekarang hanya sedikit orang yang bisa merealisasikannya. Kita percaya bahwa ke depan pasti ada orang lain yang bisa melakukannya, dan bisa jadi salah satu di antara kita.

Tapi sebelum kita memutuskan untuk touring, kenali dulu tiga petualang Indonesia yang sudah lebih dulu memulainya. Kita belajar dari mereka termasuk motivasi yang harus kita jadikan dasar untuk memulai touring.

Nah, siapa saja mereka?

1. Jeffrey Polnaja

Hingga sekarang dunia mencatat Jeffrey Polnaja atau yang biasa disapa Kang JJ adalah pemegang rekor sebagai pengendara motor terjauh nomor dua sepanjang sejarah dunia, dengan total 99 negara. Sementara di Indonesia, ia dinobatkan sebagai orang Indonesia pertama yang keliling dunia naik sepeda motor dan dijuluki Wind Rider.

Pria kelahiran Bandung 59 tahun silam ini plesiran ke berbagai sudut dunia dengan motor sejak 2006. Serangan terhadap gedung World Trade Center di Amerika pada 11 September 2001 adalah salah satu motivasinya.

Kita ingat usai peristiwa tersebut Indonesia yang adalah negara Islam terbesar di dunia mendapat nilai merah dari Amerika, juga dunia Barat. Indonesia dicap negara teroris. Kang JJ terpanggil untuk mengubah stigma negatif itu.

Total Kang JJ mendatangi 97 negara untuk mengenalkan Indonesia kepada macam-macam orang. Dan ia menghabiskan 7 tahun di jalan untuk mewujudkan misinya ini.

Setelah itu rupanya Kang JJ belum juga puas. Sejak 28 Oktober 2019 lalu Kang JJ melakukan touring bertajuk equatoride stitching the world. Perjalanan ini adalah simbolisasi persaudaraan dunia dengan ‘menjahit’ sabuk tropis dengan melintasi 25 negara yang berada di sepanjang garis ekuator.

Negara-negara yang sudah dilintasi sebelum covid-19 adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste, dan Australia.

Teman-teman pencinta touring Kang JJ bisa melakoni petualangan panjang dengan macam-macam kemudahan dan kesulitan ini karena ada misi yang ia perjuangkan. Misi yang sangat mulia yakni merajut persaudaraan dunia dan mengubah stigma negatif terhadap Indonesia.

Belajar dari Kang JJ misi touring kamu apa?

2. Mario Iroth

Kalau Kang JJ ingin mengubah stigma negatif negara lain terhadap Indonesia, maka Mario Iroth petouring yang memberi label wheel story pada petualangannya membawa misi mengenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia. Selain itu, misi budaya dan kemanusiaan juga jadi salah satu konsentrasi Mario.

Dalam perjalanannya Mario Iroth bepergian bersama videografer sekaligus kekasihnya, Lilis Handayani. Cerita tentang petualangan bang Mario dan mba Lilis sudah kami ulas sebelumnya.

BACA: Tiga Pasangan Ini Merayakan Hubungan Mereka dari Atas Roda, Satu dari Indonesia

Misi kemanusiaan yang diusung Mario terlihat jelas pada wheel story sesi 1 dan 2. Di sesi 1 Mario membawa bantuan amal ke anak-anak di Kamboja. Sementara di sesi 2, Mario mendukung usaha peningkatan minat baca anak-anak di Indonesia Timur dengan menggandeng Taman Baca Pelangi.

Sementara misi pariwisata bisa kita saksikan pada video-video yang diunggah di akun media sosial dan websitenya, wheelstoryadv.com. Dengar-dengar, begitu menyelesaikan misi keliling lima benua Mario Iroth akan menuliskan pengalaman perjalananannya dalam bentuk buku. Ditunggu ya bang Mario. Nantinya buku itu bisa jadi panduan buat kita-kita yang baru mau mencicil mimpi keliling dunia.

3. Stephen Langitan

Di tempat ketiga ada bro Stephen Langitan. Usai melanglang buana dengan sepeda motor ke berbagai pelosok Indonesia termasuk keliling pulau Borneo, bro Stephen Langitan mulai menjajal dunia. Pada 2018 lalu bro Stephen mengendarai motor seorang diri dari Jakarta hingga London, Inggris.

Bro Stephen mulai tarik gas dari Jakarta pada 25 Maret dan tiba di London tepat pada 17 Agustus 2018. Total ia melahap jarak 30.000 kilometer dan melintasi 22 negara.

Inilah motivasi utama Stephen Langitan yakni mengibarkan bendera merah-putih di London. Dan dalam sejumlah videonya bro Stephen berulangkali menegaskan bahwa motivasi atau misi yang ingin dicapai pada setiap touring sangat penting.

Misi itulah yang akan membuat kita kuat dan tidak mudah menyerah meski kita menemui banyak rintangan di jalan.

Untuk mengetahui detail perjalanan bro Stephen Langitan teman-teman bisa mengunjungi youtube-nya dengan nama Stephen Langitan atau motobikerz.

Itulah tiga sosok yang bisa kita jadikan idola, motivator, juga panutan sebelum kita memutuskan untuk touring keliling Indonesia atau keliling dunia. Kita belajar dari mereka untuk memurnikan keinginan kita untuk touring keliling Indonesia dan dunia.

ARTIKEL TERKAIT:

Pelajaran Berharga dari Pendaki Perempuan yang Ditelantarkan Karena Temannya Mau Ke Puncak

Admin

Review Hotel: Pengalaman Menginap di Soll Marina Hotel Serpong

Edeltrudizh

Waspada! Ini Barang Bawaan Pendaki yang Sering Hilang Di Gunung

Tiwie Pert