Satutenda.com
Traveling

Museum Juang Tambun, Wisata Sejarah di Bekasi yang Bisa Kamu Kunjungi

museum juang tambun

Museum Juang Tambun, Satutenda.com – Bekasi, Jawa Barat merupakan salah satu tempat yang memiliki sejumlah wisata sejarah. Kamu sudah tahu?

Salah satu tempat wisata sejarah di Bekasi yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Juang Tambun. Dulu bangunan ini bernama Landhius Tamboen atau Gedung Tinggi.

Pada masa revolusi nasional, Gedung Juang Tambun menjadi pusat tanah partikelir milik keluarga Khouw van Tamboen. Gedung ini dibangun dengan campuran gaya Eropa dan Tionghoa.

Pertengahan Januari lalu, saya mengikuti trip bersama yang diadakan Klub Sejarah dan Museum Backpaker Jakarta (SEMU BPJ). Lebih dari 100 orang mengikuti kegiatan ini. Ramai, bisa menambah kenalan dan tentu dapat pengetahuan soal sejarah di Bekasi dan sekitarnya.

Ketika mengeksplor Museum Juang Tambun, peserta trip bersama ini mendapat penjelasan soal sejarah dan bangunan apa saja yang ada di kompleks Museum Juang Tambun.

Kesan kumuh dan kurang terurus muncul saat memasuki Gedung Juang Tambun. Apalagi di lantai dua yang kotor dan bau kotoran hewan.

Namun pembenahan sepertinya sedang diupayakan. Ini nampak dengan cat tembok bangunan yang sudah diganti, sehingga tidak kusam kalau dibandingkan dengan dalam foto yang pernah saya lihat.

gedung juang 45 tambun
(foto: satutenda.com)

Landhuis Tamboen atau MuseumJuang Tambun dibangun pada awal abad ke-20 oleh keluarga Khouw van Tamboen. Pembangunan tahap pertama dilakukan pada tahun 1906-1910 dan tahap kedua pada tahun 1925.

Gedung Juang Tambun terdiri dari dua lantai. Lantai bangunan menggunakan tegel asli seperti saat dulu dan dinding dihiasi keramik. Pintu dan jendela kayu besar menghiasi bangunan bersejarah ini.

Lantai satu dan lantai dua dihubungkan dengan tangga yang dilapisi marmer. Lantai dua juga masih menggunakan tegel asli. Namun di dalam Museum Juang Tambun ini tidak terdapat barang-barang bersejarah atau peninggalan zaman dahulu.

Benda-benda pusaka atau bersejarah ada di Museum Bekasi, bangunan lain di sebelah Museum Juang Tambun. Di Museum Bekasi, juga tedapat foto-foto zaman dahulu dan foto perjuangan pemuda dan orang pribumi Bekasi melawan penjajah serta koleksi terkait sejarah Bekasi.

wisata sejarah di bekasi
(foto: satutenda.com)

Selain Museum Juang Tambun dan Museum Bekasi, di kompleks itu terdapat bangunan lain yang digunakan sebagai kantor Lembaga Veteran Republik Indonesia dan bangunan lain yang tidak digunakan.

Sementara di bagian depan terdapat taman dengan pepohonan yang rindang. Di sana terdapat tugu segi lima di mana di dinding tugu terdapat relief yang menggambarkan sejarah Bekasi dan perjuangan melawan penjajah termasuk perjuangan melawan penjajahan Jepang.

Semasa pendudukan Jepang, Museum Juang Tambun berfungsi sebagai salah satu markas militer di Bekasi. Gedung ini juga pernah digunakan sebagai Kantor Kabupaten Jatinegara dan pusat komando perjuangan rakyat, kantor DPRD Tingkat II Bekasi dan Kampus Akademi Pembangunan Desa.

Tak hanya sebagai tempat wisata sejarah di Bekasi, Museum Juang Tambun juga bisa menjadi tempat berburu foto bagi kamu pecinta fotografi. Atau kamu juga bisa melakukan foto prewedding di Museum Juang Tambun ini.

ARTIKEL TERKAIT

Wisata Pulau Komodo, Labuan Bajo-NTT Bisa Jadi Alternatif Liburanmu

Tiwie Pert

Air Terjun Tanggedu, Twin Canyon di Sumba Timur. Ini Mirip Grand Canyon Arizona

Tiwie Pert

Menjelajah Pulau Kanawa Labuan Bajo, Pintu Gerbang Menuju Pulau Komodo NTT

Tiwie Pert