Satutenda.com
Muncak

Naik Gunung di Luar Jawa Masih Dapat Sinyal? Cek Gunung-gunung Ini!

sinyal di gunung rinjani

Sinyal di Gunung, Satutenda.com – Naik gunung, masih bisa dapat sinyal? Pertanyaan itu kadang singgah di benak pendaki. Apalagi pendaki pemula seperti saya ini.

Ketika mendaki di beberapa gunung, ternyata pendaki gunung masih bisa dapat sinyal di puncak gunung lho. Beberapa pendaki gunung pernah berbagi pengalaman mereka bisa dapat sinyal untuk update status, menelepon, mengirim pesan, bahkan siaran langsung di media sosial.

Bukan hanya gunung-gunung di Pulau Jawa, pendaki juga masih dapat sinyal di sejumlah gunung di luar Jawa neh. Nggak percaya? Cek gunung-gunung ini:

1.Gunung Talang

Gunung Talang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Nama lain gunung ini Gunung Salasi atau Sulasi. Dengan ketinggian di bawah 3000 Mdpl, yakni 2597 Mdpl, pendaki bisa mendapat sinyal di gunung ini.

Selain bisa mendapat sinyal untuk mengirim pesan atau update status media sosial, pendaki bisa menikmati pesona tiga danau dari atas Gunung Talang. Tiga danau itu adalah Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang.

2.Gunung Dempo

Gunung di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu ini, tepatnya di kota Pagaralam, termasuk salah satu gunung favorit bagi pendaki. Apalagi bisa dapat sinyal saat mendaki gunung ini. Dan Pagaralam sendiri adalah kota penghasil kopi robusta terbaik.

Memiliki ketinggian 3159 Mdpl, gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Sumatera. Ketika mendaki Gunung Dempo, pendaki bisa menikmati pesona perkebunan teh dan kopi di kawasan kaki Gunung Dempo.

3.Gunung Sibayak

Terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara, Gunung Sibayak juga termasuk gunung di luar Jawa yang masih ada sinyal di puncak gunungnya. Gunung Sibayak memiliki ketinggian 2212 Mdpl.

Keindahan matahari terbit di Gunung Sibayak menjadi pesona tersendiri bagi pendaki gunung yang datang ke sana. Ini menjadi obyek indah yang patut diabadikan dengan mata, hati, dan kameramu kawans, hehehe.

4.Gunung Kerinci

Pendaki gunung masih bisa mendapat sinyal juga di Gunung Kerinci. Ada pendaki yang mempunyai pengalaman bisa melakukan siaran langsung di media sosial lho saat di puncak Gunung Kerinci.

Memiliki ketinggian 3805 Mdpl, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera yang menjadi gunung favorit pendaki. Salah satu pesona Gunung Kerinci adalah panorama kawah di puncak gunung. Sudah pernah ke sana?

5.Gunung Rinjani

Gunung di luar Jawa dimana pendaki masih bisa dapat sinyal adalah di Gunung Rinjani Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3726 Mdpl.

Keindahan alam yang bisa dinikmati saat mendaki Gunung Rinjani adalah pesona padang savana Sembalun Lawang, Segara Anak, Kawah Batujari, matahari terbenam yang indah dan lain-lain.

6.Gunung Lompobattang

Selain gunung di Sumatera dan Lombok, ada juga gunung di Sulawesi yang masih ada sinyal bagi pendaki. Gunung Lompobatttang di Sulawesi Selatan, salah satunya.

Gunung dengan tinggi 2871 Mdpl ini berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng. Dalam bahasa Makassar Gunung Lompobattang berarti gunung perut besar. Nama gunung ini terdiri dari lompo yang berarti besar dan battang berarti perut.

Selain masih ada sinyal di gunung, pendaki bisa menikmati keindahan alam yang memanjakan mata saat mendaki Gunung Lompobattang.

Belum lama ini, pada 26 Januari 2019, jenazah seorang pendaki dievakuasi oleh tim SAR gabungan di Gunung Lompobattang. Korban bernama Nurmia ini mendaki bersama 2 keluarganya sejak Rabu, 23 Januari 2019.

Karena cuaca buruk, Nurmia mengalami masalah kesehatan hingga meninggal. Keluarganya sempat membantu turun tapi nyawa korban tak terselamatkan. Mereka pun turun untuk melaporkan kondisi Nurmia yang sudah meninggal dan meminta bantuan untuk evakuasi.

7.Gunung Bulusaraung

Sinyal di gunung juga bisa didapat pendaki saat mendaki gunung ini. Gunung Bulusaraung atau sering disebut Gunung Bulsar ini berada di Sulawesi Selatan.

Dengan ketinggian 1535 Mdpl, Gunung Bulusaraung menjadi salah satu gunung favorit pendaki di Sulawesi. Ditambah panorama alam yang disuguhkan gunung ini, membuat pendaki kerap memilihnya sebagai tujuan pendakian.

Itulah sejumlah gunung di luar Jawa yang masih dapat sinyal ketika kamu mendaki. Jadi, kamu mendaki gunung mana neh?

ARTIKEL TERKAIT

Tragis! Ada Lagi Pendaki Gunung Jadi Korban Hipotermia. Apa Kabar Teman Seperjalanan?

Tiwie Pert

Empat Gunung Favorit di Jawa Tengah Ini Tutup Sementara

Tiwie Pert

Seandainya Kamu Foto Pre-Wedding di Gunung, Gaya Foto Mana yang Kamu Pilih?

Tiwie Pert