Satutenda.com
Muncak

Naik Gunung di Musim Hujan? Ini Menu Mendaki di Musim Hujan yang Bisa Kamu Pilih

menu mendaki di musim hujan

Menu Mendaki di Musim Hujan, Satutenda.com – Salah satu hal yang mesti disiapkan sebelum mendaki gunung adalah makanan. Sebenarnya menu makanan naik gunung ini sesuai selera dan kebutuhan pendaki gunung. Juga sesuai kocek hehehe.

Biasanya menu makanan naik gunung ini juga disesuaikan dengan barang bawaan pendaki. Maksudnya jangan sampai menu makanan naik gunung yang dibawa berlebihan atau membuat beban carrier sangat berat. Sehingga membuat pendaki gunung kesulitan saat mendaki.

Menu makananan naik gunung juga bisa disesuaikan dengan musim. Meski musim hujan, kamu tetap bisa naik gunung. Ini menu mendaki di musim hujan yang bisa kamu pilih.

1. Nasi

Saat mendaki gunung, pendaki butuh energi cukup agar tubuh tetap fit dan kuat berjalan. Nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan pendaki. Apalagi di musim hujan. Bawalah beras untuk dimasak menjadi nasi atau bubur.

2. Sayur Sop

menu mendaki di musim hujan sayur sop
(Foto: instagram.com/willykurniawanid)

Menu mendaki di musim hujan yang bisa pendaki bawa adalah sayur sop. Ini bisa menghangatkan tubuh pendaki saat kedinginan karena hawa di gunung atau karena hujan. Sayur sop cocok dipadukan dengan nasi hangat.

3. Ayam, Ikan Bandeng

Menu mendaki di musim hujan yang bisa disiapkan dari rumah adalah ayam atau ikan bandeng. Menu makanan naik gunung ini bisa bertahan beberapa hari sehingga memudahkan pendaki.

Pendaki tak harus repot memasak terlalu lama di perjalanan atau di gunung, apalagi jika sudah basah kuyup karena kehujanan.

4. Spaghetti, Mie

Kalau pendaki tidak mau repot memasak sayur sop, pendaki bisa membawa spaghetti atau mie instan. Menu makanan naik gunung ini mudah dan praktis dibawa dan dimasak. Untuk mie instan bisa ditambahkan sayur seperti cesim atau wortel dan bakso atau sosis sesuai selera pendaki.

5. Sosis, Nuget Ayam

menu makanan naik gunung
(Foto: instagram.com/firdaus.er)

Sosis dan nuget ayam bisa menjadi pilihan menu makanan di musim hujan. Jangan lupa membawa minyak goreng untuk menggoreng ya. Atau kamu bisa mencampur sosis dengan sayur sop dan mie kuah.

6. Abon, Kering Kentang/Tempe

Menu makanan di musim hujan yang bisa dibawa pendaki adalah abon, kering kentang atau kering tempe. Makanan naik gunung ini praktis dan mudah dibawa saat mendaki di musim hujan.

7. Roti

Jangan lupa membawa roti saat mendaki gunung, termasuk mendaki gunung di musim hujan. Selain mengenyangkan, roti juga menu makanan naik gunung yang praktis. Pendaki menjadi mudah merasa lapar saat mendaki di musim hujan. Tak perlu menyalakan kompor, pendaki bisa langsung menyantap roti.

8. Kopi, Teh, Susu

menu makanan naik gunung saat musim hujan
(Foto: instagram.com/gelly_brave)

Rasanya kurang lengkap kalau mendaki gunung tanpa kopi, teh atau susu. Saat hawa dingin menyergap, minum kopi, teh, atau susu bisa menghangatkan tubuh. Untuk mengurangi sampah plastik, pendaki bisa menaro kopi, teh atau susu dalam wadah yang mudah dibawa dan tidak mudah tumpah.

Masukan abon, kering kentang atau kering tempe dalam wadah dan paking di carrier. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi atau memadukannya dengan sayur sop dan mie kuah.

9. Kacang Hijau dan Ubi

Menu makanan naik gunung yang lain adalah kacang hijau dan ubi. Meski agak membutuhkan waktu untuk memasaknya, namun menu makanan di musim hujan ini sedap disantap di gunung. Selain menghangatkan dan mengenyangkan, kacang hijau mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Nah, itu sejumlah menu makanan di musim hujan yang bisa kamu pilih. Selain menjadi sumber kekuatan saat mendaki, menu makanan naik gunung tersebut juga praktis dan mudah dibawa.

Jangan lupa bawa sampahmu turun ya. Atau sebisa mungkin kurangi sampah plastik di barang bawaanmu. Selamat mendaki kawan.

 

ARTIKEL TERKAIT

Waspada! Ini Barang Bawaan Pendaki yang Sering Hilang Di Gunung

Tiwie Pert

Aturan Baru 2018 Simaksi Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Mudah dan Praktis!

Steve Elu

Mekarnya Bunga Sepe, Jadi Momen Terbaik untuk Traveling ke Kupang

Edeltrudizh