Nikmati Pesona Senja dan Pasir Putih Tiga Pantai di Pulau Sipora, Mentawai

Tiga Pantai di Pulau Sipora, Satutenda.com – Pulau Sipora merupakan salah satu dari tiga pulau besar yang termasuk dalam kawasan Kepulauan Mentawai. Kali ini saya akan bercerita tentang pesona senja dan pasir putih tiga pantai di Pulau Sipora.

Tapi sebelum ke sana, kita kenalan dulu ya. Nama saya Dewi Sartika Saragih. Saya berasal dari Sumatera Utara dan saat ini bekerja di Kepulauan Mentawai, khususnya di Pulau Sipora.

Pulau Sipora merupakan salah satu dari tiga pulau besar yang termasuk dalam kawasan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dua pulau lainnya adalah Pulau Pagai dan Pulau Siberut. Pulau Sipora merupakan pusat ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, tepatnya Tuapejat.

Untuk kalian yang masih bingung membayangkan dimana letak Pulau Sipora, coba deh cek peta Indonesia. Sekalian belajar mengenal pulau-pulau di Indonesia. Hehehehe.

Meski hanya pulau kecil, Pulau Sipora memiliki berbagai destinasi wisata. Kali ini saya akan bercerita tentang tiga pantai di Pulau Sipora yang punya keindahan luar biasa.

Akses ke pulau ini melalui jalur laut dengan menumpang kapal Ferry KMP Gambolo dan KMP Ambu-ambu dari Pelabuhan Bungus di Padang, tujuan Tuapejat. Waktu tempuh 10 jam.

Ada juga kapal cepat yakni Kapal Mentawai Fast I dan II dari Muara Padang dengan waktu tempuh hanya 4 jam. Atau juga KMP Perintis Nusantara dari Teluk Balur.

Sementara jalur udara, kamu bisa naik pesawat Susi Air dari Padang ke Bandara Rokot di Pulau Sipora. Oke,,, kita langsung ke topik tentang pantai ya.

Inilah tiga pantai di Pulau Sipora yang punya keindahan luar biasa, mulai dari senja hingga pasir putih adalah:

1. Pantai Mapadegat

Senja di Pantai Mapadegat
Senja di Pantai Mapadegat (Foto: Dewi Sartika Saragih)

Pantai Mapadegat merupakan salah satu wisata pantai kebanggaan masyarakat Mentawai, terutama masyarakat Pulau Sipora. Akses menuju pantai ini sangat mudah, bisa ditempuh dengan mobil pribadi atau kendaraan bermotor.

Letaknya tak terlalu jauh dan hampir semua penduduk Pulau Sipora tahu letak pantai ini. Jadi kalau kamu ke sana, tinggal bertanya kepada penduduk setempat maka mereka akan menunjukan jalan ke sana.

Pantai Mapadegat merupakan salah satu spot yang sangat bagus untuk menikmati senja. Saat senja menjelang, kita yang berada di pantai ini berhadapan langsung dengan matahari di ujung barat.

Selain menikmati senja, pantai ini juga sangat cocok untuk teman-teman yang pengen mandi.

2. Pantai Jati

Pantai Jati Mentawai
Keindahan Pantai Jati di Pulau Sipora (Foto: Dewi Sartika Saragih)

Letak Pantai Jati lebih dekat ke pelabuhan Pulau Sipora atau terletak di belakang pusat kota Tuapejat. Akses ke pantai ini juga sangat mudah yakni bisa menggunakan mobil atau motor.

Meski dekat dengan kota kabupaten, pantai ini masih sangat bersih dan nyaman untuk pengunjung yang ingin mandi. Pantai ini bisa juga untuk surfing bagi pemula yang masih belajar karena gelombang tidak terlalu tinggi.

Saat ini, Pantai Jati dan Pantai Mapadegat menjadi tempat bermain anak-anak dan tujuan wisata masyarakat setempat saat akhir pekan.

3. Pantai Goiso Oinan

Pantai Goiso Oinan Mentawai
Pantai Goiso Oinan, Palau Sipora (Foto: Dewi Sartika Saragih)

Pantai Goiso Oinan terkenal dengan hamparan pasir putih yang cukup luas. Pasir pantai ini berwarna putih bersih dan tampak berkilau saat siang hari. Untuk kamu yang hobi fotografi, Pantai Goiso Oinan cocok jadi salah satu spot fotografi.

Sementara untuk penikmat pantai, datanglah ke sini untuk menikmati kemilau pasir di siang hari atau untuk mandi saat sore hari.

BACA JUGA: Pantai Panmuti, Wisata Pantai Dekat Kota Kupang di Saat Senja

Inilah keindahan yang bisa kamu dapatkan saat kamu berkunjung ke tiga pantai di Pulau Sipora, di mana kamu bisa menikmati indahnya senja dan merasakan halusnya pasir putih.

Bagikan Artikel Ini:
  • 83
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Nikmati Pesona Senja dan Pasir Putih Tiga Pantai di Pulau Sipora, Mentawai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *