Satutenda.com
Image default

Oemah Alam Mandala Wonosobo, Rumah Pecinta Alam dan Tempat Singgah Bagi Pendaki Gunung

Oemah Alam Mandala, Satutenda.com – Menempuh perjalanan panjang dari Jakarta ke Wonosobo, saya dan tim Satutenda singgah di Oemah Alam Mandala Wonosobo. Kami rehat sejenak sebelum mendaki Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu.

Oemah Alam Mandala Wonosobo merupakan tempat singgah, transit atau semacam rest area bagi pendaki dari luar kota Wonosobo.

Dimana lokasinya? Ada di area Taman Mandala Wisata, di bagian depan Terminal Mendolo Wonosobo.

Taman Mandala Wisata Wonosobo
Foto: Satutenda.com

Saya dan teman-teman yang menyambung bus dari Purwokerto ke Wonosobo turun di Terminal Mendolo Wonosobo. Setelah bertanya ke beberapa orang di terminal, kami menuju tempat ini.

Kalau kamu bingung letak tempat ini, bertanyalah pada orang di terminal. Orang-orang di sekitar terminal mengenal tempat ini sebagai rumah buat pendaki.

Selain di dalam terminal, kamu bisa turum di gerbang depan terminal jika naik bus. Lalu berjalanlah ke kompleks Taman Mandala Wisata Wonosobo. Lebih dekat dari pada masuk ke terminal.

Rumah singgah pendaki

Pengalaman singgah di Oemah Alam Mandala Wonosobo meninggalkan jejak penuh makna bagi saya dan teman-teman. Tiba di sana, tuan rumah menyambut dengan tangan terbuka.

BACA: 5 Kemudahan Mendaki Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu. Cocok Buat Pemula (3)

Teman-teman di Oemah Mandala ramah banget. Membuat kita yang baru datang merasa nyaman dan diterima.

Oemah Alam Mandala Wonosobo
Foto: Satutenda.com

Tempatnya nggak terlalu luas tapi bersih. Ada taman dengan rerumputan. Gunungan wayang dari kayu dan tempat duduk dari potongan kayu. Ada hiasan dari sampah yang sudah diolah. Semua ini menambah apik taman tersebut.

Di Oemah Mandala ini kamu nggak hanya bisa nginep, tapi bisa bertegur sapa dengan para pegiat pecinta alam Wonosobo dan para pendaki lain yang singgah.

Saya dan teman-teman Satutenda ngobrol dengan para punggawa Oemah Alam Mandala hehehe. Ada Om Joko, Mas Chairul, Mas Dimas, dan teman-teman lainnya. Nambah teman, nambah saudara.

sekretariat bersama pecinta alam Wonosobo
Foto: Satutenda.com

Selain sebagai tempat transit, Oemah Alam Mandala menjadi sekretariat bersama para pecinta alam Wonosobo.

Mereka juga menyediakan jasa sewa alat outdoor, jasa porter atau guide, dan memberikan informasi terkait transportasi dan info pendakian di sekitar Wonosobo.

Jadi nggak usah khawatir kemalaman atau bingung cari penginapan karena ketinggalan bus ya kawans.

Oemah Alam Mandala
Foto: Satutenda.com

Singgah di Oemah Alam Wonosobo serasa bertemu kawan lama dan keluarga baru.

Oh ya saya dan teman-teman juga bertemu seorang petualang yang keliling dengan sepeda onthel di sana. Namanya Mas Infan.

Dia juga pendaki gunung. Dia sedang singgah di Oemah Alam Mandala dan berbagi dengan teman-teman di sana soal pengolahan sampah.

Infan Freedom sepeda onthel
Foto: Satutenda.com

Rumah kreativitas bersama

Dan ternyata neh kompleks Taman Mandala ini juga menjadi semacam rumah kreativitas gitu. Ada ruang-ruang lain yang digunakan untuk berkegiatan masyarakat Wonosobo, khususnya kaum muda.

Saat sore kami tiba, banyak anak-anak muda berkumpul di sana. Ada yang asyik ngobrol, bersenda gurau, dan main musik.

Tempat ini diharapkan bisa menjadi pusat kegiatan bagi kaum muda Wonosobo khususnya dan wadah mengembangkan kreativitas kaum muda umumnya.

BACA: Mau Punya Foto Kece di Gunung? Cobain Deh Spot Foto di Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu

Kami ngobrol cukup lama dengan teman-teman di Oemah Mandala. Saking asyiknya, kami sampai lupa waktu. Karena perut mulai cari perhatian hehehe, kami pun undur diri.

Nggak usah bingung cari pengganjal perut di sana, ada warung-warung makanan dan minuman. Meneguk secangkir kopi untuk menghangatkan badan dari udara dingin yang menggigit rasanya nikmat.

jasa angkutan Terminal Mendolo Wonosobo
Foto: Satutenda.com

Atau cobalah nasi goreng, mie goreng, mie kuah. Salah satu yang recomendeed itu warung “Bakmi Jowo Drop Out”. Makanannya maknyusss, nasi gorengnya enak hehehe.

Pemilik warung ini bernama Mas Heru. Dia juga menyediakan jasa angkutan untuk mengantar pendaki ke gunung-gunung di sekitaran Wonosobo.

Nah, buat kawans yang akan mendaki ke daerah Wonosobo, mampirlah ke Oemah Alam Mandala Wonosobo. Rehat sejenak, kenalan dengan orang-orang penuh inspirasi dan para pegiat pecinta alam Wonosobo.

ARTIKEL TERKAIT:

Murah! Ini Biaya SIMAKSI, Parkir, dan Perjalanan ke Gunung Kencana Bogor dengan Motor

Tiwie Pert

Muncak Dua Gunung dalam Sehari: Gede – Pangrango 2019

Admin

Nikmati Pesona Senja dan Pasir Putih Tiga Pantai di Pulau Sipora, Mentawai

Dewi Sartika Saragih