Pantai Panmuti, Wisata Pantai Dekat Kota Kupang di Saat Senja

Pantai Panmuti, Wisata Pantai Dekat Kota Kupang Di Saat Senja, Satutenda.comPantai Panmuti merupakan wisata pantai yang terletak di dusun Kuannoah, kecamatan Noelbaki, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Wisata ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Noelbaki dan sebagian pelancong di kota Kupang. Tapi belom dijangkau oleh pemerintah setempat. Jangankan pemerintah, sebagian warga kota Kupang pun masih minim informasi soal wisata ini.

Tulisan ini lahir, setelah saya melihat hasil selfie dari ponakan saya di facebook. Ia kemudian berbesar hati untuk membagikan sedikit info tentang akses menuju wisata ini.

Noelbaki merupakan sebuah desa di pinggiran Kupang kota yang tergolong dalam kecamatan Kupang Tengah. Dikatakan pinggiran kota, karena jarak Noelbaki ke area Kupang kota, terbilang cukup jauh.

Akses Menuju Pantai Panmuti

Untuk menenemukan lokasi pantai Panmuti, bisa dikatakan agak sedikit sulit karena letak pantai ini lumayan jauh dari lintasan umum.

Pilihan transportasi, teman-teman pelancong bisa menggunakan motor pribadi, mobil pribadi atau bisa menyewa motor atau bisa juga menggunakan jasa angkutan umum (bemo).

Bagi yang menggunakan bemo, tetap saja selanjutnya akan menggunakan jasa ojek. Karena jangkauan bemo tidak melintasi area tempat wisata.

Cabang menuju toko Monas dijadikan patokan utama sebagai informsi akses menuju pantai Panmuti ini, karena plakat menuju pantai ini belum terpasang, entah sampai kapan waktunya tiba.

Usai melintasi toko Monas, teman-teman pelancong mengambil jalur kiri hingga menemui SD Inpres Noelbaki dan wisma Teddys Bar, lalu melintasi sebuah lapangan sepak bola hingga titik terakhirnya di sebuah gedung RPH (Rumah Pemotongan Hewan).

Pastikan, teman-teman melewati lima titik utama ini, sehingga kendala nyasar tidak menghampirimu teman. Di area RPH inilah, teman-teman harus memarkir kendaraan pribadi.

Ini menjadi titik terakhir sebelum menuju lokasi. Jarak tempuh dari lokasi parkiran dibutuhkan sekitar 100 meter, yang ditempuh dengan berjalan kaki.

Keindahan pantai Panmuti

Keindahan pantai ini agak sedikit berbeda dari pantai Puru, pantai Kolbano, pantai Tablolong dan sederet wisata pantai lainnya di Kupang.

Jika di Kolbano, kita menjumpai bentuk pantai yang dihiasi hamparan pasir dan bebatuan pantai, di Panmuti justru akan menjumpai gundukan pasir putih yang secara alami memisahkan aliran air laut.

Pantai Panmuti, wisata di Noelbaki Kupang
View bentuk pasir di pantai Panmuti (Foto : Facebook.com/kristo)

Bagi pelancong yang enggan menyusuri bibir pantai, lokasi tebing di area pantai bisa jadi pilihan kedua. Jejeran beberapa pohon mejadi penghias di saat sore hari.

Spot foto di pantai Panmuti
Tebing dan spot foto di pantai Panmuti (Foto : www.awalnya.blogspot.com)

Cocok untuk kamu para pecinta senja. Dari atas tebing, di bawah naungan pohon dan dari kejauhan, pesona senja leluasa jadi milikmu.

So… keistimewaan yang ditawarkan dari pantai Panmuti adalah, tekstur pantai dan bentuk pasir, tebing sebagai spot foto dan senja sore dipayungi deretan pohon.

Soal biaya, ada yang menginformasikan bahwa tidak ada pungutan, tapi ada juga yang katanya membayar parkir sebesar Rp. 2.000. Disarankan juga untuk membawa cemilan sendiri karena di area pantai tidak tersedia warung.

Yang terakhir, jangan lupa kamera untuk mengabadikan momen traveling kamu. Sedangkan yang paling penting dari semua penjelasan di atas adalah, jangan lupa lestarikan alam. Biasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Sumber informasi : Kristo Fallo

NB : Ulasan menarik lainnya soal pantai Panmuti ini, bisa di baca di blog www.awalnya.blogspot.com.

Bagikan Artikel Ini:
  • 80
  •  
  •  
  •  
  •  

5 thoughts on “Pantai Panmuti, Wisata Pantai Dekat Kota Kupang di Saat Senja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *