Satutenda.com
Traveling

Pantai Tiang Bendera, Tempat Berburu Matahari Terbenam di Pulau Rote

pantai tiang bendera

Pantai Riang Bendera Rote, Satutenda.com – Pulau Rote, NTT memiliki beberapa wisata pantai indah yang bisa menjadi tujuan traveling. Bagi traveler yang ingin berburu matahari terbenam, paling cocok jika mengunjungi Pantai Tiang Bendera Rote. Ini tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Pulau Rote.

Untuk mencapai Pulau Rote dari Kupang, traveler bisa menggunakan pesawat dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Lekunik Rote. Atau jika traveler ingin menempuh perjalanan via laut bisa menggunakan kapal ferry dan kapal cepat (speed boat).

Perjalanan menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Bolok Kupang menuju Pelabuhan Pantai Baru Rote Ndao membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Sedangkan kapal cepat dari Pelabuhan Tenau Kupang ke Pelabuhan Pantai Baru sekitar 1,5-2 jam.

Dari Pelabuhan Pantai Baru, traveler melanjutkan perjalanan ke Kota Ba’a sekitar 45 menit. Setelah itu traveler bisa menggunakan ojek menuju Pantai Tiang Bendera dalam waktu sekitar 30 menit.

wisata pantai di rote
(Foto: lifestyle.okezone.com)

Pantai Tiang Bendera terletak di Baadale, Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. Pantai Tiang Bendera merupakan gugusan karang yang berjarak 500 meter dari bibir Pantai Baadale.

Mendengar nama “Tiang Bendera”, jangan bayangkan ada tiang bendera besi di sana. Nama tiang bendera ini terkait perjuangan rakyat Rote mengusir penjajah Belanda.

Di atas bebatuan karang di tengah laut terdapat tugu beton setinggi 2,5 meter yang dibangun oleh Belanda. Katanya tiang itu sebagai penanda tanah jajahan Belanda. Karena itu nama pantai tersebut Pantai Tiang Bendera.

pantai tiang bendera rote
(Foto: indonesiakaya.com)

Traveler bisa menaiki bukit karang dimana tiang beton berada. Tapi harus hati-hati dan kamu harus menggunakan alas kaki. Karena bebatuan karang di sana sangat tajam. Jika air laut sedang surut, traveler bisa memasuki gua-gua batuan karang yang terdapat di gugusan karangnya.

Pantai Tiang Bendera terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Bagi pecinta senja, sangat tepat datang ke pantai indah di Rote ini.

Kamu bisa menikmati pesona matahari terbenam dengan background gugusan bebatuan karang. Ada lopo-lopo atau bale-bale/gazebo yang bisa digunakan traveler untuk duduk santai dan menikmati matahari terbenam. Selamat bercengkerama dengan jingga di senja Pantai Tiang Bendera Rote.

ARTIKEL TERKAIT

Kamu Seorang Traveler Perempuan? Sebaiknya Perhatikan Tips Berikut Ini

Tiwie Pert

Tempat Wisata Tuamese, Lokasi Wisata Terunik yang Baru Ditemukan di Kefamenanu

Edeltrudizh

Rekomendasi Sepatu Gunung Murah Untuk Para Pendaki

Edeltrudizh