Satutenda.com
Muncak

Lima Gunung Ini Dipastikan Tutup untuk Pendakian Awal Tahun 2019

pendakian awal tahun 2019

Pendakian Awal Tahun 2019, Satutenda.com – Tahun baru tinggal menghitung hari. Para pendaki gunung mungkin sudah merencanakan pendakian awal tahun 2019. Kamu mau mendaki ke gunung mana neh awal tahun 2019?

Sebelum mendaki gunung, cek dulu ya gunung yang akan kamu tuju untuk pendakian awal 2019 buka atau tutup. Lima gunung ini dipastikan tutup untuk pendakian awal tahun 2019.

1.Gunung Raung

Gunung Raung, Jawa Timur memang punya pesona tersendiri bagi para pendaki. Namun gunung ini tutup sementara untuk pendakian awal tahun 2019.

Gunung Raung tutup mulai 1-31 Januari 2019. Penutupan jalur pendakian Gunung Raung ini karena mempertimbangkan cuaca dan untuk pemulihan ekosistem.

2.Gunung Semeru

Gunung Semeru juga termasuk gunung yang tutup untuk pendakian awal tahun 2019. Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru telah mengeluarkan surat edaran terkait penutupan pendakian Gunung Semeru.

Gunung Semeru tutup mulai 3 Januari 2019 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya. Penutupan Gunung Semeru demi keselamatan pendaki karena kondisi cuaca yang semakin memburuk, hujan lebat dan adanya pohon tumbang.

Selain itu, penutupan Gunung Semeru dilakukan untuk pemulihan/revitalisasi di sepanjang jalur pendakian. Jadi, bagi pendaki yang ingin mendaki Gunung Semeru di awal tahun 2019, jadwalkan ulang rencanamu ya.

3.Gunung Prau

Salah satu gunung favorit di Jawa Tengah, Gunung Prau juga tutup untuk pendakian awal tahun 2019. Gunung Prau tutup mulai 6 Januari-5 April 2019.

Semua jalur pendakian Gunung Prau ditutup untuk pemulihan jalur, pembersihan sampah, reboisasi, pendataan ekosistem, dan evaluasi.

Selama masa penutupan Gunung Prau berlaku denda bagi pendaki yang melanggar. Setiap rombongan yang naik Gunung Prau selama masa penutupan pendakian ini didenda 500 ribu rupiah.

Sementara jika biro/guide menaikkan pendaki ke Gunung Prau dikenakan denda 200 ribu rupiah setiap pendaki. Dan bika basecamp mengizinkan pendakian, setiap pendaki harus membayar denda 100 ribu rupiah.

4.Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango yang memiliki akses jalur pendakian sama juga tutup untuk pendakian awal 2019. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango tutup mulai 1 Januari-31 Maret 2019.

Penutupan jalur pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini untuk pemulihan ekosistem dan mengantisipasi cuaca ekstrim.


ARTIKEL TERKAIT

Pantai Panmuti, Wisata Pantai Dekat Kota Kupang di Saat Senja

Edeltrudizh

Cek Fasilitas di Tebing Koja Cisoka Tangerang Sebelum Berkunjung ke Tebing Instagramable Ini

Tiwie Pert

Pulau Kera, Keindahan Surga di Pinggiran Kota Kupang yang Tertinggal

Edeltrudizh