Satutenda.com
Muncak

Peraturan Terbaru Tentang Larangan Membawa Tisu Basah di Gunung Jawa Tengah

larangan membawa tisu basah di gunung

Larangan Membawa Tisu Basah Di Gunung, Satutenda.com – Para pendaki gunung wajib tahu neh peraturan terbaru bagi pendaki gunung. Khususnya buat pendaki yang akan mendaki gunung di Jawa Tengah.

Ada peraturan terbaru bagi pendaki gunung tentang larangan membawa tisu basah di gunung Jawa Tengah. Pendaki gunung mesti memperhatikan aturan terbaru bagi pendaki gunung ini.

Ada 6 gunung di Jawa Tengah yang melakukan larangan membawa tisu basah di gunung. Peraturan terbaru bagi pendaki gunung tentang larangan membawa tisu basah di gunung Jawa Tengah ini mulai berlaku sejak 12 November 2018.

Gunung di Jawa Tengah yang melarang penggunaan tisu basah antara lain:

1. Gunung Prau

2. Gunung Sindoro

3. Gunung Sumbing

4. Gunung Andong

5. Gunung Kembang

6. Gunung Ungaran

BACA JUGA: Tips Kurangi Sampah Plastik di Gunung. Yuks Kita Terapkan Biar Gunung Bebas Sampah Plastik

Peraturan terbaru tentang larangan membawa tisu basah di gunung Jawa Tengah ini bukan tanpa alasan. Selama ini tisu basah seolah menjadi salah satu barang wajib pendaki gunung. Tisu basah digunakan untuk membersihkan setelah buang air kecil dan buang air besar.

Atau juga untuk membersihkan wajah dan tangan sebagai ganti air. Namun, kerapkali pendaki gunung membuang sembarangan sampah tisu basah setelah digunakan.

gunung di jawa tengah larang bawa tisu basah
(Foto: basecamppetualang.blogspot.com)

Di samping sampah plastik dan botol plastik, sampah tisu basah menjadi sampah yang banyak ditemui saat dilakukan pembersihan gunung. Hal ini juga menjadi alasan mengapa peraturan terbaru tentang larangan membawa tisu basah di gunung Jawa Tengah diberlakukan.

Selain itu, sampah tisu basah juga memiliki kandungan plastik yang membuatnya sulit terurai.

Larangan membawa tisu basah di gunung ini sudah disepakati di semua basecamp di 6 gunung Jawa Tengah tersebut. Petugas di basecamp akan melakukan pengecekan barang bawaan pendaki sebelum berangkat mendaki.

Jika masih ada pendaki gunung yang membawa tisu basah akan disita oleh petugas dan dikembalikan saat turun. Bila pendaki gunung tetap nekad membawa tisu basah, siap-siap dengan sanksi dari petugas.

Larangan penggunaan tisu basah di gunung sudah diterapkan dalam pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur dan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat sejak 2017 lalu.

Nah, buat pendaki gunung yang tengah bersiap untuk mendaki gunung, khususnya gunung di Jawa Tengah, perhatikan larangan membawa tisu basah ini ya. Mari kita jaga alam dan gunung kita agar tetap bersih dan lestari. Jangan lupa bawa turun sampahmu kawans.

ARTIKEL TERKAIT

Ini 8 Tipe Pendaki Gunung yang Perlu Kamu Ketahui. Kamu yang Mana?

Edeltrudizh

Tak Hanya Indah, Dua Pegunungan di Papua Juga Punya Danau Di Atasnya. Muncak Yuks (Part 2)

Tiwie Pert

Rekomendasi Sepatu Gunung Murah Untuk Para Pendaki

Edeltrudizh