Sejumlah Perlengkapan Ini Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Sejumlah Perlengkapan Ini Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung, Satutenda.com – Ingin mendaki gunung? Tentunya kamu harus mempersiapkan perlengkapan untuk mendaki gunung mana saja yang ingin kamu tuju.

Bagi yang sudah sering melakukan pendakian, pastinya sudah tahu. Tapi, bagi mereka yang baru pertama kali ingin mencoba melakukan pendakian, artikel ini sangat bermanfaat buat kamu.

Berdasarkan pengalaman pribadi, Satutenda.com ingin berbagi list perlengkapan untuk mendaki gunung yang wajib kamu bawa.

1. Tas Gunung/Carrier/Keril Minimal ukuran 40 Liter

Carrier untuk mendaki gunung
Carrier untuk mendaki gunung (Foto : Instagram.com/jepretkaks)

Tas gunung atau yang sering disebut Carrier wajib kamu bawa untuk bisa mengisi semua perlengkapan kamu. Biasanya ukuran Carrier 40 hingga75 L, tergantung kapasitas kemampuan setiap orang.

Maksudnya adalah, jika ingin memilih tas gunung, kamu harus mempertimbangkan kemampuan kamu juga. Sehingga kita tidak keberatan saat memikul carrier di tengah perjalanan.

Jika membahas carrier maka tak lepas dari cover bag. Jangan lupa membawa cover bag, agar melindungi carrier kamu dari hujan.

2. Tenda

Perlengkapan tenda adalah salah perlengkapan untuk mendaki gunung yang wajib kamu bawa, jika berencana ingin bermalam di atas gunung.

perlengkapan untuk mendaki gunung
Tenda untuk mendaki gunung (Foto : Instagram.com/jepretkaks)

Kapasitas tenda biasanya mencakup 2 atau 3 orang atau bisa juga lebih, tergantung ukuran tenda. Jadi untuk pendaki dua orang bisa gabung dalam satu tenda.

Tenda selain berfungsi sebagai tempat berteduh di malam hari, bisa juga untuk menampung perlengkapan lainnya dari hujan.

3. Matras

Matras juga masuk dalam salah satu perlengkapan untuk mendaki gunung yang wajib kamu bawa. Mengapa demikian? Karena ketika di gunung, pastinya kita membutuhkan alas untuk duduk ataupun beristirahat di dalam tenda.

Jika dalam kondisi hujan dan tanah dalam keadaan basah, tidak mungkin kan kita harus beristirahat di atas permukaan tanah yang basah. Tentunya kita butuh matras sebagai alas tidur.

Ingat, jagalah tubuhmu, jangan sampai kedinginan, karena kebanyakan pendaki harus merenggang nyawa gara-gara kondisi tubuh tak kuat menahan hawa dingin.

4. Sleeping Bag

Perlengkapan untuk mendaki gunung selanjutnya adalah Sleeping Bag. Sleeping bag sebagai pengganti selimut. Sangat disarankan untuk selalu membawa sleeping bag, dibanding selimut karena sleeping bag mampu menghangatkan tubuhmu dari terpaan dingin di alam bebas.

5. Pakaian

Pakaian untuk keperluan mendaki biasanya sudah tersedia khusus dengan tektur bahan yang khusus untuk para pendaki. Dari kaos, jaket, celana hingga sepatu. Namun karena kendala biaya, tidak mungkin semua perlengkapan ini dibeli dalam sekali saja.

Nah jika memiliki kendala biaya, disarankan untuk terlebih dahulu membeli jaket, celana panjang, sepatu dan juga sandal gunung. Sedangkan untuk kaos, bisa memilih kaos biasa dengan kualitas bahan yang bisa menyerap keringat.

Minimal baju yang dibawa dua hingga empat potong. Sedangkan untuk celana panjang bisa membawa dua potong. Sedangkan jaket, bisa membawa 1 atau 2 buah, agar tidak kedinginan.

Jika kamu tergolong pribadi yang tidak kuat menahan dingin, disarankan untuk menyiapkan juga sarung tangan, kaos kaki, masker, kupluk dan keperluan menunjang lainnya.

6. Jas Hujan

Jas Hujan adalah salah satu perlengkapan untuk mendaki gunung yang wajib kamu bawa ketika ingin melakukan pendakian.

Kenapa? Karena ketika kedapatan hujan di sela perjalanan kamu, jas hujan bisa digunakan untuk melindungi tubuh dan juga carrier yang ada pundakmu dari hujan.

7. Senter/headlamp

Senter/headlamp sangat penting dibawa untuk menerangi perjalanan jika di malam hari atau di subuh jika ingin summit. Jangan lupa juga membawa batrei cadangan dan lampu tenda ya.

8. Trekking pole

Trekking pole adalah sebuah tongkat yang biasanya digunakan untuk membantu menompang beban kaki kita saat melangkah. Dengan kondisi carrier yang berat, terkadang kita butuh tumpuan untuk sekedar berbagi beban berat yang bertumpu penuh pada kaki.

Trekking pole juga akan sangat bermanfaat jika tanpa sengaja kaki kita terkilir atau keseleo di atas gunung. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, ketika kaki atau lutut terkilir maka peran tongkat itu sangat dibutuhkan.

Apalagi saat turun dari gunung, berat badan seolah bertumpu pada kaki. Syukur kalo kaki dalam keadaan baik-baik saja, namun jika dalam keadaan keseleo…sumpah sakitnya pake bangat guys…(ini cerita dari pengalaman saya sendiri ya).

Trekking pole akan sangat membantu mengurangi beban kaki kita. Saat mendaki, semua beban rasanya seperti bertumpu pada kaki kita. Nah, beban ini bisa dibagi ke lengan dengan menggunakan trekking pole.

9. Kompor dan Nesting

perlengkapan untuk mendaki gunung
Kompor dan Nesting (Foto : satutenda.com)

Perlengkapan untuk mendaki gunung berikutnya adalah kompor dan Nesting. Kompor dan Nesting sangat diperlukan saat ingin mendaki, karena di atas gunung tidak tersedia warung bakso guys…hehehe

10. Logistik

Logistik meliputi list makanan apa saja yang harus dibawa. Bawalah secukupnya dan yang tidak terlalu berat, seperti mie instan. Alasannya, jika kebanyakan logistic maka kamu akan kewalahan membawa carrier kamu karena keberatan.

11. Obat-obatan

Jangan lupa bawa obat-obatan yang sangat diperlukan. Jika punya penyakit misalnya alergi dingin atau rematik, sebaiknya disiapkan sebaik-baiknya, karena situasi alam bisa membuat penyakit kamu kambuh di atas gunung.

12. Kantong Plastik

Perlengkapan untuk mendaki gunung yang terakhir adalah kantong kresek atau plastik untuk mengisi sampah yang dihasilkan ketika di atas gunung. Ingat jangan mengotori alami sedikit pun dengan sampah karena alam juga akan segan jika kita tak menghargai lingkungannya.

Bagikan Artikel Ini:
  • 57
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “Sejumlah Perlengkapan Ini Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by