Pengalaman Nyata Perpanjang Paspor yang Sudah Habis Masa Berlaku. Sulit atau Mudah?

Perpanjang Pasport, Satutenda.com – Belum lama ini saya perpanjang paspor karena masa berlakunya sudah habis. Ceritanya, masa berlaku paspor saya sampai Agustus 2019, tapi saya baru perpanjang di akhir November.

Emang bisa ya? Urusannya sulit apa nggak? Lama atau tidak? Syaratnya apa saja?

Well, itu sejumlah pertanyaan yang berjubel di kepala saat saya mau urus perpanjang paspor saya. Baca macam-macam artikel di internet malah bikin pusing kepala.

BACA: Ini 5 Hal yang Membedakan Pendaki Pemula dan Pendaki Senior versi Satu Tenda

Satu artikel bilang begini, yang lain bilang begitu, mau ikut yang mana? Jadinya tambah pusing.

Karena itu, saya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman pembaca @satutendacom. Yang saya ceritakan ini adalah apa yang saya alami sendiri. Jadi sudah pasti valid.

Daftar online pengurusan paspor

Cara Perpanjang Paspor dengan Sistem Online
Foto: Satutenda.com

Seminggu sebelum sampai di pekan terakhir November 2019, saya iseng download aplikasi “Layanan Paspor Online”. Aplikasi ini ada di play store, jadi kamu bisa download dan instal ke HP kapan saja.

Setelah instal, saya coba mendaftar online untuk urusan perpanjang paspor. Tentu saja saya harus mengisi data di situ, lalu memilih kantor imigrasi yang dekat dengan tempat tinggal saya.

Ingat, yang dekat dengan tempat tinggal atau domisili. Jadi kalau alamat rumahmu di Jakarta Pusat, tapi sekarang kamu tinggal di Jakarta Selatan, kamu bisa perpanjang di kantor imigrasi Jakarta Selatan. Nggak harus sesuai alamat atau di tempat waktu kamu bikin paspor pertama.

Tahun 2014, saya bikin paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat. Untuk perpanjangan ini, saya pilih di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan karena dekat dengan domisili saya.

Berangkat ke kantor imigrasi

Usai mendaftar via aplikasi tadi, saya mendapatkan jadwal untuk datang ke Kantor Imigrasi yang sudah saya pilih. Waktu yang tertera di situ mulai sekitar 09.05 WIB.

Tetapi karena ini baru pertama kali saya urus paspor via online, saya datang lebih awal. Pukul 08.05 saya sudah tiba di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Perpanjang Paspor Sistem Online
Foto: Satutenda.com

Saya berkonsultasi dengan petugas yang berjaga di pintu, lalu saya dipersilakan masuk untuk mengantri. Di depan saya, sudah ada beberapa orang yang mengantri.

Saya pun ikut mengantri dan mendapatkan nomor urut 36. Lantas saya dipersilakan naik ke lt.2. Di sana masih sepi, hanya ada beberapa orang. Saya merasa lega karena bayangan tentang antrian panjang berjam-jam seperti dulu kayaknya nggak akan terjadi.

Kepada petugas di situ saya bertanya, apakah masih harus mengisi formulir atau bagaimana? Saya hanya diminta menunggu sampai nomor urut saya dipanggil.

BACA JUGA: Seperti di Luar Negeri, Beginilah Penampakan Kota Jayapura dari Puncak Jayapura City

Sengah jam kemudian, nomor saya diumumkan melalui pengeras suara, juga muncul di layar yang tersebar hampir di semua sudut ruangan. Saya diminta ke loket nomor 9.

Sudah ada petugas di sana. Saya lantas diwawancarai soal alasan memperpanjang paspor, konfirmasi identitas diri, sidik semua jari, lalu difoto.

Tak sampai setengah jam saya disodori sebuah kertas. “Sudah selesai,” kata si petugas. Ia minta saya untuk langsung membayar via transfer ATM atau langsung ke teller BRI di bawah.

“Pengambilan paspor setelah tujuh hari kerja dihitung dari tanggal pembayaran,” lanjut si petugas imigrasi.

Wooowwww…. kok cepat dan mudah sekali?

Saya pun turun ke lt.1 menuju gerai BRI yang ada di lorong pintu keluar. Satpam di sana menawari saya untuk langsung mebayar via transfer ATM. Tapi kareka saya sudah terlanjur menyiapkan uang cash, ya saya bayar di teller saja.

Perpanjangan Paspor Satutenda
Foto: Satutenda.com

Sejam kemudian saya sudah di parkiran lagi untuk siap-siap pulang. Sepanjang jalan saya masih merasa aneh, semacam tidak percaya. Kenapa ini cepat sekali?

Padahal saya sudah siapkan tenaga sejak semalam untuk menghadapi antrian panjang di kantor imigrasi. Tapi kok malah jadi secepat ini? Ah, lebayyyy….

Ya sudah. Akhirnya saya pulang ke kos. Urusan paspor selesai. Tinggal menunggu tujuh hari kerja untuk kembali ke sana dan ambil paspor.

Teman-teman, ini pengalaman pertama saya perpanjang paspor dengan sangat-sangat mudah. Sudah tiga kali saya beurusan di kantor imigrasi untuk perpanjang paspor. Dan baru kali ini urus perpanjang paspor bisa secapat ini.

Terima kasih untuk kalian semua, pemerintah, yang sudah membenahi pelayanan publik di kantor imigrasi ini sehingga urusan paspor menjadi sangat mudah dan cepat.

Bagikan Artikel Ini:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Satutenda.com
Kami menyediakan aneka informasi seputar dunia traveling. Anda butuh bantuan?
Powered by